Jumat, 28 Februari 2014

Cara Memilih Bohlamp Untuk Headlamp Yang Tepat

Cara Memilih Bohlamp- Anda ingin mengganti bohlamp motor anda? jangan asal, karena bisa-bisa nanti reflektor meleleh. Jika hal ini sudah terjadi maka imbasnya sinar lampu tidak fokus. Lampu terlihat redup karena sinar menyebar kemana-mana. Untuk itu dalam memilih bola lampu kepala perlu dilakukan secara tepat.
Cara Memilih Bohlamp Untuk Headlamp Yang Tepat
Cara Memilih Bohlamp Untuk Headlamp Yang Tepat

Lalu Bagaimana Memilih Bohlamp Yang Tepat?

1. Liat dulu bahan relektornya.
Pada motor-motor yang beredar saat ini memang sudah jarang yang menggunakan logam. Biasanya para pabrikan memilih menggunakan bahan dari plastik seperti Acrylonitrile Butadieni Styrene. Bahan ini tahan terhadap bahan kimia, korosi dan permuakaanya mengkilat. Daya lelehnya mencapai 180 derajat celcius. Memang lebih rendah dari pada polikarbonat yang bisa tahan mencapai 280 derajat celcius. 
2. Pilihlah Daya Lampu Yang Tepat
Penggunaan Bohlamp yang memiliki daya terlampau besar akan menyebabkan terlalu panas sehingga bisa melelehkan reflektor. Pada motor matic jangan menggunakan bohlamp lebih dari 25 watt, sedangkan pada motor sport bisa menggunakan bohlamp hingga 35 watt mengingat bahan reflektor yang menggunakan ABS grade atau bahkan menggunakan logam.
3. Jangan Memilih Berdasarkan Warna Sinar
Konsumen biasanya beranggapan bahwa bohlam yang memiliki sinar putih kebiruan memiliki pancaran sinar yang lebih terang. Penggunaan bohlamp jenis ini kurang cocok saat musim penghujan. Anda bisa mencoba bohlamp yang memiliki nyala kekuningan seperti tipe all season.
4. Daya Besar Belum Tentu Memiliki Nyala Yang Lebih Terang
Penggunaan lampu yang memiliki daya besar belum tentu sebanding dengan terang yang dihasilkan. Bisa kita ambil contoh motor bebek besutan Honda rata-tata menggunakan bohlamp berdaya 36 watt. Jika anda paksakan untuk mengganti yang lebih besar misal 70 watt mungkin akan terang akan tetapi keesokan harinya lampu akan redup.
5.Gunakanlah Produk Yang Orisinal
Penggunakan produk yang non orisinal akan berdampak pada kualitas penerangan. Sebagai contoh jika anda mengganti reflektor yang tidak asli, bisa-bisa hanya dalam hitungan hari sudah meleleh. Selain itu meskipun tidak melelehpun pantulan sinarnya berbeda jauh dengan yang asli.

Demikianlah tips sederhana dalam memilih bohlamp pada lampu kepala sepeda motor. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam memilih bohlamp yang tepat untuk motor anda. 

Rabu, 26 Februari 2014

Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban

Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban- Setiap sepeda motor atau mobil memiliki ukuran ban yang berbeda-beda. Mulai dari tipe, lebar, diameter semua tertera di kode atau angka yang ada pada ban tersebut. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara membaca kode-kode pada ban. Untuk itu saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membaca kode yang tertera pada ban.
Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban
Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban

Cara Membaca Kode Ban Motor

Pada ban motor spesifikasi ban pada sepeda motor ditunjukan dengan angka dan huruf. Misalnya ban dengan kode 
120/70-17 67H maka cara membacanya adalah sebagai berikut:
  • 120 menunjukan ban tersebut memiliki lebar 120 milimeter
  • Angka 70 menunjukan perbandingan tinggi ban terhadap lebar yang di tunjukan dengan prosentase. Jadi pada kode diatas memiliki tinggi 70 % x 120= 85,2 milimeter. 
  • Kode 17 adalah diameter velg dalam satuan inch.
  • 67 adalah indeks beban maksimum. Jadi jika sebuah ban memiliki indeks beban maksimum 67 maka ban tersebut mampu menahan beban sebesar 307 Kg.
  • H adalah kode yang menunjukan batas kecepatan maksimum. Setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti S,Q,H,Z dll. Nah untuk kode H batas kecepatan maksimumnya adalah 210 Km/jam.

Cara Membaca Kode Ban Mobil

Sama halnya dengan ban sepeda motor, kode ban mobil juga menggunakan angka dan huruf. Ok langsung saja misalnya sebuah ban dengan kode P225/50 R 16 91 S maka cara membacanya adalah sebagai berikut:
  • Kode P mempunyai arti passenger, jadi kode P pada ban mobil menunjukan ban tersebut untuk mobil penumpang. Ada juga kode lainya seperti LT yang berarti Light Truck.
  • Angka 225 adalah lebar dari telapak ban mobil dengan satuan mm.
  • Angka 50 adalah tinggi ban yang dihitung dari prosentase lebar ban. 
  • Huruf R pada kode tersebut mempunyai arti Radial. Jika sebuah ban mempunyai kode D maka ban tersebut bertipe Diagonal Bias.
  • Angka 91 menunjukan load indeks (sama seperti pada ban motor)
  • Angka S adalah batas kecepatan maksimum (sama seperti pada ban sepeda motor)
Secara keseluruhan cara pembacaan kode ban mobil dan ban motor hampir sama. Selain kode-kode diatas ada juga kode-kode lain seperti AT (all terrain) artinya ban tersebut dapat digunakan di hampir semua kondisi jalan, ada juga HT (Highway Terrain) yang hanya bisa digunakan pada jalan beraspal. Nah semoga cara membaca kode ban diatas bisa membantu anda ketika akan membeli sebuah ban baru.

Senin, 24 Februari 2014

Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor

Cara Merawat Electric Starter- Penggunaan electric starter memang sangat membantu untuk menghidupkan mesin. Anda tidak susah-susah menggenjot kick starter, dengan sekali pencet sepeda motor langsung jalan. Namun karena lamanya pemakaian terkadang electric starter pun jadi rewel. Ketika tombol starter dipencet, putaran nyendat-nyendat atau bahkan motor starter tidak mau berputar. Nah agar kejadian tersebut tidak terjadi maka electric starter perlu dilakukan perawatan.
Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor
Electric Starter Sepeda Motor 

Electric Starter biasanya menggunakan pengendali negatif. Artinya positif baterai langsung menuju motor starter. Sedangkan tombol sakelar hanya memutus dan menghubungkan aliran negatif. Hal ini memang memiliki banyak keuntungan, namun juga ada sisi negatifnya yaitu di switch, soket dan konektornya sering terjadi kerak untuk itu perlu dibersihkan sehingga kinerja electric starter jadi lancar.

Perawatan Pada Electric Starter Sepeda Motor

1. Bersihkan konektor rangkaian motor starter
Lepas soket (biasanya berwarna merah) yang menuju yang menuju tombol starter. Kemudian bersihkan dengan menggunkan cairan penetran. Hanya dengan menyemprotkanya pada bagian tersebut, kotoran /kerak sudah hilang.
2. Bersihkan Konektor Pada Tombol Starter
Biasanya kerak akan menempel pada tombol starter karena lamanya pemakaian. Untuk itu buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus. Gosok dengan menggunakan ampelas halus pada konektornya.
3. Cek Switch Tuas Rem
Pada motor-motor matic untuk menyalakan mesin dengan menggunakan electric starter perlu menekan tuas rem. Hal ini dikarenakan adanya switch atau saklar pada tuas rem. Nah jika motor starter tidak bisa berputar saat tombol ditekan, ceklah kondisi switch tersebut. Caranya dengan menjumper dengan menggunakan kabel. Jika setelah dijumper, dan tombol starter ditekan tetapi motor tidak berputar maka bisa disebabkan switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Switch ini dijual dipasaran dengan harga sekitar 30 ribu.
Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor
membersihkan konektor dengan menggunakan amplas

Nah, setidaknya 3 langkah diatas yang dilakukan agar electric starter bisa bekerja secara optimal. Jadi tunggu apalagi lakukan segera pada sepeda motor anda. Jika 3 hal tersebut sudah dilakukan namun motor starter tetap tidak bisa berputar maka bisa disebabkan oleh aki yang sudah soak atau motor starternya yang sudah rusak.

Jumat, 21 Februari 2014

Cara Merawat Oil Cooler Satria F150

Cara Merawat Oil Cooler Satria F150- Banyak yang salah kaprah yang mengira oil cooler pada Satria F150 adalah radiator. Jika dilihat sekilas memang ada kesamaan bentuk dari oil cooler dan radiator. Padahal kedua kompenen ini jelas sangat beda secara fungsinya. Nah cara kerja dari oil cooler pada satria F150 ini adalah dengan mendinginkan oli pelumas yang disirkulasikan menggunakan sebuah pompa. Dengan demikian temperatur dari satria yang notabene mempunyai kapasitas silinder yang besar dan perbandingan kompresi yang cukup besar akan terjaga. 
Cara Merawat Oil Cooler Satria F150
Oil Cooler Satria F150

Agar oil cooler satra F150 bekerja secara maksimal tentu perlu dilakukan perawatan secara periodik. Selama ini memang teknologi besutan suzuki yang telah dikenalkan sejak 2005 silam itu tidak terjadi masalah. Namun ada beberapa part terkait, yang jika terjadi masalah akan mengganngu kinerja oil cooler. Jika hal tersebut terjadi maka imbasnya mesin Satria F150 akan mudah overhead.

Perawatan Pada Oil Cooler Satria F 150

1. Filter Oli
Komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang bercampur pada oli pelumas. Nah untuk itu perlu dilakukan penggantian secara teratur minimal setiap tiga kali pergantian oli.
2. Cek Kebersihan Filter Oli
Jika terdapat kotoran pada filter oli maka tentunya akan menghambat sirkulasi dari oli pelumas. 
3. Pastikan Gear Pompa Oli Bekerja Dengan Baik
Pompa ini berfunsi untuk memberikan tekanan pada oli pelumas sehingga bisa bersirkulasi. Apabila ada masalah akibatnya sirkulasi terhambat. Masalah yang biasa terjadi adalah rompalnya pada salah satu gigi gear pompa oli tersebut.

Jadi jika filter oli dan pompa oli bekerja secara maksimal maka kinerja oil cooler tidak terganggu, sehingga temperatur oli akan terjaga. Hal ini penting karena jika terjadi overhead akibatnya akan merusak komponen-komponen lain seperti cylinder head yang bengkok, kompresi bocor dll.

Penyebab Dan Solusi Air Radiator Yang Berwarna Kecoklatan

Air Radiator Berwarna Kecoklatan- Radiator adalah salah satu komponen sistem pendinginan didalam kendaraan yang berfungsi untuk mendinginkan air pendingin. Beberapa masalah pada sistem pendingin sering kita jumpai salah satunya adalah air radiator yang berwarna kecoklatan. Hal tersebut saya jumpai pada pemilik mobil beberapa waktu lalu. Ia mengeluhkan kenapa saat menguras air pada reservoir tank selalu berwarna kecoklatan seperti ada kandungan karat dari besi. Apakah hal tersebut merupakan indikasi kerusakan pada salah satu komponen sistem pendingin?
Penyebab Dan Solusi Air Radiator Yang Berwarna Kecoklatan
Penyebab Dan Solusi Air Radiator Yang Berwarna Kecoklatan

Penyebab Air Radiator Berwarna Coklat

Kemungkinan penyebab dari air radiator yang berwarna coklat adalah beberapa komponen sistem pendingin sudah berkarat. Air yang berada di radiator tersebut bersirkulasi dalam engine melalui mantel air. Nah apabila radiator, blok mesin atau komponen lainya berkarat maka bisa menyebabkan air radiator berwarna kecoklatan. Nah, lalu bagaimana solusi mengatasinya jika hal tersebut sudah terjadi.

Solusi mengatasi air radiator yang berwarna kecoklatan bisa dengan menguras air radiator secara teratur. Bersihkan komponen sistem pendingin dengan menggunakan radiator flush yang banyak beredar dipasaran. Dan satu lagi dalam mengganti air radiator disarankan untuk menggunakan water coolant yang bisa dibeli di toko-toko spare part. Jangan mengganti air radiator menggunakan air mineral, karena akan menimbulkan karat pada komponen sistem pendingin.

Kamis, 20 Februari 2014

Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok

Mengatasi Honda Vario 125 Ngorok- Apabila anda adalah pemiliki honda vario 125 generasi awal atau yang bukan versi ISS (Idling Stop System), mungkin mengalami timbulnya suara "ngorok" saat mesin dihidupkan. Ya, selama ini banyak pemilik kendaraan asal jepang ini yang menguluhkan kenapa honda varionya timbul suara "ngorok" padahal belum lama di beli. Usut-punya usut ternyata suara ngorok tersebut berasal dari sebelah kanan lebih tepatnya dari radiator. Nah setelah diselidiki masalah tersebut berasal dari kipas pendingin pada radiator.
Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok
Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok

Penyebab Suara Ngorok Pada Honda Vario 125

Nah, pertanyaanya kenapa pada Honda Vario 125 yang versi ISS tidak timbul suara ngorok tersebut. Jika dibandingkan panjang bilah baling-baling kipas radiator pada vario yang generasi awal ternyata lebih panjang dari vario 125 versi ISS. Secara logika bilah kipas yang lebih panjang akan menghasilkan hisapan angin yang besar juga. Inilah yang menyebabkan suara ngorok pada honda vario 125 generasi awal.
Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok
Kipas Honda Vario 125 

Bentuk dan ukuran kipas radiator pada honda vario versi ISS ternyata sama dengan kipas miliki Honda PCX 125. Artinya kipas milik Honda PCX ini bisa langsung plug and play pada honda Vario125. Setelah kipas tersebut diaplikasikan ke vario 125 ternyata suara ngorok tadi hilang. Jadi solusi untuk mengatasi suara ngorok pada honda vario 125 bisa dilakukan dengan mengganti kipas radiator milik Honda PCX 125. Demikianlah tips yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat.

Inilah Penyebab Honda Vario Bergetar Saat Berjalan

Penyebab Honda Vario Yang Bergetar- Anda pemilik honda vario ? mungkin mengalami hal serupa yakni pada saat mesin dihidupkan terjadi getaran yang tidak normal. Jika hal tersebut terjadi tentu ada sebuah masalah yang terjadi pada sepeda motor honda vario anda. Lalu dari manakah sumber getaran tersebut? Biasanya penyebab utamanya adalah roller dan v belt  yang sudah rusak atau melewati batas usia pakai. Namun sering kali setelah diganti ternyata getaran tak juga hilang. Nah lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang tak usah panik, berikut saya sampaikan penyebab atau sumber dari getaran (abnormal) yang ditumbulkan.
Inilah Penyebab Honda Vario Bergetar Saat Berjalan
Honda Vario

Sumber Penyebab Getaran Pada Honda Vario

1. Pegas CVT
Pegas CVT yang sudah melar bisa mengakibatkan getaran yang tidak normal serta mengurangi tenaga yang dihasilkan. Jadi solusinya adalah mengganti pegas yang sudah melar tersebut dengan pegas yang baru.
2. Driven Pulley
Getaran yang cukup tinggi juga bisa menjadi indikasi bahwa Driven Pulley sudah aus. Cek terlebih dahulu, jika memang sudah tidak layak pakai segera ganti.
3. Oil Seal Pada Driven Pulley
Jika pada drive belt terdapat oli, maka bisa disebabkan oleh oil seal pada driven pulley yang sudah bocor. Bocornya oli ini akan mengganngu kinerja drive belt sehingga menimbulkan getaran
4. Bosc pada crank case atau poros engkol.
Jika bosc tersebut sudah aus maka putaran poros engkol tidak stabil (oblak), inilah yang menyebabkan getaran pada vario ketika berjalan.

Itu tadilah beberapa penyebab getaran yang tidak normal pada honda vario. Jika anda mengalami masalah yang serupa segeralah periksa, atau bawalah ke bengkel motor terdekat.

Minggu, 16 Februari 2014

Perawatan Pada Kendaraan Setelah Terkena Abu Vulkanik

Perawatan Pada Kendaraan Setelah Terkena Abu Vulkanik- Letusan Gunung Kelud beberapa waktu lalu menyebabkan kawasan di Jawa Tengah dan Jawa Tiimur terkena abu vulkanik. Bahkan abu vulkanik yang sampai di Yogyakarta lebih parah dari abu vulkanik akbat letusan gunung merapi 2010 silam. Abu vulkanik ini cukup berbahaya jika sampai terhirup. Abu vulkanik juga dengan cepat menempel pada kendaraan. lalu apa yang harus dilakukan ketika motor sudah dipenuhi abu vulkanik.
Perawatan Pada Kendaraan Setelah Terkena Abu Vulkanik
Kendaraan yang Terkena Abu Vulkanik

Perlu diketahui bahwa abu vulkanik mengandung silika yang bisa menggores body motor. Debu vulkanik yang memiliki partikel yang kecil akan mudah masuk ke mesin melalui filter udara. Filter udara ini seperti hidung pada manusia. Jadi agar mesin terbebas dari abu vulkanik maka bersihkan filter udara dari abu vulkanik. Namun sebelum membuka filter udara alangkah baiknya kendaraan di cuci terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi abu vulkanik agar tidak masuk ke mesin. Seperti yang saya katakan tadi bahwa abu vulkanik mengandung silika yang bisa menggotes body motor, jadi dalam mencuci juga harus dilakukan dengan benar. Pertama-tama siram kendaraan dengan air sabun. Cara ini dilakukan agar abu vulkanik yang menempel pada kendaraan rontok. Setelah dipastikan tidak ada lagi abu vulkanik, lakukan pencucian seperti biasanya. Dengan demikian body kendaraan tidak akan tergores akibat abu vulkanik. 

Nah itu tadilah perawatan pada kendaraan agar kendaraan tetap aman meskipun terkena abu vulkanik. Jadi intinya adalah mencuci kendaraan dan membersihkan filter udara dengan cara yang tepat. Dengan mengikuti tips diatas semoga kendaraan anda tetap terjaga.


Selasa, 11 Februari 2014

Cara Mengganti Wiper Mobil

Cara Mengganti Wiper Mobil- Ketika musim hujan telah tiba, maka peran wiper sangat diperlukan. Apa jadinya jika wiper tidak bisa bekerja secara optimal ketika sedang berkendara ditengah hujan yang lebat. Tentu pandangan mata akan terganggu dan bisa-bisa berakibat kecelakaan. Lamanya pemakaian adalah salah satu faktor yang membuat semakin menipisnya karet pada wiper. Apabila terlalu tipis akan menimbulkan suara berisik. Jika hal ini sudah terjadi ujung-ujungnya kaca depan mobil juga ikut rusak. Dengan alasan inilah karet wiper perlu diperiksa dan diganti secara periodik.
Cara Mengganti Wiper Mobil
Cara Mengganti Wiper Mobil
Dalam mengganti wiper ada dua pilihan yaitu mengganti refill bladenya saja atau mengganti satu unit. Untuk mobil yang sudah berumur lebih dari 3 tahun alangkah baiknya mengganti satu unit wiper. Dengan demikian fungsi wiper akan lebih optimal. Harga satu set wiper berkisar antara 100 ribu hingga 250 ribu. Yang perlu diperhatikan adalah ukurannya, karena berbeda mobil juga berbeda ukuran. Untuk mobil non eropa biasanya memiliki panjang 18 inc - 24 inc. Sedangkan mobil-mobil eropa lebih panjang yakni berkisar 26 inc hingga 28 inc.

Perawatan pada wiper mobil dapat dilakukan dengan mengguyurkan air dan kemudian aktifkan wiper. Selain melihat kinerja wiper, perhatikan pula kekenyalan pada karetnya. Jika sapuan wiper sudah tidak optimal maka gantilah wiper dengan cara berikut ini.
  • Lakukan pengukuran pada wiper menggunakan penggaris dengan satuan inci.
  • Jika sudah carilah wiper aftermarket yang sesuai dengan ukuran wiper mobil anda.
  • Dengan menekan dan mendorongnya ke bawah, lepaskan wiper dari rumahnya.
  • Bersihkan kotoran pada rumah wiper
  • Pasanglah wiper baru dan pastikan terpasang dengan sempurna pada rumahnya.
  • Cek kembali kinerja wiper dengan menghidupkanya.
Mudah mudah bukan penggantian wiper mobil ini? oh iya kalau untuk penggantian refill blade saja, harganya cukup murah  berkisar 50 rb hingga 100 rb. Namun tentunya harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, alangkah baiknya anda tanya langsung saja di toko aksesoris. Selamat Mencoba.

Minggu, 09 Februari 2014

Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

Cara Mengganti Kampas Rem- Sebagian besar sistem pengereman pada sepeda motor saat ini sudah menggunakan rem cakram/ disk brake. Sistem rem cakram memanfaatkan gaya hidrolis untuk menggerakan brake pad/ kampas rem. Nah, apabila brake pad sudah aus maka secara otomatis gaya pengereman akan berkurang. Salah satu indikasi brake pad sudah aus, adalah berkurangnya volume minyak rem pada master silinder. Apabila keausan kampas rem sudah tinggi akan terdengar suara gesekan antara piringan dan logam pada kampas rem/ brake pad.
Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
Kampas Rem Sepeda Motor Yang Sudah Aus

Apabila kampas rem sudah aus, maka alangkah baiknya segera dilakukan penggantian. Sebenarnya untuk penggantian kampas rem pada sepeda motor sangatlah mudah, anda pun bisa melakukanya dirumah. Setiap motor mempunyai karakteristik sendiri-sendiri sehingga caranya pun tidak bisa disamakan. Kali ini saya akan mencontohkan bagaimana mengganti kampas rem pada sepeda motor vixion.
1. Lepaskan roda depan sepeda motor dengan menggunakan kunci ring.
2. Lepaskan pengunci pemegang kampas rem pada bagian atas dan bawah.
3. Lepaskan pemegang kampas rem dengan cara ditarik
4. Lepaskan kampas rem dan periksa keausannya
5. Lihatlah alur pada kampas rem, jika sudah tak terlihat berarti kampas rem sudah selayakanya untuk diganti.
6. Dalam pemasangan kampas rem yang baru biasanya akan kesulitan karena piston masih dalam posisi menekan.
7. Untuk itu tekanlah piston kedalam dengan cara memasang kampas rem yang lama kemudian ditekan dengan menggunakan obeng atau semacamnya. Apabila terlalu berat maka kendorkan baut nepel agar sebagian minyak rem keluar.
8. Jika posisi piston sudah masuk, kemudian pasanglah pemegang kampas, pengunci, serta kampas rem.
9. Apabila roda sudah terpasang, lakukanlah pengecekan volume minyak rem. Periksa apakah akibat pengeluaran minyak rem tadi berkurang banyak atau tidak. Kondisi minyak rem yang baik adalah berada pada posisi low dan upper pada master silinder.
10.Jika minyak rem berada pada garis low, maka isilah secukupnya.

Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
kondisi minyak rem pada master silinder
Demikianlah cara penggantian kampas rem pada sepeda motor vixion. Untuk melakukan penggantian kampas rem pada kendaraan lain, maka tidak jauh beda dengan langkah-langkah diatas.

Jumat, 07 Februari 2014

Inilah Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan

Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan- Ketika musim hujan telah tiba, jalanan menjadi licin akibat adanya air dari hujan. Untuk itu para pengendara harus ekstra hati-hati untuk menjaga keselamatan. Selain itu pemilihan ban yang tepat juga akan mengurangi resiko kecelakaan. Pada musim hujan disarankan untuk memilih jenis ban yang sesuai agar tidak mudah terpeleset. Lalu seperti apakah jenis ban yang sesuai untuk musim hujan?
Inilah Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan
Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan
Nah, berikut ini adalah jenis/ tipe ban yang cocok untuk melintasi jalanan ketika musim hujan
1. Tipe Kembangan Sejajar
Pilihlah kembangan satu arah untuk digunakan pada musim hujan. Tipe kembangan seperti ini bisa memecah genangan air yang ada dijalanan. Akan tetapi juga perlu diselaraskan dengan tekanan ban.
2. Ban yang menggunakan kompon medium
Ban yang beredar di Indonesia biasanya mengusung 3 kompon ban diantaranya soft kompon, medium kompon, dan hard kompon. Pada musim hujan akan lebih tepat untuk memilih medium kompon, karena dengan medium kompon akan menggigit aspal yang basah akibat hujan lebih baik.
3. Ban yang berstandar internasional
Dengan menggunakan ban yang berstandar internasional akan lebih aman ketika berkendara. Karena ban yang sudah berstandar internasional, sudah dapat dipastikan bahwa ban tersebut telah melewati pengujian yang panjang. Terdapat berbagai macam standar yang ada didunia seperti DOT untuk Amerika, atau ECE untuk Eropa, GULF untuk timur tengah dll.

Setidaknya ada 3 hal diatas yang harus diperhatikan dalam memilih ban ketikan musim hujan. Dengan memperhatikan ketiga hal diatas diharpakan dapat meminimalisir tingkat kecelakaan akibat jalanan basah yagn disebabkan oleh hujan.

Kamis, 06 Februari 2014

Cara Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor

Cara Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor- Jika anda menggunakan ban tubeless mungkin tidak begitu masalah dengan masalah kebocoran. Namun jika menggunakan ban dengan tipe ban dalam seringkali ketika sedang berada di jalan terjadi kebocoran. Kebocoran tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya tertancap paku. Apalagi di daerah-daerah yang dipasang ranjau paku. Namun masalah tersebut kini bisa teratasi dengan sebuah produk yang bisa membuat ban menjadi anti bocor.
Cara Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor
Cairan Untuk Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor
Cara membuat ban menjadi anti bocor adalah dengan menambahkan cairan khusus. Cairan jenis ini banyak di jual dipasaran dengan berbagai merek, salah satunya adalah M-One Super Tyre Sealant. Cairan ini diformulasikan supaya ban menambal secara otomatis ketika terkena benda tajam seperti paku. Cairan tersebut memiliki Ph yang cukup rendah yakni 7 hingga 9, sehingga tidak menyebabkan peleg maupun jari-jari berkarat. Cara kerja dari produk ini adalah ketika berada didalam ban berbentuk cairan, Namun ketika terjadi kebocoran pada ban cairan tersebut akan ikut keluar bersama udara dan kemudian akan menyumbat lubang pada ban. Dan seketika itu akan berubah menjadi padat.

M-One Super Tyre Sealant tersedia dalam berbagai kemasan yaitu 350 ml, 400ml dan 800 ml. Harga yang ditawarkanoun cukup terjangkau yaitu antara 35 rb hingga 75 rb. Dengan menggunakan produk ini anda tidak perlu khawatir lagi melintasi daerah yang sering dipasangi ranjau paku.

Tips Bersih Motor Terkena Banjir

Situs Otomotif - Musim hujan disaat ini dapat menyebabkan motor Anda mau tidak mau harus melintasi banjir, dan mungkin juga bisa terendam banjir. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada beberapa tips bersih motor terkena banjir:

tips motor banjir


- Pada saat terkena banjir atau bagian mesin terendam, jangan menyalakan atau mencoba menstarter motor, karena bisa menyebabkan air atau kotoran lain dapat masuk ke dalam mesin dan bisa menyebabkan keausan.

- Membersihkan bagian mesin dengan cara membuka bagian mesin satu per satu. Kemudian rendam semua komponen dengan bensin atau cairan penghilang karat. Sebaiknya dibawa ke mekanik, jika Anda tidak berpengalaman.

- Periksa sistem kelistrikan dengan membukan semua komponen seperti konektor kabel, sakelar, spul, motor starter dan bohlam agar tidak terjadi hubungan arus pendek. Jemur bagian tersebut hingga kering. Kemudian pasang dan cek fungsinya.

- Periksa bagian rem tromol karena basah dan bisa menyebabkan lengket. Siramlah dengan air bersih dan kemudian keringkan dengan cara menjalankan motor sambil rem nya dikocok-kocok.

- Untuk motor matic, bagian cvtnya di buka satu per satu kemudian dibersihkan dengan bensin.

Semoga tips otomotif ini bermanfaat untuk Anda. 

Selasa, 04 Februari 2014

Cara Membuat Konsumsi BBM Sepeda Motor Irit Dengan Mengoptimalkan Pengapian

Cara Membuat Konsumsi BBM Sepeda Motor Irit- Tingkat keiritan sepeda motor terhadap konsumsi BBM banyak dipengarui banyak hal. Sistem pengapian sebagai pemicu terjadinya pembakaran adalah salah satunya. Pengapian yang optimal akan menghasilkan pembakaran lebih sempurna, nah dengan pembakaran yang lebih sempurna akan didapatkan komsumsi bahan bakar yang lebih irit.
Cara Membuat Konsumsi BBM Sepeda Motor Irit Dengan Mengoptimalkan Pengapian
DC Booster Untuk  Mengoptimalkan Pengapian

Berbagai cara untuk mengoptimalkan pengapian agar konsumsi BBM lebih irit bisa dilakukan. Caranya adalah dengan memasang beberapa peralatan yang banyak dijual dipasaran. Adapun peralatan-peralatan tersebut diantaranya.
1. Coil Boster
Piranti ini dipasang sebelum coil pengapian. Anda bisa membelinya yang banyak dijual dipasaran dengan kisaran harga antara Rp 70.000,- hingga Rp 300.000,-. Di pasaran Coil Booster memiliki nama yang bermacam-macam diantaranya Electronik Coil Booster (ECB), Xtrime Fire, Pro Tech dll.
2. Aki Booster
Produk ini diclaim oleh produsenya bisa mendongkrak performa dengan bahan bakar yang lebih irit. Cara kerjanya adalah dengan menstabilkan suplay listrik dari aki ke CDI. Dengan demikian didapatkan pengapian yang lebih besar. Aki Booster ini dibanderol dengan harga Rp 150.000,- hingga Rp 500.000.-. Beberapa merek yang cukup terkenal diantaranya DC booster, TDR, BKRC performance booster dll.
3. Nine Power
Nine Power bekerja dengan menstabilkan arus dari coil menuju busi. Menurut produsennya produk ini bisa menjamin 98% bahan bakar akan terbakar. Pemasanganyapun cukup mudah, hanya dengan memasangnya pada kabel busi. 

Nah itulah beberapa alat untuk mendongkrak pengapian. Dengan pengapian yang lebih besar, akan didapakan konsumsi bahan bakar yang lebih irit karena lebih banyak bahan bakar yang terbakar.

Senin, 03 Februari 2014

Tips Mengendarai Sepeda Motor Agar Tetap Irit

Tips Mengendarai Sepeda Motor Agar Tetap Irit- Pada setiap sepeda motor baru, produsen kerap mencantumkan informasi jarak tempuh dari sepeda motor untuk 1 liter bahan bakar. Namun tak sedikit orang yang mengeluhkan kenapa informasi tersebut tidak sesuai dengan kenyataanya. 

Pengujian yang dilakukan oleh produsen untuk konsumsi bahan bakar ini dilakukan pada kecepatan tertentu. Nah inilah yang harus dipahami oleh para pemiliki sepeda motor. Habit mengendara juga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Pengendaraan sepeda motor yang tidak stabil (melakukan akselerasi dan deselerasi secara terus menerus) akan berimbas pada konsumsi bahan bakar yang boros. Lalu pengendaraan yang seperti apa agar didapatkan konsumsi bahan bakar yang irit ?

Seorang pakar dari ITB melakukan sebuah ujicoba terkait konsumsi bahan bakar pada sepeda motor. Menurutnya untuk didapatkan konsumsi BBM sehemat yang dicantumkan oleh produsen, batas kecepatan kendaraan harus berkisar antara 40 Km/ jam hingga 60 Km/ jam. 

Jadi untuk mendapatkan konsumsi BBM pada sepeda motor agar tetap irit anda harus mengatur kecepatan berkendara. Selain itu anda juga harus stabil dalam memacu kendaraan.


Minggu, 02 Februari 2014

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil- Minyak rem dalam sebuah rem cakram berfungsi sebagai penerus gaya dari tuas penekan ke kaliper untuk menekan kanvas rem (pad). Meskipun daya tahan dari minyak rem ini cukup lama namun tetap perlu dilakukan penggantian. Biasanya daya tahan minyak rem adalah 1 hingga 2 tahun. Untuk melakukan penggantian minyak rem ini sebenarnya anda bisa melakukanya sendiri dirumah, karena memang cukup mudah.
Cara Mengganti Minyak Rem Mobil
Mengganti Minyak Rem Mobil
Dalam penggantian minyak rem ini yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengenai cat. Jika minyak rem mengenai cat segerah cuci dengan air bersih karena jika tidak cat bisa mengelupas. Nah untuk cara penggantian minyak rem perhatikan langkahnya sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu tutup reservoir atau tabung cadangan
  • Kendorkan baut nepel yang berada di kaliper
  • Letakan wadah dibawahnya untuk menampung minyak rem
  • Setelah dirasa minyak rem keluar semua kencangkan lagi baut nepel
  • Isikan minyak rem yang baru dari reservoir
  • Jika sudah lakukan proses bleeding untuk membuang udara dari dalam sistem
  • Proses bleeding dilakukan dengan cara menekan pedal rem berulang kali kemudian ditahan
  • Dengan posisi pedal rem ditahan kendorkan baut nepel maka udara akan keluar
  • Lakukan proses ini berulang kali hingga tidak dijumpai lagi gelembung udara
Itulah cara untuk mengganti minyak rem pada mobil. Pada sepeda motor juga dilakukan dengan cara yang sama. Untuk melakukan proses bleeding anda harus mencari satu teman, karena dalam proses ini dibutuhkan dua orang untuk memompa pedal rem dan mengendorkan baut nepel. Proses bleeding ini sangat penting dilakukan, karena jika ada gelembung udara didalam sistem rem akan menyebebkan rem tidak pakem. Sifat udara yang kompresibel adalah alasanya.

Sabtu, 01 Februari 2014

Cara Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari

Memasang Ban Tubeless Pada Pelek Jari-Jari- Pemakaian ban tubles pada sepeda motor memang lagi tren saat ini. Selain lebih simpel karena tidak memakai ban dalam, ban tubles juga lebih aman dari kebocoran. Mereka biasanya mengganti dengan pelek racing terlebih dahulu untuk pemakaian ban tubles. Namun sebenarnya ban tubles bisa dipasang pada pelek jari-jari. Lalu bagaimana caranya?
Cara Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari
ban tubeless
Ban tubeless adalah sebuah ban yang dirancang tanpa menggunakan ban dalam. Mungkin diantara anda bertanya-tanya  kenapa angin didalam ban tubless ini tidak bisa keluar. Ban ini memiliki tulang rusuk yang dibentuk secara integral ke dalam manik ban, jadi mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menekan flensa agar menutup pada peleg. Ban tubeless memiliki beberapa keunggulan dibanding ban biasa (ban yang memakai ban dalam), salah satunya adalah ban ini tidak langsung bocor jika terkena paku.
Cara Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari
Karet Manset unutk Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari
Sebenarnya  ada cara untuk memasang ban tubeless pada pelek jari-jari yaitu dengan melapisi pelek tersebut dengan karet manset. Karet manset tersebut digunakan untuk melapisi lubang pada pelek akibat pemasangan jari-jari roda. Harga dari karet manset inipun cukup terjangkau yakni sebesar Rp 20,000,00. Dengan menggunkan karet manset kini tidak susah-susah lagi membeli peleg racing untuk memasang ban tubeless.

Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor

Kalau sebelumnya saya telah jelaskan cara membuat lampu sepeda motor lebih terang dengan menggunakan relay, nah kali ini saya akan coba jelaskan bagaimana membuat lampu sepeda motor lebih terang hanya dengan satu buah resistor. Cara ini pada dasarnya menambah tegangan listrik yang menuju ke lampu dengan memanipulasi kiprok.
Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor
Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor

Kiprok atau bahasa kerenya regulator rectifire berfungsi untuk mengubah arus AC dari generator menjadi arus DC dan juga membatasi tegangan. Seperti yang telah kita ketaui bersama bahwa generator (spull) oada sepeda motor bekerja berdasarkan putaran mesin, artinnya semakin tinggi putaran akan semakin tinggi pula tegangan yang dikeluarkan. Oleh karena itu tegangan yang dikeluarkan oleh generator tersebut perlu di batasi agar tidak melebehi 13 volt.
Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor
Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor
Trik ini dilakukan dengan memasang sebuah resistor 680 ohm/ 1 watt di kabel spull lampu (dari generator) yang menuju kiprok. Dengan demikian tegangan yang dihasilkan oleh generator dan tegangan yang masuk ke kiprok tidak sama. Karena tegangan yang masuk ke kiprok lebih rendah, maka regulasi tegangan oleh kiprok lebih besar dari seharusnya. Cara ini menghasilkan tegangan yang masuk ke lampu menjadi 15 volt. Karena tegangannya menjadi lebih besar maka nyala lampu akan menjadi lebih terang. Jika ingin menambah voltase anda bisa berekperimen dengan mengganti resistor yang lebih besar teganganya. Namun perlu diingat semakin besar tegangan maka lampu akan cepat mati. Cara yang paling enak adalah dengan menggunakan variable resistor jenis potensio, jadi anda tinggal memutar-mutar potensio tersebut untuk mendapatkan tegangan yang diinginkan.

Nah demikianlah cara membuat lampu sepeda motor agar lebih terang hanya dengan satu buah resistor. Anda bisa mendapatkan resisor ini di toko elektronik dengan harga yang sangat murah yakni sekitar 500 perak. Jika ada yang belum jelas, bisa anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.