Minggu, 30 Maret 2014

Cara Praktis Menghilangkan Jamur Dari Kabin Mobil

Jamur Di Kabin Mobil- Membiarkan mobil tidak dipakai dalam waktu yang lama bisa menimbulkan beberapa masalah, salah satunya timbulnya jamur di kabin. Ketika jamur tersebut sudah bersarang di interior mobil maka akan tercium bau apek ketika anda memasukinya. Jamur ini terlihat seperti lumut dan biasanya menempel di dasboard, plafon bahkan di kisi-kisi AC. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika interior mobil sudah terlanjur diserang jamur? Tenang saja, karena masalah ini bisa diatasi dengan cara yang cukup praktis dan mudah dilakukan.

Cara Praktis Menghilangkan Jamur Dari Kabin Mobil
Kabin Mobil

Jamur-jamur yang menempel di kabin ditimbulkan oleh lembabnya ruangan di dalam mobil. Jadi ketika mobil jarang dipakai jangan biarkan ruangan didalam mobil lembab. Jika sudah terlanjur maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menjemur mobil dibawah terik matahari pada pagi hari sekitar pukul sepuluh. Pada jam-jam ini matahari akan mengeluarkan sinar ultraviolet. Kadar air yang ada di interior mobil akan terangkat. Selain itu bakteri maupun kuman yang ada akan terbunuh. Jadi sebaiknya dalam menjemur mobil, kondisi kaca dalam keadaan terbuka agar sinar bisa masuk secara leluasa. Langkah kedua setelah dirasa cukup dalam menjemur mobil, hidupkan AC dan atur blower pada kecepatan tertinggi. Hal ini dilakukan untuk mensirkulasikan udara sehingga uap air maupun bakteri yang ada di kisi-kisi AC bisa keluar. Pada langkah kedua ini posisi kaca masih dalam keadaan terbuka. Terakhir letakan produk penyerap air di bawah jok. Produk ini bisa anda dapatkan di supermarket dengan harga sekitar Rp 10 ribu. Produk serap air sangat ampuh dalam menyerap uap air yang ada di dalam mobil. Jadi jika uap air di dalam interior mobil sudah berkurang maka ruangan mobilpun tidak lagi lembab sehingga jamur tidak tumbuh lagi.
Cara Praktis Menghilangkan Jamur Dari Kabin Mobil
contoh produk serap air

Gimana cukup mudah bukan? Dengan tiga langkah menghilangkan jamur didalam mobil diatas maka selain menghilangkan jamur yang ada juga bisa mencegah tumbuhnya jamur. Apabila anda memiliki mobil yang jarang dipakai bisa melakukannya minimal dua minggu sekali. Selain jamur, terkadang di jok menempel kotoran-kotoran yang sulit dibersihkan. Cara membersihkan kotoran di jok ini perlu disesuaikan dengan bahannya seperti yang saya ulas pada artikel sebelumnya.

Jumat, 28 Maret 2014

Bore Up Mio, Tenaga Membengkak Bisa Untuk Harian

Bore Up Yamaha Mio- Bagi sebagian pemilik kendaraan merasa tidak puas dengan performa dari sepeda motornya. Berbagai carapun dilakukan untuk menaikan performa motornya mulai dari yang ringan hingga yang ekstrim. Namun jika sepeda motor digunakan untuk harian, sebaiknya jangan terlalu ekstrim karena bisa merusak komponen-komponen lain dari engine. Jika anda pemilik sepeda motor Yamaha Mio mungkin cara-cara berikut ini untuk mendongkrak tenaga si matic bisa anda aplikasikan.
Bore Up Mio, Tenaga Membengkak Bisa Untuk Harian
Paket Bore Up Mio Untuk Harian

Mengubah Mio standar menjadi lebih bertenaga dengan cara di bore up ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama tentu disesuaikan dengan budget yang anda miliki. Kedua apakah anda ingin suatu saat mengembalikanya menjadi sedia kala atau tidak. Jika suatu saat anda ingin mengembelikanya ke versi standar lebih baik anda membeli paket bore up. Jadi komponen yang asli bisa disimpan dan suatu saat bisa dipasang kembali. Ada beberapa paket bore up yang biasa dijual dipasaran dari harga 2 jutaan hingga 3 jutaan. Salah satu contohnya adalah paket bore-up Yamaha Mio GT yang meliputi blok silinder, kepala silinder asli yamaha, Piston Sonic NPP, Injektor, Klep Byson custom, noken us standar custom serta stel ulang CO. Paket tersebut bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 3 juta.
Bore Up Mio, Tenaga Membengkak Bisa Untuk Harian
roller yamaha mio

Namun jika anda ingin melakukan bore up pada yamaha mio tanpa berfikir untuk mengembalikanya ke sedia kala bisa dengan hanya membeli beberapa komponen saja. Untuk bore up Yamaha Mio agar bisa digunakan untuk harian, anda bisa mengganti piston milik GL max NT dengan diameter 54 mm. Anda bisa membawanya ke tukang korter agar piston tadi bisa masuk ke blok cylinder. Agar perbandingan kompresi naik perlu sedikit keprasan pada cylinder head namun tentu harus disesuaikan agar klep tidak tubrukan dengan piston. Noken us sebagai pengatur buka tutup klep, perlu diganti dengan noken us after market yang memiliki durasi lebih besar. Sektor CVT juga jangan sampai ketinggalan, agar mantap pada putaran bawah roller perlu diganti dengan ukuran 9 gr. Per CVT juga bisa diganti agar lebih sesuai. Dah gitu doang? eitss masih ada lagi nih dengan CC yang tambah besar kurang afdol tanpa penyesuaian pada pemicu pembakaran. Agar didapatkan api yang besar anda bisa mengganti CDI racing dan busi iridium.

Nah dengan beberapa penggantian part dan beberapa penyesuaian diatas, saya rasa Yamaha Mio anda sudah terdongkrak tenaganya namun tetap aman untuk harian. Baca juga cara bore up vario.

NB: do with your own risk

Rabu, 26 Maret 2014

Cara Melepas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar

Melepas aki mobil dan menggantinya dengan yang baru memang terdengar sangat sepele dan mudah untuk dilakukan. Andapun tak perlu repot-repot datang ke bengkel karena bisa melakukanya di rumah. Namun meskipun sepele, jika tidak dilakukan dengan cara yang baik dan benar bisa-bisa menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan lainya. 
Cara Melepas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar
Cara Melepas Aki Mobil


Berikut ini cara melepas aki atau batteray mobil yang benar.
1. Pastikan terlebih dahulu posisi kunci kontak pada posisi "OFF" karena jika tidak, sewaktu melepas bisa menimbulkan percikan bunga api.
2. Lepaskan terlebih dahulu penahan aki dengan melepas bautnya.
3. Agar lebih safety maka dalam pelepasan kabelnya pun diusahakan kabel (-) terlebih dahulu. Setelah kabel (-) benar benar terlepas barulah melepas kabel (+). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik. Begitu juga dalam pemasanganya usahakan kabel (+) terlebih dahulu baru kabel (-). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif terlebih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut akan menyentuh body (-). Karena kunci tersebut bersifat penghantar listrik maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.
4. Saat penggantian aki yang baru, perhatikan ukuran dan kapasitasnya. Pastikan sama dengan yang lawas. Jika tidak maka akan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan terutama yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik. 
5. Pada beberapa tipe mobil yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik, ketika melepas bateray harus mereset ECU. Jika tidak beberapa komponen akan ngaco dan ditunjukan dengan indikator lampyang menyala.

Tentunya kini anda sudah tidak mengalami kesulitan lagi dalam melepas maupun mengganti aki mobil. Namun jika masih bingung bisa bertanya pada ahlinya atau melalui kolom komentar dibawah ini. 

Senin, 24 Maret 2014

Penyebab Rem Bunyi Saat Diinjak Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Bunyi- Terkadang saat menginjak pedal rem ketika berkendara terdengar suara berdesit yang berasal dari roda. Terasa menjengkelkan memang karena cukup mengganngu pendengaran. Suara tersebut timbul dari rem. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, tentu saja bisa merusak komponen-komponen lainya. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?
Penyebab Rem Bunyi Saat Diinjak Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Rem Bunyi Saat Diinjak Dan Cara Mengatasinya

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rem berbunyi ketika pedal rem diinjak. Untuk itu perhatikan baik-baik penyebab bunyi yang berasal dari rem berikut ini:

  1. Kampas Rem yang sudah aus atau habis.
    Jika kampas rem sudah aus atau habis namun tetap dibiarkan begitu saja, maka bisa menimbulkan bunyi. Bunyi ini ditimbulkan dari gesekan antara logam yang terdapat pada kampas rem dan disc brake atau piringan. Apabila tidak segera diganti maka akan menyebabkan ausnya disc brake itu sendiri.
  2. Disc Brake atau Piringan yang tidak rata
    Pemakaian yang cukup lama bisa menjadi salah satu penyebab ausnya disc brake atau piringan. Keausan inilah yang menyebabkan permukaan disc brake tidak rata apalagi jika kondisi laher sudah jelek. Jika permukaan disc brake pada kendaraan anda sudah tidak rata maka besar kemungkinan akan timbul suara atau bunyi. Nah cara mengatasinya bisa dilakukan dengan melakukan pembubutan pada permukaan disc brake. Namun jika disc brake sudah terlalu tipis sebaiknya dilakukan penggantian.
  3. Masuknya benda asing pada kampas rem
    Penyebab rem yang berbunyi salah satunya bisa disebabkan oleh menumpuknya kotoran pada kampas rem. Ketika anda mengendarai kendaraan pada saat hujan cipratan dari debu atau kotoran bisa mengalir masuk ke kampas rem. Atau kemungkinan lain adalah ketika anda melintasi jalanan yang berdebu atau berpasir. Untuk yang satu ini cara mengatasinya cukup dengan melepas kampas rem kemudian dibersihkan. Cara membersihkanya bisa menggunakan amplas namun jangan terlalu lama cukup untuk menghilangkan kotoran yang menempel saja. Kemudian jika sudah semprot dengan udara bertekanan.
Penyebab Rem Bunyi Saat Diinjak Dan Cara Mengatasinya
bersihkan kampas rem dari kotoran
Itu tadilah beberapa kemungkinan yang menyebabkan rem berbunyi. Andapun bisa mengatasinya sendiri, namun jika ragu bawalah ke bengkel terdekat. 

Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya

Cara Membersihkan Jok Mobil- Jika kendaraan anda masih tergolong baru, mungkin tidak terlalu masalah. Namun jika sudah 1 atau 2 tahun terkadang pada jok mobil tertinggal kotoran entah itu dari tinta, tumpahan minuman, atau dari sisa-sisa makanan. Tentu hal ini mengurangi sisi estetika dari interior mobil. Untuk itu kotoran-kotoran tersebut perlu dibersikan. Namun kendalanya beberapa kotoran sulit dibersihkan, untuk itu perlu dilakukan trik-trik khusus dalam membersihkan jok mobil.
Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya
membersihkan debu pada jok mobil dengan vacuum cleaner

Bahan yang digunakan untuk jok mobil sendiri bermacam-macam yaitu fabric atau kain, sintetis, kulit dan beludru. Oleh karena itu penangananyapun berbeda tergantung bahan yang digunakan. Nah sebelum melakukan proses pembersihan sedot dulu debu-debu yang menempel dengan vacuum ceaner hingga bersih. Jika sudah lakukan pembersihan sesuai bahan yang digunakan, sebagai berikut.

Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahan Yang Digunakan

1. Bahan Sintetis dan Kulit
Bahan jenis ini sebenarnya sangat mudah untuk dibersihkan. Apalagi produsen jok seperti MBtech sudah menyediakan pembersihnya sendiri yang diberi nama MBtech Cleaner. Harganyapun cukup terjangkau yaitu hanya 70 ribu rupiah saja. Pertama-tama semprotkan pembersih tersebut ke seluruh bagian jok. Tunggu hingga 1 menit baru kemudian dilap menggunakan kain kering. Jika noda terlalu membandel tunggulah hingga 15 menit agar pembersih bekerja secara optimal. Jika perlu gunakan sikat untuk membersihkanya.
2. Bahan Fabric
Jika noda tak terlalu membandel, masih bisa dibersihkan dengan menggunakan bahan berbentuk foam. Namun jika sudah membandel, sangat susah untuk dibersihkan. Anda harus melepas bahan tersebut dan kemudian direndam dalam air sabun. Lakukan hal tersebut layaknya mencuci baju. Bahkan terkadang tidak begitu maksimal.
3. Bahan Beludru
Untuk membersihkan jok mobil berbahan beludru sebaiknya jok dilepas dulu dari mobil. Kemudian semprotkanlah cairan pembersih ke bagian yang akan dibersihkan. Dengan menggunakan sikat, sikatlah bagian yang disemprotkan tadi secara searah. Jika sudah bersihkan dengan lap kering dan kemudian dikemur
Cara Membersihkan Jok Mobil Sesuai Bahannya
Cara Membersihkan Jok Mobil

Setelah mengetahui cara membersihkan jok mobil sesuai yang tertera diatas, semoga anda bisa menerapkanya sesuai dengan bahan yang digunakan pada jok mobil anda. Untuk jenis fabric dan beludru memang tergolong sulit, oleh karena itu rajinlah melakukan perawatan. 

Kamis, 20 Maret 2014

Si Matic Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bagi pengguna matic, mungkin pernah kejadian ketika sedang berjalan motor macet alias gak bisa jalan. Ketika di starter mesin pun gak bergeming, seperti gak kuat memutarkan mesin. Lalu apa penyebabnya? banyak yang bisa dianalisa dari kondisi tersebut salah satunya adalah V- Belt. Jika sesaat sebelum motor mati terdengar suara "tak" maka bisa jadi V belt anda rompal atau putus.
Si Matic Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
V belt matic rompal

Apabila V-belt putus atau rompal jelas saja motor gak mau jalan. Karena piranti inilah yang menghubungkan putaran dari mesin menuju roda belakang. Pertanyaan selanjutnya kenapa V-belt ini bisa putus? apakah kualitasnya yang jelek? eitss tunggu dulu...jangan keburu memvonis kualitas V-belt yang jelek. Perhatikan dulu kondisi komponen-komponen lain yang secara langsung berhubungan dengan V belt. Salah satunya adalah pulley, pulley yang tidak standar bisa mengakibatkan kerusakan pada V-belt itu sendiri.

Coba perhatikan kondisi pulley apakah masih standar atau sudah diganti dengan after market. Sudut pulley yang diubah dari standar bisa menyebabkan V belt tidak menempel secara sempurna. Imbasnya V belt dipaksa untuk mengikuti sudut pulley yang tidak sesuai standar sehingga lapisan V belt terdorong keluar, akibatnya rompalah si V belt tadi. Perlu diketahui V belt terdiri dari beberapa lapisan, itulah alasanya lapisan V belt bisa terlepas. 
Si Matic Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jika anda masih memaksakan menggunakan pulley after market, gunakanlah V belt yang berkualitas tinggi. Alternatif lain, bisa memilih pulley yang tidak mengubah kemiringanya. Pilihlah pulley yang hanya mengubah jalur rollernya saja. Namun tetap saja ada kelemahanya, karena rollernya yang akan kalah. Kalau mau yang aman ya pilihlah yang standar saja !

Rabu, 19 Maret 2014

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak

Cara Memperbaiki Aki Kering- Aki / Accu atau bateray adalah komponen yang sangat penting di dalam kendaraan. Bagaimana tidak komponen ini adalah sumber listrik dalam sebuah kendaraan. Ada dua jenis aki yang beredar saat ini yaitu aki kering dan aki basah. Motor-motor keluaran sekarang kebanyakan menggunakan aki kering sebagai pendulang kelistrikan. Selain dimensinya yang lebih kecil, tidak memerlukan perawatan yang terlalu banyak. Namun bagaimana jika aki kering pada kendaaraan anda sudah soak atau rusak? Apakah bisa diperbaiki? Jawabanya adalah bisa, nah berikut ini adalah cara bagaimana memperbaiki aki kering.
Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak
Aki Kering

Oke sebelum memperbaiki aki kering, siapkan terlebih dahulu bahan bakunya yakni sebuah suntikan dan accu zuur. Jika kedua bahan tersebut sudah disiapkan perhatikan langkah cara memperbaiki aki kering yang rusak sebagai berikut:

  1. Lepaskan kedua kabel yang terhubung dengan aki pada motor anda
  2. Ambil / lepas aki dari kendaraan
  3. Bukalah tutup aki dengan penutup karetnya (biasanya ada tiga buah)
  4. Isikan accu zuur menggunakan suntikan hingga volumenya kira-kira 1 cm dari batas atas.
  5. Tutup Kembali hingga rapat
  6. Pasang kembali aki pada motor anda
  7. Jika semuanya sudah terpasang, hidupkan motor agar memulai proses pengisian.

Setelah aki/ bateray terisi penuh maka aki sudah bisa berfungsi kembali. Namun jika sudah melakukan semua langkah memperbaiki aki kering diatas tetapi aki tetap saja tidak berungsi, maka sudah waktunya anda menggantinya dengan yang baru. Gimana cukup mudah bukan? Dari pada harus membeli aki yang baru, hanya dengan membeli accu zur dan suntikan saja yang harganya cukup murah aki anda sudah bisa befungsi kembali. Nah saya hanya memberikan informasi berdasarkan dari apa yang telah saya lakukan, namun perlu diingat jika anda melakukanya resiko ditanggung sendiri ya ...

Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil

Koil pada motor ataupun mobil berfungsi untuk meningkatkan tegangan menjadi 10 ribu volt. Tegangan ini nantinya akan digunakan untuk memercikan bunga api pada busi. Indikasi rusaknya koil pengapian adalah mesin yang mati karena tidak ada pengapian ataupun kendaraan terasa tersendat-sendat. Pada kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memeriksa kerusakan pada koil pada kendaraan.
Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian

Cara mengecek kerusakan koil motor dan mobil dilakukan dengan cara yang sama. Yang pertama dilakukan adalah periksa dulu apakah busi memercikan bunga api atau tidak, dan pastikan juga komponen-komponen lain pada sistem pengapian seperti CDI bekerja dengan baik. Jika busi tidak memercikan bunga api dan komponen sistem pengapian lainya tidak bermasalah, maka kerusakan bisa terjadi pada Koil pengapian. Untuk itu lakukan pengecekan sebagai berikut.

Koil pengapian pada mobil sebenarnya didalamnya terdapat dua kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Keduanya saling berhubungan untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dihasilkan dari proses induksi listrik. Untuk itu periksa tahanan pada kedua kumparan tersebut dengan menggunakan multimeter. Putar selektor pada posisi 1x ohm. Kalibrasi multimeter tersebut dengan cara menghubungkan probe + dan probe - dan setlah jarum pada angka 0. Periksa tahanan kumparan primer koil dengan cara menghubungkan probe (-) multimeter ke terminal (-) koil dan probe (+) multimeter ke terminal (+) koil. Kemudian periksa tahana kumparan sekunder dengan cara menghubungkan probe (+) multimeter ke terminal (+) dan probe (-) multimeter ke terminal tegangan tinggi. Spesifikasi tahanan primer koil pengapian adalah 1,3 hingga 1,6 ohm dan tahanan sekunder koil pengapian adalah 10,,7 hingga 14, 5 K ohm. Bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi, jika tidak sesuai maka koil pengapian perlu diganti. Untuk lebih jelasnya lihat gambar cara cek pengapian dibawah ini.
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian
Cara Cek tahanan Koil Pengapian

Gimana cukup mudah bukan untuk mengecek kerusakan pada koil pengapian ? Jika koil kendaraan anda rusak, maka anda bisa menggantinya dengan yang baru yang banyak dijual dipasaran. Harga koil pengapian ini bermacam-macam ada yang ratusan ribu ada juga yang jutaan tergantung merk dan kualitasnya.

Sabtu, 15 Maret 2014

Begini Caranya Membuat Fitur Engine Cut Off Pada Honda Megapro FI

Jika kita melihat motor-motor sport yang sudah lama beredar kita bisa melihat sebuah tombol disebelah handle gas yang berfungsi sebagai engine cut off. Namun motor-motor terbaru seperti Honda Megapro FI fitur tersebut sudah tiada. Jika anda masih menginginkan fitur tersebut tetap ada andapun bisa membuatnya dengan cara sebagai berikut.
Begini Caranya Membuat Fitur Engine Cut Pada Honda Megapro FI
Fitur Engine Cut Off

Karena rumah panel pada Honda Megapro tidak memiliki tombol saklar untuk engine cut off maka anda harus menggantinya dengan  rumah panel aksesoris yang memiliki tombol engine cut off. Perangkat  ini banyak dijual dipasaran dengan harga berkisar 250 ribuan. Salah satu merk yang cukup terkenal adalah OEI Racing.

Untuk aplikasi engine cut off pada motor ada beberapa cara. Namun jika anda menginginkan lampu kepala tetap nyala maka bisa diaplikasikan di pompa bensin. Caranya dengan memotong kabel yang berwarna hitam dan kemudian menghubungkanya pada kabel di perangkat engine cut off. Namun dengan cara ini mesin tidak langsung mati ketika engine cut off diaktifkan, butuh setidaknya 1 hingga 2 detik.

Sebelum mengganti anda juga perlu mempertimbangkan, karena perangkat ini tidak memiliki pemicu stop lamp pada handle rem depan. Sehingga ketika handle rem depan di tekan, otomatis stop lamp tidak menyala.

Rabu, 12 Maret 2014

Cara Tepat Memilih Mur Racing Pada Roda

Tren Penggantian Mur pada roda dengan mur bergaya racing memang lagi menjamur. Lihatlah saja beberapa mur pada pelek mobil nampak menonjol dari lubang baut pada roda. Sebenarnya sah-sah saja bagi anda yang ingin tampilan mobil anda terlihat lebih catcy. Namun agar nantinya tidak menimbulkan masalah, dalam pemilihanaya pun harus diperhatikan. 
Cara Tepat Memilih Mur Racing Pada Roda
Mur Racing Pada Roda

Dipasaran banyak sekali beredar mur-mur roda yang bergaya racing dengan harga yang bervariasi. Salah satunya adalah merek Replika D1 Spec yang dibanderol dengan harga 300 ribu untuk 1 setnya (20 buah). Mur jenis ini berbahan alumnium, jika dibandingkan dengan bawaan pabrik tentu lebih kuat yang bawaan pabrik. Jika anda ingin mengganti mur roda atermarket yang bergaya racing sebaiknya jenis serta ukuran pelegnya. Jika ukuranya sudah naik diatas 3 inchi dari standar sebaiknya jangan dipilih. Selain penggunaan mur berbahan almunium, mur berbahan stainlees juga harus diperhatikan. Ketika kondisi roda masih dalam keadaan panas jangan membuka baut roda karena bisa mengakibatkan drat tergerus.

Berbeda jika anda menggunakan mur roda racing yang original seperti merek SSR, Reys, ataupun Enkei yang biasanya memiliki 2 jenis mur roda yaitu jenis duralumin dan floating. Jenis Floating memiliki dinding miring di sekeliling mur yang berfungsi untuk mencegah kerusakan pada pelek. Namun untuk urusan harga, mur roda jenis ini memang agak mahal. Biasanya dipasaran dibanderol dengan kisaran harga 1,8 juta hingga 3 juta. Meskipun cukup mahal namun sebanding dengan kualitasnya. 

Nah dengan memperhatikan tips diatas semoga bisa membantu anda dalam memilih mur roda yang bergaya racing. Namun jika anda memilih untuk menggantinya dengan mur standar perhatikan juga jenisnya. Setidaknya ada dua jenis mur roda standar yaitu jenis cone dan sleeve. Perlu anda ketahui bahwa mur jenis cone tidak bisa diaplikasikan pada kendaraan yang menggunakan mur jenis sleeve begitu juga sebaliknya.

Minggu, 02 Maret 2014

Cara Melapisi Jok Mobil

Melapisi Jok Mobil dengan bahan tambahan menjadi trend akhir-akhir ini. Bahkan tak hanya jok saja, melainkan berbagai interior mobil tak luput untuk dilapisi. Ada berbagai cara dalam menguliti kabin mobil mulai dari menambahkan kulit jok kemudian di jahit, mengganti lapisan asli dengan bahan baru atau hanya sekedar memberikan sarung saja. Semua cara tersebut tentu ada kelebihan dan kekuranganya, anda bisa menerapkan salah satunya menurut selera atau kebutuhan anda.
Cara Melapisi Jok Mobil
Cara Melapisi Jok Mobil

Trend saat ini para pemiliki kendaraan memilih menggunakan sarung/ cover untuk melapisi jok mobil. Selain harganya yang cukup murah, memang cara ini lebih praktis dan tidak merubah jok bawaan pabrik. Sebenarnya ada 3 cara dalam melapisi jok mobil diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Melapisi Jok Dan Trim

1. Cover atau Sarung
Cara ini sifatnya hanya melindungi jok asli dari kotoran tanpa mengurangi atau mengganti lapisan yang sudah ada. Kekuranganya tidak rapi dan setelah dipakai dalam rentang waktu 3 tahun biasanya bahan akan terlihat pecah-pecah dan getas. Kelebihanya harga lebih terjangkau. Untuk sarung jok mobil dengan penumpang 3 baris biasanya di jual dengan harga Rp 750 ribu.
2. Semi Bekleed
Cara yang kedua ini terlihat lebih rapi karena bahan tambah akan dijahit dengan jok asli.Lapisan bawaan pabrik tetap dipertahankan, jadi ketika suatu saat bahan tambah akan dilepas maka jok masih utuh dan masih terlihat "baru". Harganya memang sedikit mahal dari pada jenis cover atau sarung yakni 1 juta keatas.
3. Bekleed
Untuk cara yang ketiga ini biasanya dipillih oleh para pecinta modifikasi, karena kulit jok bawaan pabrik benar-benar akan dilepas dan diganti yang baru. Anda bisa memilih jenis dan warna bahan yang akan digunakan. Nah untuk cara yang ketiga ini biasanya di patok harga 3 jutaan itupun tergantung bahan yang digunakan. Kekkuranganya jok tidak bisa dikembalikan seperti sedia kala.

Setelah membaca 3 cara dalam melapisi jok diatas, tentu anda sudah bisa mempertimbangkan cara yang akan dipilih dalam melapisi jok mobil anda. Cara kedua dan ketiga juga bisa digunakan untuk melapisi trim misalnya pintu.

Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Bau tak sedap di dalam kabin memang membuat tidak nyaman. Bau tersebut biasanya ditimbulkan dari sisa-sisa makanan atau minuman yang tumpah di dalam kabin. Selain itu merokok di dalam kabin juga menimbulkan bau apek. Untuk menghilangkan bau tersebut sebenarnya ada cara yang sangat simple. Anda bisa melakukanya kapanpun.
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Kabin Mobil

Jika ingin secara tuntas menghilangkan bau tersebut keluarkan dulu jok dari dalam kabin. Bersihkan semua kotoran yang ada di jok. Anda bisa menggunkan alat bantu seperti sikat atau vacuum cleaner. Setelah dirasa bersih, taburkan bedak secara merata pada seluruh bagian. Kemudian jemur di bawah panas matahari selama 2 jam. Setelah itu bersihkan kembali bedak yang menempel pada jok dengan vacuum cleaner. Namun jika anda tidak mau repot-repot melepas jok, anda cukup membuka pintu mobil saja.

Dengan cara yang sama hilangkan bau apek pada karpet.Namun sebelum menaburkan bedak, kibaskan dulu karpet agar semua kotoran hilang. Jika karpet terbuat dari bahan karet, akan lebih mudah anda tinggal mencucinya saja dengan menggunakan sabun.

Nah cukup simpel bukan cara menghilangkan bau tak sedap atau apek di dalam kabin mobil? Ayo segera hilangkan bau apek di dalam mobil anda.