Rabu, 30 April 2014

Tips merawat Kopling mobil

Kopling pada mobil terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Beberapa komponen tersebut diantaranya pelat kopling atau clutch disc, kampas kopling, matahari cover clutch) yang berfungsi sebagai pegas, leher kopling (release bearing), pedal kopling, penghubung (mekanik/hidrolik). Prinsip kerjanya saat pedal ditekan maka putaran mesin tidak diteruskan ke trasmisi karena kampas kopling dan fly wheel tidak saling bersinggungan. Saat pedal dilepas maka putaran mesin akan diteruskan ke transmisi.
Tips merawat Kopling mobil

Agar kopling tetap awet maka diperlukan perawatan secara rutin dan habit mengendara yang benar. Seringkali para pengendara melakukan kebiasaan yang tidak benar sehingga mempercepat kerusakan pada kopling. Contohnya meletakan kaki diatas pedal kopling saat kendaraan berjalan, tentu hal ini akan memercepat kampas kopling, atau menginjak pedal kopling secara kasar yang akan mengakibatkan keausan pada sistem kopling. Untuk itu perhatikan cara merawat kopling mobil berikut ini agar tetap awet dan kopling selalu bekerja secara optimal.

Tips merawat Kopling Mobil Agar Awet

  1. Melakukan pengecekan pada sistem kopling secara rutin.
  2. Saat kendaraan akan berjalan gunakan gigi 1 agar kopling tidak terbebani oleh beban yang berlebihan.
  3. Saat berhenti misalnya dilampu merah, usahakan transmisi dalam keadaan netral.
  4. Jika anda menginjak kopling maka injaklah sampai full. Hal ini bertujuan agar hubungan kampas kopling dan fly wheel bisa terpisah secara sempurna.
Masalah yang sering terjadi pada sistem kopling adalah kopling selip yang disebabkan ausnya kampas kopling. Jika sudah demikian maka mesin jadi kurang bertenaga dan juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Masalah lain yang timbul biasanya kopling macet yang bisa disebabkan kabel kopling putus (mekanik) atau oli bocor (hidrolik) dan pedal kopling keras. Nah dengan melakukan hal-hal diatas setidaknya masalah-masalah yang timbul bisa diketahui sejak dini dan juga membuat kopling pada mobil anda tetap awet. 

Pedal Kopling Mobil Keras atau Berat? Ketahui Penyebabnya

Kopling merupakan komponen dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke trasmisi. Bagi pengguna matic, mungkin tidak terlalu dipusingkan ketika sedang dalam berada dalam kemacetan. Tapi bagi pengguna transmisi otomatis mungkin akan cukup menjengkelkan ketika sedang berada di kemacetan apalagi ditambah pedal kopling yang keras. Pada bagian lutut dan pergelangan kaki mungkin akan terasa pegal ketika peda koling terasa keras atau berat.
Pedal Kopling Mobil Keras atau Berat? Ketahui Penyebabnya
Pedal Kopling Mobil

Kondisi pedal kopling yang keras ini sebenarnya dipengarui oleh beberapa hal, namun sebagian besar dikarenakan kurangnya perawatan serta perilaku dalam mengemudi. Cara mengemudi yang baik sebenarnya jangan meletakan kaki diatas pedal kopling karena akan mempercepat keausan pada pelat kopling. Keausan pada pelat kopling bisa menyebabkan pedal kopling terasa keras saat di injak. Selain itu ada beberapa hal lainya yang menyebabkan pedal kopling keras diantaranya:

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras:

1. Free Play terlalu kecil

Setelan kopling yang baik adalah saat pedal kopling ditekan full, gigi transmisi bisa dipindah dengan halus. Saat pedal kopling diangkat sebelum 50 % maka mobil sudah bisa bergeral. Jika free play atau gerak bebas terlalu kecil maka jarak tekan menjadi besar sehingga pengemudi cenderung merasakan berat atau keras saat pedal kopling diinjak.

2. Pegas Kopling sudah uzur

Baik pegas koil maupun pegas diafragma yang ada di kopling jika, kondisinya sudah jelek maka tentu akan mengakibatkan pedal kopling menjadi keras. Solusinya ya harus ganti yang baru, untuk pegas diafragma atau yang juga disebut matahari kopling harganya berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

3. Release Bearing Kotor

Jika terdapat kotoran pada release bearing maka akan mengganggu pergerakanya. Solusinya bisa dengan menyemprotkan cairan anti karat secukupnya. Dengan begitu pergerakan release bearing akan lancar sehingga peda kopling akan ringan kembali.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab pedal kopling pada mobil terasa keras atau berat. Semoga informasi ini bisa membantu anda yang mengalami kejadian seperti ini. Nah agar kopling bekerja secara optimal lakukan juga perawatan kopling mobil.

Senin, 28 April 2014

Upgrade Motor Injeksi? Pasang Piggyback !

Saat ini sepeda motor telah bergeser ke era fuel injection. Hampir semua keluaran motor terbaru telah menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan tersebut. Cara kerja sistem injeksi pada sepeda motor ini adalah menggunakan sensor-sensor untuk mengetahui kondisi mesin. Data dari sensor tersebut kemudian dikirimkan ke ECU (electronic Control Unit) untuk di proses. Kemudian ECU akan memberikan perintah kepada actuator (injector, ISCV dll ) sesuai dengan kondisi mesin.
Upgrade Motor Injeksi? Pasang Piggy Back !
PiggyBack

Mengupgrade mesin injeksi dengan menaikan kapasitas silinder sah-sah saja dilakukan. Namun tanpa mengubah sistem injeksinya ya akan percuma saja. Sebagai contoh misalnya anda akan menaikan kapasitas silinder yang semula 125 cc kemudian diupgrade menjadi 200 cc, maka tanpa merubah database yang ada di ECU ya akan percuma. Pasalnya jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke silinder diatur sepenuhnya oleh ECU, sehingga jika tidak merubah database pada ECU maka bahan bakar yang disemprotkan tetap sama. Hal ini tentu menjadikan perubahan performa yang terjadi tidak terlalu signifikan. Pada sistem karburator untuk merubah suplay bahan bakar cukup mensetting karburator dengan mengganti spuyer yang ukurannya lebih besar atau mengganti karburatornya sendiri. Lau bagaimana untuk mengatur suplay bahan bakar yang masuk ke silinder pada mesin Injeksi?

Ada solusi untuk mengatur suplay bahan bakar tersebut yakni dengan memasang perangkat tambahan bernama piggyback. Piranti ini berfungsi untuk memanipulasi data yang dikirimkan sensor-sensor ke ECU. Seperti yang telah saya katakan tadi bahwa ECU mengatur jumlah bahan bakar berdasarkan kondisi mesin dengan mengkalkulasi data-data dari sensor. Maka dengan memanipulasi data sensor jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam silinder juga akan berubah. Selain mengatur suplay bahan bakar, piggyback juga bisa mengatur pengapian. Untuk pemasangan piggyback pada sepeda motor tak serumit yang dibayangkan. Setiap produk dari piggyback biasanya sudah dibekali dengan kabel body yang setiap sensornya memiliki dua soket.Sebagai contoh saat memasang throttle position sensor atau TPS maka socket pada sepeda motor diepas kemudian pasanglah socket dari piggyback. Setelah itu pasang socket yang satunya ke kabel yang akan menuju ECU. Untuk harganya memang agak mahal yakni antara 3 juta hingga 4 juta rupiah. Nah dengan adanya piggyback ini kini anda tidak usah pusing-pusing lagi mensetting suplay bahan bakar pada motor injeksi.

Jumat, 25 April 2014

Cara Setting Answer Back System (ABS) New Vario Fi

Honda New Vario Fi adalah produk terbaru dari Honda yang memiliki fitur unik, karena tidak dimiliki oleh motor-motor lainya. Sepeda motor berkapasitas 110 cc tersebut memiliki fitur ABS atau Answer Back System. Dengan adanya fitur ABS ini akan sangat membantu bagi pemilik motor untuk mencari motornya ketika sedang berada di area parkir yang cukup luas. Dengan hanya memencet tombol pada remote maka Honda New Vario Fi akan menjawab dengan teriakan dan kedipan lampu sein. Dengan demikian anda langsung bisa menemukan lokasi motor anda. Meskipun radiusnya hanya 30 meter namun sudah sangat membantu, apalagi pada saat malam hari dengan pencahanyaan yang minim.
Honda New Vario Fi
Honda New Vario Fi 

Lebih menariknya lagi fitur ABS pada Honda New Vario Fi bisa disesuaikan dengan keinginan kita baik dari volumenya maupun dari jenis nadanya. Selain itu satu sepeda motor bisa menggunakan 3 remot, sehingga anda tak perlu berebut baik dengan kakak, atau bapak ketika akan menggunakanya. Nah disini saya akan berikan cara dalam mensetting Fitur ABS ini mulai dari cara mengatur volume, mengatur nada dan meregristasi remot yang baru.
Cara Setting Answer Back System (ABS) New Vario Fi
Cara Setting Answer Back System (ABS) New Vario Fi

Cara Mengatur ABS Pada Honda New Vario Fi

1. Mode silent

Jika anda menginginkan ABS ini memakai mode silent alias tidak bersuara, caranya cukup mudah yakni dengan memutar kunci kontak pada posisi “On” dan diikuti memencet tombol pada remote selama beberapa detik. Pada remot tersebut ada sebauh lampu LED jika menyala hijau artinya bersuara sedangkan kalau menyala merah berarti dalam mode silent. Untuk mengembalikan pada mode bersuara lakukan dengan cara yang sama.

2. Mengatur Volume

Caranya adalah dengan memutar kunci kontak pada posisi “On” diikuti memencet tombol remote sebanyak dua kali kemudian putar kunci kontak pada posisi “Off”. Lakukan langkah ini sebanyak 3 kali. Kemudian setelah itu putar kunci kontak lagi ke posisi on dan memencet remote secara pelan-pelan hingga mendapatkan volume yang diinginkan.

3. Mengatur Nada

Caranya juga hampir sama dengan mengatur volume. Perbedaanya setelah kunci kontak ”On” pencet tombol remote sebanyak 3 kali. Lakukan juga sebanyak 3 kali berturut-turut. Kemudian setelah kontak “On” yang keempat pencetlah tombol pada remote untuk memilih nada.

4. Regristrasi Remote

Seperti yang telah saya katakana sebelumnya, bahwa satu Honda New Vario Fi bisa menggunakan 3 remot. Akan tetapi remot baru tidak bisa langsung dipakai, namun harus di regristrasi ke motor terlebih dahulu. Caranya masih memainkan kunci kontak dan tombol remote. Putar kunci kontak ke posisi “on” kemudian pencet tombol remote sebanyak 1 kali. Lakukan langkah ini 3 kali berturut-turut. Setelah itu putar kembali kunci kontak kemudian pencetlah tombol pada remote jumlahnya sesuai dengan urutan remote. Misal jika anda sudah memiliki satu remote sebelumnya, maka tekanlah remote yang baru ini sebanyak dua kali (remote yang kedua).

5. Reset Remote

Selain bisa regristasi remote baru, bisa juga remote tersebut di reset ulang. Hal ini berguna saat anda ingin menggunakan remote yang akan direset untuk motor lain. Caranya juga sama hanya setelah kunci on pencet remote sebanyak empat kali. Lakuakan juga langkah ini sebanyak 3 kali. Kemudian pada kontak on yang keempat pencet remote sebanyak 4 kali, maka remote sudah tidak konek lagi.

Nah demikian tadilah cara mensetting fitur ABS atau Answer Back System pada Honda New Vario Fi . Jika anda masih bingung bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Tips Mengganti Roda Mobil

Terkadang kita mengalami hal yang cukup membuat kesal ketika sedang mengendarai mobil. Di tengah perjalanan ban tiba-tiba kempes, kalau lokasinya di tengah keramaian dan dekat dengan bengkel mungkin anda tidak begitu risau. Namun apa yang terjadi jika lokasi ketika ban kempes tersebut jauh dari rumah penduduk ? apakah anda hanya akan diam saja dan berharap ada orang yang lewat dan kemudian mau membantu? Asalkan anda membawa dongkrak serta kunci roda, masalah tersebut sebenarnya sudah bisa teratasi yakni dengan menggantinya dengan ban serep.
Tips Mengganti Roda Mobil

Ilustrasi Mengganti Roda Mobil

Mengganti roda mobil sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Namun jika belum mengerti tekniknya,mungkin akan kesulitan.Nah disini saya akan sedikit memberikan tips bagaimana mengganti roda mobil dengan mudah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatanya yakni dongkrak dan kunci roda, kemudian tempatkan mobil di tempat yang datar. Yang harus diperhatikan mobil jangan di dongkrak terlebih dahulu namun kendorkan dahulu baut roda menggunakan kunci roda. Jika mobil didongkrak terlebih dahulu, nanti akan kesulitan dalam mengendorkan baut. Meskipun roda telah tertahan oleh beban mobil, terkadang kita masih kesulitan mengendorkan baut roda karena kekencangan baut tersebut. Jika dengan menggunakan kedua tangan tidak kuat, maka bantulah dengan berat tubuh anda. Caranya kedua tangan memegang salah satu ujung kunci, kemudia satu kaki menginjak ujung kunci yang lain. Tariklah salah satu ujung kunci dan ujung kunci yang lain di tekan menggunakan kaki. Dengan cara demikian maka baut roda akan mudah dikendorkan. Cara yang lain adalah dengan menggunakan bantuan pipa besi. Dengan memperpanjang lengan ayun pada kunci tersebut maka beban untuk memutar baut akan semakin ringan. Satu hal lagi yang harus diperhatikan yakni dalam mengendorkan baut harus bergantian secara menyilang. 

Jika semua baut roda sudah kendur baru angkat mobil menggunakan dongkrak. Setelah itu lepaskanlah semua baut roda diikuti melepas roda. Jika sudah pasanglah roda serep diikuti memasang baut roda. Kencangkan baut dengan cara menyilang kemudian lepaskan dongkrak. Langkah terakhir adalah mengencangkan semua baut roda sesuai standar. Nah dalam mengencangkan baut roda ini seharusnya menggunakan kunci momen, agar kekencanganya merata dan sesuai spesifikasi. Namun jika tidak ada kunci momen, pastikanlah baut roda tersebut benar-benar kencang.

Kamis, 24 April 2014

Memanaskan Mesin Di Pagi Hari, Pentingkah?

Memanaskan mesin pada pagi hari masih menjadi suatu kegiatan yang menjadi rutinitas bagi para pemilik kendaraan. Entah memang tau tujuanya atau hanya sekedar ikut-ikutan. Sebenarnya memanaskan mesin dipagi hari ini bertujuan untuk membuat mesin bekerja pada suhu kerja yakni 80-90 derajat. Selain itu juga bertujuan agar oli pelumas telah bersirkulasi dengan baik. Namun terkadang masyarakat kita sering salah kaprah, alih-alih ingin membuat mesin cepat panas malah mesin dihidupkan pada putaran tinggi. Idealnya dalam memanaskan mesin ini ya dalam keadaan stasioner atau handle gas tidak diputar. Namun dengan perkembangan teknologi seperti fuel injection saat ini, masihkah hal ini dipandang penting?
Memanaskan Mesin Di Pagi Hari, Pentingkah?
Memanaskan Mesin Di Pagi Hari, Pentingkah?

Dengan menggunakan sistem kontrol elektronik , maka kebutuhan bahan bakar sudah diatur dalam segala kondisi. Jadi sebetulnya tidak begitu penting lagi proses pemanasan mesin untuk didapatkan suhu kerja mesin. Jika anda masih ngotot untuk tetap memanaskan mesin, lakukanlah 1 menit saja. Lebih dari itu hanya akan menimbulkan dampak negatif. Dalam kondisi stasioner mesin tetap mengkonsumsi bahan bakar, jadi jika terlalu lama ya hanya membuang bahan bakar secara percuma. Selain itu ada dampak yang lebih berbahaya. Gas buang yang keluar dari knalpot, mengandung gas-gas yang berbahaya seperti HC, Nox,Co2. Jika anda memanaskan mobil dalam waktu yang lama, sementara kendaraan diam ditempat secara otomatis tempat anda akan dipenuhi oleh gas-gas beracun. Apalagi ada yang memanaskan kendaraan di dalam ruangan, tentu hal ini sangat berbahaya. 

Sebenarnya untuk suhu mesin bisa anda lihat di indikator yang ada di dashboard. Ketika jarum sudah berada di tengah, maka mobil sudah siap untuk dipakai. Pada umumnya hanya dibutuhkan beberapa detik saja waktu yang dibutuhkan jarum indikator untuk bergerak sampai tengah setelah mesin dihidupkan. Nah dengan segala pertimbangan tadi, tentu kini anda sudah mengerti bagaimana memanaskan mesin di pagi hari.

Rabu, 23 April 2014

cara mengemudi mobil di Jalan Tanjakan

Mengemudi mobil pada jalan menanjak sering ditakuti oleh beberapa orang yang baru dalam tahap belajar mengemudikan mobil. Yah hal ini cukup beralasan karena jika terjadi sesuatu saat berada di tengah-tengah tanjakan bisa saja mobil mbalik ke belakang. Kecelakaan mungkin menjadi suatu yang tidak bisa dihindari jika anda belum mempunyai teknik mengemudi pada jalan tanjakan. Apalagi kondisi jalan cukup terjal dan disertai lalu-lintas yang ramai. Tanpa disertai skil yang cukup maka ada dua kemungkinan anda menabrak kendaraan yang ada didepan atau balik ke belakang. Untuk itu disini saya sedikit memberikan tips dan juga cara mengemudi mobil pada jalan yang menanjak.
cara mengemudi mobil di Jalan Tanjakan
cara mengemudi mobil di Jalan Tanjakan


Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tanjakan

  1. Perhatikan kemiringan dari tanjakan tersebut. Jika tanjakan tidak begitu curam anda masih bisa menggunakan gigi 2 atau gigi 3. Namun tanjakan terlalu tajam gunakanlah gigi 1.
  2. Jika dalam perjalanan anda diharuskan untuk berhenti, maka ada 3 cara berhenti pada jalan yang menanjak. Ketiga cara tersebut adalah mengerem menggunakan hand rem, mengerem menggunakan rem kaki, dan berhenti menggunakan setengah kopling. 
  3. Cara yang pertama yakni menggunakan hand rem, dilakukan pada saat anda akan berhenti dalam waktu yang lama. Tariklah terlebih dahulu handle rem tangan baru kemudian pindah gigi transmisi pada posisi netral. Ketika akan mulai berjalan pindahkan terlebih dahulu gigi transmisi ke gigi 1, tekan pedal gas dan lepaskan kopling secara perlahan baru lepaskan handle rem.
  4. Cara yang kedua dalam mengemudi mobil pada jalan tanjakan yakni menggunakan rem kaki dilakukan pada saat mobil akan berhenti dalam waktu yang tidak lama. Caranya dengan menekan secara perlahan pedal koping disertai menekan pedal rem. Jika mobil akan berjalan lagi lepaskan pedal rem dan injaklah pedal gas disertai perlahan-lahan disertai melepas pedal kopling..
  5. Yang terakhir berhenti dengan setengah kopling digunakan saat anda hanya berhenti dalam waktu yang sangat singkat. Caranya adalah dengan mengkombinasikan antara pedal gas dan pedal koping.

Bagi anda yang belum mahir dalam mengemudi sebaiknya melatih diri dengan melakukan cara-cara diatas. Dengan demikian anda akan mendapatkan feel serta pengalaman yang cukup, sehingga resiko kecelakaan pada jalan yang menanjak dapat berkurang.

Selasa, 22 April 2014

5 Hal Berikut Bisa Anda Lakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas bisa dijadikan solusi ketika anda hanya mempunyai budget minim tapi menginginkan mobil yang mempunyai spesifikasi lumayan. Jika anda akan membeli mobil bekas mungkin tips membeli mobil bekas yang telah saya ulas pada artikel sebelumnya bisa anda baca terlebih dahulu. Nah setelah anda berhasil membeli sebuah mobil bekas apa yang akan anda lakukan selanjutnya? Apakah hanya didiamkan saja? 
5 Hal Berikut Bisa Anda Lakukan Setelah Membeli Mobil Bekas
ganti oli Setelah Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas salah satu kelemahanya adalah adanya kemungkinan beberapa parts yang sudah tidak layak pakai. Jika hal tersebut dibiarkan saja besar kemungkinan akan memberikan dampak yang lebih besar lagi. Berbeda jika anda membeli mobil baru, ketika sudah dibeli yang tinggal dipakai saja. Untuk itu agar mobil anda tetap dalam kondisi prima, lakukanlah beberapa hal berikut ini setelah membeli mobil bekas:

Perawatan Setelah Membeli Mobil Bekas

1. Ganti Oli

Jika tidak ada track record perawatan yang terpercaya pada mobil tersebut, maka kita tidak tau secara pastinya kapan terakhir kalinya mobil tersebut ganti oli. Sebenarnya anda bisa mengecek dari kondisi oli pelumas ini mulai dari kekentalanya, warnanya, dan kotoran yang ada pada oli tersebut. Namun alangkah lebih baik jika anda mengganti dengan yang baru. Lakukanlah penggantian oli baik oli mesin, transmisi atau garden.

2. Spooring dan Balancing

Spooring bertujuan untuk menyesuaikan kembali sudut pada roda depan, sedangkan balancing bertujuan agar putaran roda lebih stabil. Dengan melakukan spooring dan balancing maka mobil anda akan lebih nyaman lagi untuk dikendarai. Untuk melakukan hal ini tentu anda harus membawa membawa mobil anda ke bengkel.

3. Pemeriksaan Secara menyeluruh

Lakukanlah pemeriksaan semua komponen terutama pada mesin seperti kondisi busi, minyak rem, kebocoran sistem pendingin, kondisi sistem kelistrikan dan juga kampas rem maupun kampas kopling. Untuk melakan ini sebaiknya anda bawa ke bengkel kepercayaan anda yang juga telah berpengalaman agar kerusakan sekecil apapun bisa terdeteksi.

4. Timing Belt

Sama halnya dengan oli pelumas, timing belt juga harus diganti secara periodik. Biasanya penggantian timing belt dilakukan setiap 45.000 hingga 50.000 Km. Hal ini penting dilakukan agar kondisi timing belt tetap terjaga. Timing belt merupakan penghubung antara putaran mesin dari poros engkol dengan mekanisme katup. Jika timing belt ini putus maka akibatnya fatal, mesin otomatis akan mati dan bisa saja seher tumbukan dengan klep. Ujung-ujungnya anda harus mengeluarkan kocek yang lebih dalam lagi untuk mengganti sejumlah komponen.

5. Penambahan Aksesoris

Jika hal-hal penting diatas sudah anda lakukan, kini anda bisa memulai untuk memikirkan aksesoris yang akan dipasang pada mobil anda. Hal-hal seperti mengganti kulit jok, kaca film atau menambah audio bisa anda lakukan. Dan jika masih mempunyai budget lagi, mengecet ulang mobil bisa dilakukan jika kondisi cat sudah kusam.

Itulah 5 hal yang bisa anda lakukan setelah membeli mobil bekas. Yang paling penting adalah pastikan kondisi mesin dalam keadaan fit serta pastikan juga hal-hal yang berkaitan dengan keamanan dalam mengemudi.

Senin, 21 April 2014

Ragam Alat Pengaman Anti Maling Untuk Mobil Anda

Pencurian mobil tetap saja kerap terjadi, mesikipun hukuman penjara ditetapkan bagi setiap pelakunya. Berbagai upaya dilakukan oleh pencuri untuk mengelabuhi sang pemilik mobil. Semakin hari modus pencurian mobil pun semakin berkembang. Untuk itu setiap pemilik mobil dituntut untuk lebih waspada. Namun sering kali para pemilik mobil lengah karena aktifitasnya, atau semakin canggihnya si pencuri dalam mengelabuhi pemilik mobil sehingga pencurian masih saja terjadi. Nah untuk itu agar memberikan rasa aman yang lebih kepada mobil anda dari tangan pencuri disarankan untuk menggunakan alat pengaman tambahan. Alat pengaman anti maling ini bermacam-macam dari yang sederhana hingga yang menggunakan teknologi terkini.
Ragam Alat Pengaman Anti Maling Untuk Mobil Anda
Anti Maling

Sebenarnya setiap mobil terutama keluaran terbaru sudah dilengkapi beberapa peralatan atau aksesoris anti maling. Namun hal tersebut masih dirasa kurang karena semakin pintarnya pencuri mobil saat ini. Untuk itu akan lebih baik jika menggunakan alat pengaman anti maling tambahan. Berikut ini beberapa jenis alat pengaman tambahan yang bisa anda aplikasikan pada mobil anda


Alat Pengaman Anti Maling Pada Mobil

1. Kunci Setir

Dimulai dari yang paling sederhana, piranti ini dapat anda dapatkan di took aksesoris dengan rentang harga rp 400 ribu hingga rp 1 juta. Cara pemasanganya cukup mudah tinggal memasang melintang pada setir atau roda kemudi agar tidak bisa bergerak. Dewasa ini perangkat ini juga dikembangkan pada roda dan pedal.

2. Alarm Mobil

Mungkin perangkat anti maling yang satu ini adalah yang paling popular. Tapi yang menjadi pertimbangan adalah meskipun tidak disentuh maling, alarm sering berbunyi, hal ini membuat orang yang mendengarkan alarm anti maling ini sudah biasa sehingga tidak begitu peduli.

3. Immobilizer

Beberapa mobil terbaru sudah dilengkapi dengan fitur ini. Immobilizer bekerja secara elektronik yaitu dengan mencocokan kode pada kunci dan kode yang tersimpan pada perangkat mobil. Dengan demikian mesin tidak akan menyala jika menggunakan kunci yang berbeda. Jika mobil anda belum dilengkapi dengan immobilizer, andapun bisa memasangnya. Namun ada syaratnya yakni mobil anda harus sudah menggunakan sistem control elektronil. Untuk satu set immbilizer beserta pemasanganya biasanya dijual dengan harga Rp 500 ribuan.

4. Pelacak GPS

Inilah perangkat anti maling pada mobil yang terbaru. Sebuah peralatan khusus terpasang pada mobil yang terhubung dengan satelit. Posisi mobil dapat diketahui dari satelit tersebut karena mendapatkan sinyal dari peralatan yang terpasang di mobil. Pada model terbaru, anda bisa mematikan mobil hanya dengan menelpon atau mengirim pesan menggunakan handphone. 

Nah itu tadilah jenis-jenis dari peralatan anti maling yang bisa diterapkan pada mobil anda. Akan lebih baik apabila anda menggunakan peralatan pengaman anti maling lebih dari satu. Dengan demikian maraknya pencurian mobil yang terjadi dapat berkurang

Minggu, 20 April 2014

Apasih Keunggulan Lampu HID Pada Mobil ?

Lampu HID atau High Intensity Discharge sekarang ini banyak digunakan di kendaraan-kendaraan terutama mobil. Memang untuk harga lampu HID ini lumayan mahal namun sepadan dengan intensitas cahaya yang dihasilkan. Dalam keadaan yang super gelap,lampu jenis ini akan bermanfaat bagi pengenderanya. Namun taukah anda selain memiliki pencahaaan yang lebih lampu HID ini memiliki kelebihan lainya.
Apasih Keunggulan Lampu HID Pada Mobil ?
Lampu HID 

Keunggulan lampu HID lainya adalah menghemat batteray atau aki. Yah hal ini dikarenakan daya yang dibutuhkan oleh lampu HID jauh lebih rendah. Sebagai contoh untuk lampu 60/55 watt jika diganti dengan lampu HID dengan daya 35 watt sudah dihasilkan pencahayaan yang setara bahkan lebih terang lampu HID. Karena daya yang digunakan untuk lampu lebih kecil maka secara otomatis pemakaian listrik pun berkurang. Dengan demikian masa pakai dari aki atau baterai juga lebih lama dengan catatan sistem pengisian tidak terjadi masalah. Selain itu lampu HID juga mempunyai usia pakai yang lebih panjang dibanding lampu biasa. Penggunaan lampu HID bisa lebih dari 4000 jam apabila didukung dengan sistem kelistrikan yang tidak bermasalah.

Jadi secara garis besar lampu HID ini mempunyai tiga keunggulan dibanding lampu biasa. Ketiga keunggulan tersebut adalah usia pakai lampu yang lebih lama, intensitas cahaya yang jauh lebih terang, serta daya yang digunakan lebih kecil. Dengan keunggulan tersebut maka tak heran Lampu HID menjadi tren di dunia otomotif dewasa ini. Apalagi lampu HID ini bisa diaplikasikan pada segala merek ataupun jenis mobil. Bahkan sekarang penggunaan Lampu HID ini sudah merambah ke sepeda motor. Mungkin yang jadi pertimbangan adalah harga lampu HID ini yang terbilang lumayan mahal.

Sabtu, 19 April 2014

Yuk Ganti Air Radiator Vario 125 Sendiri, Mudah kok

Vario 125 adalah motor matic yang memakai sistem pendinginan cairan. Dengan menggunakan sistem ini tentu lebih efektif ketika berada dalam kemacetan dibanding sistem pendingin udara. Cairan pendingin atau yang disebut coolant akan bersirkulasi didalam mesin untuk menyerap panas dan kemudian dilepaskan keudara di radiator dengan bantuan kipas. Berbeda dengan sistem pendingin udara yang tidak memerlukan perawatan berkala, pada sistem pendingin cairan ini perlu dilakukan perawatan secara berkala terutama pada air radiator atau coolant.
Cara Mengganti Air Radiator Vario 125

Penggantian air radiator pada motor vario 125 ini disarankan setiap 24 ribu kilo meter. Karena setelah pemakaian yang cukup lama bisa saja kualitas air pendingin tersebut berkurang. Jika ini terjadi tentu berdampak pada kurang optimalnya sistem pendinginan yang akan berdampak pada mesin terjadi overheat. Tak sulit untuk menguras air pada radiator Vario 125 dan kemudian mengganti coolant dengan yang baru. Jika memang anda belum pernah melakukanya, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Mengganti Air Radiator Vario 125

1. Siapkan terlebih dahulu 2 buah botol coolant 500 ml

Cairan pendingin atau coolant ini dapat anda dapatkan di Bengkel Resmi Honda seharga Rp 20 ribu untuk setiap botolnya. Saya sarankan untuk memilih yang asli dari Honda karena sudah dilengkapi dengan anti karat

2. Buka Cover Radiator

Cara Mengganti Air Radiator Vario 125
Mengganti Air Radiator Vario 125
Dengan menggunakan kunci T-8 lepas baut pengunci cover radiator Vario 125. Siapkan terlebih dahulu wadah untuk menampung air radiator yang akan dikuras baru kemudian lepaskan baut pembuangan dengan menggunakan kunci bintang 5. Jangan lupa lepaskan tutup radiator agar airnya lancar mengalir

3. Isikan air radiator atau coolant yang baru

Setelah air radiator terkuras habis, pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan coolant sampai penuh. Setelah itu pasang kembali tutup radiator.

4. Isi reservoir tank atau tabung cadangan dengan coolant

Yang perlu diperhatikan adalah batas ketinggian dalam tabung cadangan. Usahakan tidak melebihi batas upper pada tabung cadangan tersebut.

Gimana sudah jelas ? kini anda tidak perlu membawa ke bengkel untuk mengganti air radiator Vario 125 anda karena untuk penggantianya cukup simple bukan. Nah semoga info ini bisa berguna jika ada pertanyaan bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Kamis, 17 April 2014

Bore up Satria F 150 Jadi 200 cc

Satria F 150 bisa dikatakan motor tersukses untuk produk dari Suzuki. Meskipun setiap tahunya hadir motor-motor baru dengan berbagai teknologi dan fitur terbaru, namun Suzuki Satria F 150 ini tetap memiliki pasar tersendiri. Dengan kapasitas 150 cc dan teknologi DOHC dengan 4 katup, motor ini sebenarnya sudah memiliki power yang besar. Motor underbone yang pertama kali muncul tahun 2004 silam tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 11.7 kw (16.0 PS) pada putaran 9.500 rpm. Dengan daya sebesar itu saya kira sudah cukup untuk melintasi jalanan yang ada di Indonesia. Namun bagi para pecinta modifikasi khususnya kaum muda selalu saja kurang puas dengan spesifikasi bawaan pabrik. Berbagai carapun dilakukan untuk mendongkrak performa Satria FU. Jika anda adalah salah satunya mungkin cara ini bisa anda lakukan.

Untuk didapatkan kapasitas sebesar 200 cc maka perlu dilakukan Bore up pada Satria F 150. Piston bawaan pabrik disingkirkan dan diganti piston 68 mm eliminator. Namun jika hanya dengan mengganti piston saja maka belum didapatkan kapasitas sebesar 200 cc. Untuk itu perlu dilakukan stroke up. Cukup hanya dengan 3 mm maka secara otomatis langkah piston akan bertambah sepanjang 6 mm. Langkah piston standar pada satria Fu adalah 48,8 mm sehingga akan menjadi 54,8 mm. Dengan demikian kapasitas akan membengkak menjadi 198,9 cc. 

Kapasitas besar namun jika tidak didukung dengan pasokan bahan bakar yang memadai ya Cuma mubadzir. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian pada klep dan noken asnya. Anda bisa membeli noken as baru atau mengcustumnya sendiri, yang jelas usahakan durasinya 260 derajat. Klep standar yang hanya berdiameter 22 mm dan 19 mm perlu diganti dengan diameter 25 mm dan 22 mm. Agar lebih maksimal sector pengapian juga perlu diperhatikan. Penggunaan busi iridium dan CDI racing akan membuat api lebih optimal sehingga pembakaran akan lebih sempurna. Nah demikianlah cara bore up Satria F 150 ini agar kapasitasnya bisa mencapai 200 cc

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Salah Pilih

Meskipun saat ini banyak beredar mobil LCGC atau Low Cast Green Car yang dibanderol dibawah 100 juta, namun peminat mobil bekas ternyata masih tinggi. Alasan utamanya karena dengan harga yang sama didapatkan spesifikasi yang lebih tinggi meskipun dalam kondisi bekas. Memilih mobil bekas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bisa saja jika dilihat dari tampilan luarnya terlihat mulus namun ternyata setelah dipakai terdapat beberapa kerusakan. Bukanya dapat harga murah, tapi justru harus mengeluarkan kocek yang banyak untuk perbaikan mobil tersebut. Oleh karena kejelian sangat dituntut dalam membeli sebuah mobil bekas. 
Tips Membeli Mobil Bekas
ilustrasi Membeli Mobil Bekas

Untuk membeli mobil bekas sekarang ini bisa dikatakan sangat mudah. Hal ini dikarenakan informasi yang sangat mudah didapatkan seperti melalui jejaring social atau situs jual beli online selain datang langsung ke delaer mobil bekas. Karena anda ingin membeli mobil bekas yang notabene telah digunakan orang lain sebelumnya maka hal yang harus anda ketahui adalah segala informasi terkait dengan mobil tersebut. Berbeda jika membeli mobil baru yang kondisinya sudah di jamin oleh setiap pabrik pembuatnya. Nah untuk itu disini saya akan sedikit memberikan tips untuk anda yang akan membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Mencari tahu harga mobil yang akan anda beli

Agar tidak tertipu oleh si penjual maka hal ini wajib anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Penjual bisa saja menjual mobilnya dengan harga semau dia. Jika anda tidak tau harga dipasaran, maka anda bisa-bisa ditipu habis-habisan. Untuk mencari informasi harga mobil yang akan anda beli anda bisa mengeceknya di situs jual beli, bertanya pada teman, membaca iklan yang ada di Koran dan lainya.

2. Bersabar

Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang relative murah kuncinya adalah bersabar. Carilah sebanyak-banyaknya informasi tentang mobil bekas yang ingin anda beli. Setelah mendapatkan informasi yang cukup barulah anda bandingkan baik dari sisi harga maupun kondisinya.

3. Jangan percaya langsung dengan si penjual

Jika anda membeli dari seorang makelar sebaiknya jangan langsung percaya dengan apa yang ia ucapkan. Terkadang si penjual hanya membecirakan tentang sisi positifnya atau kelebihanya tanpa mengutarakan hal negative tentang mobil tersebut. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan beberapa penjual juga jujur tentang kondisi mobil bekas yang ia jual. Intinya anda harus mengecek sendiri secara langsung. Jika anda tidak tau tentang mobil sebaiknya mengajak teman yang sudah ahli atau yang berpengalaman dibidang tersebut.

4. Periksa kondisi body mobil tersebut

Periksalah mulai dari warna cat, perhatikan apakah ada cat yang belang (ada satu bagian yang warnanya atau kecerahanya berbeda). Jika didapatkan kondisi demikian kemungkinan mobil tersebut pernah dicat ulang akibat bersenggolan atau tabrakan dengan kendaraan lain. Rasakan juga dengan sentuhan jari apakah ada bagian yang bergelombang atau tidak.

5. Periksa Kondisi Mesin

Bukalah kap mesin dan periksalah secara visual apakah ada kebocoran baik dari oli pelumas maupun cairan pendingin. 

6. Lakukan Test Drive

Ketika anda ingin membeli mobil bekas usahakanlah untuk bisa melakukan test drive. Lakukanlah dengan jalan yang bervariasi dan rasakan. Dengan test drive ini setidaknya bisa mendeteksi jika terdapat kerusakan.

7. Periksa kelengkapan dokumen

Mintalah kepada penjual untuk menunjukan dokumen mobil tersebut mulai dari BPKB, STNK, faktur pembelian dan dokumen lainya.

Setidaknya ada 7 hal yang bisa anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Dengan melakukan tips-tips diatas semoga anda bisa membeli mobil bekas sesuai dengan keinginan anda. Nah setelah membeli mobil bekas, ada baiknya anda juga memperhatikan hal-hal yang dilakukan setelah membeli mobil bekas.

Senin, 14 April 2014

Mobil Lebih Sporty Dengan Stiker Carbon 3D

Cara agar mobil lebih sporty biasaya dilakukan dengan menambah bahan berserat karbon pada bagian-bagian tertentu salah satunya pada bagian kap mesin. Namun anda harus mengeluarkan kocek lumayan besar. Untuk di kap mesin biasanya dipatok dengan harga Rp 4,5 jutaan. Namun kini ada alternatif lain yang harganya jauh lebih murah yakni dengan menggunakan stiker carbon 3D.
Mobil Lebih Sporty Dengan Stiker Carbon 3D
Mobil Lebih Sporty Dengan Stiker Carbon 3D

Stiker Carbon 3D ini jika dibanding dengan yang berbahan oracal jauh lebih tebal. Oleh karena itu harganyapun lebih mahal. Untuk 1 meter stiker carbon 3D biasanya dijual sekitar Rp 150.000,-. Jika anda ingin menerapkanya di kap mesin harganya ya sekitar Rp 250 ribuan. Stiker Carbon 3D ini berbahan PVC sehingga teksturnya lunak dan elastis. Andapun sebenarnya bisa memasanganya sendiri dengan bantuan hair dryer. Stiker jenis ini mudah untuk dipotong dan ketika ketika sudah tertempel dan dikletek kembali tidak menimbulkan bekas. Berbeda dengan skotlet yang biasanya menimbulkan gelembung-gelembung udara, stiker carbon 3D ini sangat mudah menghilangkan jika terjadi gelembung udara. Jika anda ingin mengaplikasikanya sendiri berikut langkah-langakah memasang stiker carbon 3D pada kap mesin:

Cara Memasang Stiker Carbon 3D:

  1. Pertama-tama semprotkan alcohol dan air ke permukaan kap untuk menghilangkan segala kotoran yang menempel. Hal ini juga akan menambah daya rekat stiker carbon 3D
  2. Gunakan perekat primer yang biasanya disertakan dalam setiap pembelian stiker carbon 3D pada setiap lekukan dan ujung kap. Hal ini untuk memperkuat penempelan stiker pada bagian lekukan.
  3. Gunakan bantuan isolasi agar stiker carbon 3D tidak bergeser ketika akan dilakukan pemotongan.
  4. Potonglah stiker sesuai dengan ukuran kap mesin dan sisakan 5 atau 10 cm dari batas ukuran kap. 
  5. Mulailah penempelan stiker dengan memotong kertas pelapis dari bagian tengah.
  6. Tarik stiker dan ratakan secara perlahan-lahan. Lakukanlah penekanan dengan searah pada stiker carbon 3D yang telah menempel.
  7. Pada bagian lekukan, gunakan hair dryer agar stiker lebih elastis sehingga mudah mengikuti alur atau lekukan.
  8. Jika semua bagian sudah tertempel dengan rapi, lipatlah bagian yang disisakan 5 atau 10 cm tadi ke bagian bawah kap.
Pemasangan Stiker Carbon 3D
Pemasangan Stiker Carbon 3D

Nah dengan menggunakan stiker Carbon 3D ini kini mobil anda terlihat lebih sporty tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Minggu, 13 April 2014

Inilah Cara Menyetel Klep Satria F 150

Klep atau katup dalam sebuah mesin pembakaran dalam berfungsi sebagai pengatur masuknya campuran bahan bakar dan keluarnya gas hasil pembakaran. Celah antara katup dengan dan pematuk perlu disesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Biasanya pada sepeda motor celah katupnya adalah 0,05 mm hingga 0,15 mm. Untuk mengukurnya dibutuhkan alat yang bernama feeler gauge. Lalu apa akibatnya jika celah tersebut terlalu besar atau terlalu kecil? Secara logika jika misalnya celah katup masuk terlalu besar maka akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menekan katup sehingga katup terlambat membuka akibatnya jumlah campuran bahan bakar yang masuk kurang dari seharusnya. Dan kasus ini bisa ditengarai dengan suara gemercik dari bagian atas mesin (kepala silinder). Sedangkan sebaliknya jika katup masuk terlalu sempit maka pada saat proses pembuangan gas buang bisa masuk ke intake manifold dan bisa ditengarai dengan warna hitam pada intake manifoldnya. Intinya jika celah katup tidak tepat berdampak pada performa mesin yang dihasilkan.
Cara Menyetel Klep Satria F 150
shim penyetel Klep Satria F 150 

Sebagian besar konstruksi katup pada sepeda motor menggunakan rocker arm sehingga penyetelanya dengan mengendurkan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Namun ada juga yang menggunakan shim untuk melakukan penyetelah celah katup salah satunya pada Satria F 150. Nah shim tersebut mempunyai ketebalan yang berbeda-beda tinggal disesuaikan pada kebutuhan. Misalnya jika digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring mungkin lebih baik menggunakan celah yang lebih renggang karena tarikanya akan lebih enteng. Untuk menentukan ukuran shim yang akan digunakan bisa melihat pada table berikut ini:
Cara Menyetel Klep Satria F 150

Cara menyetel Celah Katup Satria FU

  1. Lepaskan tutup kepala silinder dengan melepas baut berjumlah 4
  2. Posisikan piston pada TMA (titik mati atas) dan dalam kondisi kompresi yang ditengarai dengan kedua katup dalam kondisi bebas. Pastikan juga lubang blok magnet tepat pada tanda T.
  3. Siapkan feeler gauge dan ukur celahnya dengan menyisipkanya dibawah noken as.
    Cara Menyetel Klep Satria F 150
    Mengukur Celah Klep Satria F 150 
  4. Pada celah katup Satria F 150 standar adalah 0,1-0,2 mm untuk katup in dan 0,2-0,3 untuk katup ex (mesin dalam keadaan dingin)
  5. Jika didapatkan celah yang tidak sesuai lepaskan rumah shim dan noken asnya. Perhatikan angka yang tertera pada shim kemudian gantilah dengan yang sesuai.
  6. Sebagai contoh misalnya celah terukur 0,05 sedangkan standarnya adalah 0,1 dan shim yang digunakan berukuran 1.80, maka agar celah menjadi 0,1 shim diganti dengan ukuran 1.75.
Cukup mudah bukan menyetel klep Satria FU? Konstruksi katup seperti pada Satria F 150 ini memang lebih mudah dalam penyetelahnya selain itu celah lebih tahan terhadap perubahan . 

Sabtu, 12 April 2014

Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri

Kopling merupakan sebuah komponen yang ada di kendaraan dan berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi. Salah satu komponen pada kopling adalah kampas kopling. Karena komponen yang satu ini selalu bergesekan maka seiring berjalanya waktu akan aus. Keausan pada kampas kopling berdampak pada hilangnya tenaga atau lost power. Hal ini dikarenakan putaran dari mesin tidak sepenuhnya diteruskan ke transmisi karena selip akibat keausan pada kampas kopling tersebut. Nah salah satu ciri bahwa kampas kopling telah aus adalah tarikan mesin terasa “nggembos” pada putaran tinggi. Jika kampas kopling motor anda sudah tipis maka segeralah diganti. Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat atau bisa menggantinya sendiri dengan cara berikut
Yuk Ganti Kampas Kopling Motor Sendiri
Kampas Kopling Motor

Mengganti kampas kopling motor sebenarnya cukup mudah. Pertama keluarkan dulu oli dengan cara membuka baut tap. Setelah oli terkuras habis lepaskan bak kopling dengan menggunakan kunci T (biasanya T-10). Namun sebelumnya lepaskan terlebih dahulu kick stareter dengan melepas baut penguncinya. Setelah bak kopling terlepas maka akan terlihat dua lingkaran yaitu kopling utama dan kopling ganda (kopling sentrifugal) (pada motor bebek). Untuk melepas perangkat pemindah daya ini cukup dengan melepas baut pengikatnya yang biasanya berjumlah 4 atau 6 buah. Setelah baut tersebut terlepas maka rangkaian yang terdiri dari pegas atau per, mangkuk penekan, plat penekan beserta kampas koplingnya sudah terurai. 

Namun yang harus diperhatikan adalah cara melepas baut pengikat tersebut. Karena baut ini tertekan oleh pegas maka jika tidak dilakukan dengan benar, besar kemungkinan baut akan dol. Bahkan bisa saja baut akan patah. Caranya sebenarnya cukup simple yakni dengan mengendurkan baut-baut ini secara merata artinya tidak dilepas satu persatu. Kendurkan satu baut dulu (sedikit saja) kemudian kendurkan baut berikutnya secara menyilang. Dengan demikian kekuatan pegas yang menekan baut baut tersebut tidak berat sebelah. Nah setelah semua baut terlepas perhatikan konstruksinya agar dalam pemasangan nanti tidak kesulitan. Kemudian tinggal mengganti kampas kopling dengan kampas kopling baru.

Rabu, 09 April 2014

Pengen Ganti Ban Yamaha Byson Dengan Ukuran Besar? Begini Caranya

Yamaha Byson merupakan generasi motor jenis street fighter besutan Yamaha. Bodynya terlihat begitu kekar ditambah kaki-kaki yang atletis dengan aplikasi ban yang berukuran cukup besar. Yamaha byson ini terlihat makin sporty dengan tambahan sockbreker berdiameter 41 mm.
Pengen Ganti Ban Yamaha Byson Dengan Ukuran Besar? Begini Caranya
Yamaha Byson dengan ban besar

Ban standar Yamaha Byson sebenarnya sudah lumayan besar yakni 120/70.Meskipun demikian masih saja para pemiliki motor berkapasitas 150 cc ini kurang puas dengan ukuran ban yang digunakan. Maka dari itu banyak pemilik Yamaha Byson mengganti ban standar dengan ban berukuran besar. Kalau hanya mengganti ban yang mempunyai lebar 160 saja tidak usah mengubah komponen lain. Namun jika menggunakan ban yang mempunyai lebar hingga 200 maka swing arm harus disesuaikan. Swing arm standar hanya mampu menampung ban sampai mentok 160, sedangkan jika diganti dengan swing arm almunium bisa mencapai 200. Banyak swing arm almunium yang dijual dipasaran salah satunya swing arm berlabel RD Racing Arm.

Pengen Ganti Ban Yamaha Byson Dengan Ukuran Besar? Begini Caranya
melepas as swing arm yamaha byson
Jadi agar ban yang berukuran besar bisa masuk, solusinya ya harus ganti swing arm. Pemasangan swing arm ini sebenarnya cukup mudah karena langsung plug and play. Namun rantai harus disesuaikan lagi karena rantai standar panjangnya tidak mencukupi. Rantai bawaan Yamaha Byson ini terpasang mati alias tidak ada sambunganya, jadi sebaiknya diganti dengan yang baru agar terjamin kekuatanya. Untuk pemasangan swing arm, pertama lepaskan dulu roda belakang dengan menggunakan kunci 19 dan 17. Kemudian dilanjutkan dengan melepas monoshock dari swing arm memakai kunci 19 mm. Terakhir melepas as swing arm menggunakan kunci shock 17 mm. Nah karena rantai juga akan diganti, maka anda juga harus melepas cover gir depan dengan menggunakan T-10.

Meskipun pemasanganya cukup mudah, namun uang untuk menebus satu buah swing arm alumunium ini cukup mahal. Dipasaran swing arm almunium dengan merek RD Racing Arm ini berkisar 1, 7 juta. Namun bagi anda yang mempunyai kocek tebal tentu bukan menjadi masalah. Nah dengan mengganti swing arm almunium ini, maka ban berukuran jumbo pun bisa masuk sehingga Yamaha Byson milik anda kian terlihat gagah.

Selasa, 08 April 2014

Bore Up Vario 125 Jadi 170 CC Aman Untuk Harian

Bore Up Vario 125-Siapa bilang motor injeksi susah diotak-atik mesinya untuk sekedar meningkatkan performa. Buktinya saat ini skutik-skutik berinjeksi banyak dijumpai di arena balap. Salah satu skutik dengan teknologi injeksi yang sering di upgrade performanya adalah Vario 125. Honda vario 125 ini dijual dengan dua variant yakni versi standard an versi ISS. Perbedaan dari keduanya terletak pada striping, speedometer serta teknologi ISS itu sendiri. ISS atau Idling Stop System adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kendaraan anda mati secara otomatis beberapa detik saat posisi idle. Untuk menghidupkanya kembali cukup dengan memutar handle gas. Jika anda salah satu pemilik Honda Vario 125 anda bisa melakukan upgrade performanya melalui langkah-langkah berikut ini. Bahkan Vario 125 ini bisa di bore up hingga 170 cc dan bisa digunakan untuk harian bahkan untuk touring.
Bore Up Vario 125 Jadi 170 CC Aman Untuk Harian
Bore Up Vario 125 Jadi 170 CC Aman Untuk Harian

Bore up pada vario 125 untuk harian memang tidak mengubah secara ekstrim. Untuk menambah kapasitas ruang bakar salah satunya dengan mengganti blok mesin dan seher aftermarket berdiameter 61 mm. Dengan hanya penggantian dua komponen tersebut kapasitas mesin sudah membengkak menjadi 170 cc. Karena ruang bakar semakin besar maka injektor sebagai pemasok bahan bakar juga perlu disesuaikan. Alternatifnya bisa menggunakan injector milik Honda PCX 150. 

Selanjutnya masuk ke sector CVT. Agar pada tarikan lebih enteng roller perlu diganti, bisa menggunakan roller besutan TDR dengan berat 15 gr. Puli depan diganti dengan yang memiliki kemiringan agak tirus, alternatifnya bisa menggunakan puli merek SPS. Per CVT milik Honda Beat bisa diaplikasikan guna menahan kampas kopling ganda. Terakhir untuk memperlancar aliran gas buang, knalpot berlabel tsukigi bisa diaplikasikan pada Vario 170 cc anda. Dengan perubahan tersebut tenaga yang dihasilkan vario yang awalnya berkapasitas 125 cc inipun terdongkrak cukup besar. Tenaga yang awalnya hanya 9 dk pada putaran 8.900 rpm kini naik menjadi 12,99 dk pada putaran 7.700 rpm. Torsi maksimum yang dihasilkan pun bertamabah yakni dari 8,54 pada putaran 5.700 rpm menjadi 12,92 Nm pada putaran 5.800 rpm. Demikianlah cara bore up vario 125 yang aman untuk harian.

Senin, 07 April 2014

Penyebab Dan Cara Mencegah Mesin Overheating (Terlalu Panas)

Panas yang berlebihan pada sebuah mesin atau yang disebut dengan overheating merupakan sebuah fenomena yang kerap terjadi pada sebuah kendaraan dengan mesin pembakaran dalam. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya sistem pendinginan.  Pada kendaraan baik itu beroda dua maupun roda empat memiliki dua jenis sistem pendinginan yaitu sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan cairan. Sistem pendinginan berfungsi untuk menjaga mesin agar berada pada suhu kerja mesin yakni sekitar 90 derajat celcius. Jika terdapat gangguan pada sistem pendingan ini tentu mengakibatkan panas yang dihasilkan dari proses pembakaran tidak diserap secara optimal, imbasnya mesin mengalami overheating.
Cara Mencegah Mesin Terlalu Panas (Over Heating)
 Mesin Terlalu Panas (Over Heating)

Mesin yang terlalu panas atau overheating memiliki dampak yang signifikan. Telah kita ketahui bersama bahwa sebuah logam akan memuai jika dipanaskan. Hal ini tentu juga berlaku pada sebuah mesin yang komponen-komponenya berbahan dasar logam. Beberapa kejadian yang ditimbulkan akibat over heating diantaranya kepala silinder bengkok, kompresi bocor, air pendingin masuk ke ruang bakar, dan lainya. Pada sebuah mobil, idealnya sudah diberi indikator yang menunjukan mesin bekerja pada suhu yang normal atau sudah mengalami over heating. Jika mesin mengalami over heating yang biasanya ditunjukan dengan jarum pada indikator tersebut berada pada warna merah, maka segeralah membawa kendaraan anda ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan yang ditimbulkan akibat over heating. Nah dibawah ini adalah beberapa penyebab dan cara mencegahnya agar kendaraan anda terhindar dari overheating.

1. Bersihkan Sirip-Sirip Pendingin Mesin
Sepeda motor sebagian besar menggunakan sistem pendingin udara. Cirinya adalah adanya sirip-sirip pendingin pada mesinnya. Sirip-sirip pendingin tersebut berfungsi untuk memperluas permukaan sehingga proses penyaluran panas ke udara bisa berjalan secara optimal. Nah jika sirip sirip pendingin tersebut kotor tentu anda sudah mengetahui dampaknya. Untuk itu bersihkanlah sirip-sirip pendingin ini dari kotoran.

2. Mengecek Kebocoran pada Sistem Pendingin
Idealnya untuk mengecek kebocoran ini menggunakan sebuah alat yang bernama radiator tester. Namun jika anda tidak memilikinya anda bisa mengeceknya secara visual. 

3. Cek Kondisi Radiator
Radiator berfungsi untuk mendinginkan air pendingin yang telah bersirkulasi di dalam mesin. Untuk itu lakukanlah pengecekan pada radiator ini mulai dari kebocoran, kondisi sirip-sirip pendingin dan pastikan kipas radiator berfungsi dengan baik.

4. Cek kondisi Tutup Radiator
Jangan meremehkan komponen yang satu ini. Meskipun terkesan sepele dan bentuknya yang kecil namun peranya didalam sistem pendingin cukup vital. Didalam tutup radiator ini memiliki dua katup yakni katup relief dan katup vakum. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda yaitu pada saat mesin panas dan mesin dingin. Saat mesin panas katup relief berfungsi menyalurkan air pendingin yang memuai akibat panas ke tabung reservoir, dan begitu sebaliknya dengan katup vakum. Jika terjadi kerusakan pada katup ini bisa saja menyebabkan jebolnya sistem pendinginan akibat tekanan yang begitu tinggi.

5. Gunakan Water Coolant
Untuk menjaga agar proses pendinginan berjalan dengan baik, jangan mengganti air pendingin dengan air mineral. Gunakanlah water coolant yang banyak dijual dipasaran. Serta pastikan penggantianya secara berkala.

6. Cek Kondisi Oli Pelumas
Meskipun peranya tidak begitu vital dalam sistem pendinginan, namun sebaiknya ceklah kondisinya mulai dari warna, kekentalan dan penggantian secara teratur. Pastikan juga distribusi oli didalam mesin berjalan dengan baik.

Nah setidaknya keenam hal tersebutlah yang bisa anda lakukan untuk mencegah mesin mengalami overheating. Terakhir, lebih baik mencegah dari pada harus mengeluarkan jutaan rupiah untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat over heating atau panas yang berlebihan.

Sabtu, 05 April 2014

Ganti Bohlam Motor Dengan Bohlam Mobil, Solusi Agar Lebih Hemat

Ganti Bohlam Motor-Sepeda Motor Keluaran terbaru banyak yang menggunakan bohlam tipe h4. Perlu anda ketahui bahwa bohlam tipe h4 ini sudah familiar terlebih dahulu di mobil. Bentuknya pun sama persis karena sama-sama tipe H4. Beberapa motor yang menggunakan bohlam H4 diantaranya ninja RR mono, CB150R hingga Estrellia.
Ganti Bohlam Motor Dengan Bohlam Mobil, Solusi Agar Lebih Hemat
bohlam tipe h4

Namun sebagian pemilik kendaraan mengeluhkan tentang penggunaan bohlam h4 pada motornya terutama pengguna CB 150R. Bagaimana tidak, harga yang dipatok di dealer resmi Honda atau Ahass untuk satu bohlam CB 150R adalah Rp 461 ribu. Bagi anda yang berdompet tebal mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, namun bagi anda yang memiliki budget pas-pasan tentu harga tersebut sangat mahal untuk sebuah bohlam. Hal ini sangat berbeda jauh dengan harga bohlam motor lainya seperti ninja RR mono yang dijual seharga Rp 99 ribu. Untuk anda pemilik Honda CB 150R, agar lebih hemat bisa mensubsitusi dengan bohlam milik motor lain seperti milik ninja RR mono. Bentuknya sama persis cuma yang perlu diperhatikan adalah dayanya yang sama yakni 60/55 watt. Nah jika mau yang hemat lagi anda bisa mengganti dengan yang biasa dipasang di mobil seperti philips atau osram. Harganya jauh lebih murah yakni sekitar Rp 30 ribuan.

Nah kini pilihan ditangan anda, mau ganti yang orisinal namun dengan harga yang fantastis, atau diganti dengan merk lain namun tetap memiliki bentuk dan kualitas yang sama. 

Kamis, 03 April 2014

Asap Keluar Dari Knalpot, Berbahayakah?

Mungkin diantara anda pernah menjumpai mobil anda mengeluarkan asap tebal dari knalpot. Munculnya asap ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jika asap tersebut muncul di pagi hari ketika baru menghidupkan mesin dan beberapa saat kemudian asap hilang, maka kondisi ini masih normal-normal saja. Namun jika asap keluar secara terus menerus maka bisa diindikasikan terjadi kerusakan pada komponen mesin. Secara umum keluarnya asap tersebut disebabkan oleh oli yang terbakar dan campuran bahan bakar yang tidak tepat. Jadi andapun sebenarnya bisa mengidentifikasi kerusakan pada mesin melalui asap yang keluar dari knalpot.
Asap Keluar Dari Knalpot, Berbahayakah?
Asap Putih Keluar Dari Knalpot Mobil

Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

1. Asap Keluar Saat Pagi Hari

Pada waktu malam hari, maka suhu di knalpot juga menjadi rendah. Akibatnya uap-uap air yang ada di knalpot mengembun menjadi air. Ketika mobil dinyalakan maka suhu di knalpot juga naik. Air di knalpot dan kemudian bertemu dengan panas dari hasil pembakaran inilah yang menyebabkan keluarnya asap. Setelah lima menit biasanya akan hilang dengan sendirinya. Jadi jika anda menemukan hal demikian tak perlu risau karena hal ini normal terjadi.

2. Asap Berwarna Hitam

Keluarnya asap yang berwarna hitam dari knalpot disebabkan oleh campuran bahan bakar yang terlalu kaya atau kadar bahan bakar lebih banyak dari yang seharusnya. Cara mengatasinya tinggal menyetel ulang campuran bahan bakar melalui baut penyetel yang ada di karburator.

3. Asap Berwarna Putih

Nah inilah sebenarnya yang berbahaya. Jika asap putih keluar dari knalpot maka disebabkan oleh terbakarnya oli pelumas. Terbakarnya oli ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama ring piston yang sudah rusak. Karena ring piston sudah rusak, maka oli akan masuk ke ruang bakar sehingga akan ikut terbakar bersama campuran udara dan bahan bakar. Kedua, Dinding Silinder yang sudah aus. Hampir sama kasusnya dengan yang pertama, jika dinding silinder sudah aus makan oli pelumas akan mudah masuk ke ruang bakar. Ketiga disebebkan oleh slip klep yang bocor. Jika slip klep bocor, maka oli yang berada di kepala silinder akan masuk ke ruang bakar. 

Kini anda sudah tau bukan, penyebab keluarnya asap di knalpot. Jika mengalamai masalah yang pertama dan kedua anda tak perlu khawatir. Namun jika mengalami masalah yang ketiga sebaiknya anda segera membawa kendaraan anda ke bengkel terdekat. Karena jika dibiarkan begitu saja maka akibatnya bisa merusak komponen-komponen lainya.

Rabu, 02 April 2014

Yuk Kenali Kerusakan Dan Cara Merawat Cat Mobil

Jika kerusakan pada cat mobil anda sudah terlalu parah maka jalan satu-satunya adalah dengan repaint atau cat ulang. Dalam memilih cat mobil untuk repaint ini juga harus diperhatikan seperti yang telah saya bahas sebelumnya. Namun jika kerusakan tidak terlalu parah bisa di lakukan perawatan secara khusus tergantung jenis kerusakanya. Untuk itu perhatikan jenis kerusakan pada cat dan cara merawatnya sebagai berikut
Yuk Kenali Kerusakan Dan Cara Merawat Cat Mobil
Cara Merawat Cat Mobil

Jenis Kerusakan Cat dan Cara Merawatnya

1. Goresan

Goresan ini bisa terjadi akibat adanya gesekan dengan benda lain atau kesalahan dalam perawatan. Baik goresan kasar maupun goresan halus bisa dilakukan perawatan sebagai berikut:
  • Jika goresan halus bisa diperbaiki dengan memolesnya dengan coumpound. Dalam memoles jangan berlebihan, karena jika lapisan cat berkurang terlalu banyak maka warna cat akan terlihat memudar.
  • Untuk goresan kasar sebaiknya dibawa ke bengkel cat saja.
  • Untuk menghilangkan debu halus dari body mobil, agar tidak terjadi goresan bisa dilakukan dengan menggunakan sulak berbahan bulu domba atau bulu ayam.
  • Jika terdapat kotoran yang sifatnya melekat seperti kotoran hewan, siramlah dengan air terlebih dahulu baru dilap dengan kain halus. 
  • Gunakan lap yang berbeda untuk membersihkan bagian body dengan bagian lainya seperti ruangan mesin, peleg spatbor untuk menghindari adanya goresan. 

2. Korosi

Apabila lapisan bare metal terkikis maka akan timbul reaksi dengan udara. Hal ini akan menimbulkan karat didalam lapisan cat. Untuk menghindari hal ini bisa dilakukan dengan cara:
  • Segeralah mencuci mobil jika terkena air hujan. Air hujan yang bersifat asam berpotensi mengurangi kualitas cat mobil anda.
  • Jika sudah terlanjur terdapat karat, bisa dihilangkan dengan menggunakan cairan penghilang karat. 

3. Jamur

Sisa air sabun yang tertinggal di permukaan cat bisa berpotensi menimbulkan jamur. Untuk itu setelah mencuci mobil, bukalah seluruh pintu dan kemudian tutup dengan tekanan yang agak keras agar sisa-sia air bisa hilang dan tidak mengendap.

4. Bercak Air Hujan Atau Air Sabun

Bercak-bercak yang timbul di body mobil diakibatkan oleh air hujan/air sabun yang mengering terkena sinar matahari. Untuk itu agar tidak timbul bercak bisa dilakukan dengan:
  • Menggunakan sabun khusus mencuci mobil, jangan menggunakan sampo apalagi deterjen. 
  • Setelah dibilas dengan bersih, lap lah dengan kain bersih dan lembut. 

Nah demikian tadi cara merawat cat mobil agar tidak terjadi kerusakan. Semoga tips ini bisa membantu anda. O iya tambah satu lagi ketika anda mencuci mobil, sebaiknya jangan terkena sinar matahari secara langsung karena akan menimbulkan bercak.

Selasa, 01 April 2014

Tips Membersihkan Noda Aspal di Mobil

Setelah musim hujan yang melanda di tanah air, kemungkinan jalan banyak yang berlubang dan biasanya akan diadakan perbaikan jalan-jalan yang berlubang. Tentunya melintas di jalan yang aspalnya belum kering, menimbulkan masalah pada bagian body, yaitu menempelnya aspal pada bagian body mobil.





 Tips Membersihkan Noda Aspal



Aspal yang menempel bisa merusak cat jika tidak dibersihkan dengan cara yang tepat. Berikut beberapa tips singkat membersihkan noda aspal pada body mobil.

- Siapkan sabun cuci, minyak tanah atau solar secukupnya.
- Aduk rata sabun cuci, air dan solar atau minyak tanah dengan perbandingan 1:1
- Gosok bagian yang terkena aspal dengan spon secara perlahan, hindari menekan terlalu keras agar tidak merusak body.
- Lakukan secara berulang untuk noda yang membandel. Setelah tu bilas dengan air bersih dan sabun khusus cuci mobil agar mobil terlihat bersih dan kinclong kembali.

Semoga tips otomotif singkat ini bermanfaat untuk Anda.

Tips Memilih Cat Mobil Untuk Repaint

Cat Mobil- Jika kendaraan sudah dipakai beberapa tahun bahkan belasan tahun cat mobil akan mengalami kerusakan. Kerusakan pada cat tersebut dapat berupa warna yang sudah memudar, mengelupas atau terlihat adanya keretakan. Tentu hal ini mengurangi keindahan dari mobil itu sendiri. Jika hal ini sudah terjadi, solusinya ya di repaint atau di cat ulang. Namun dalam memilih cat ini jangan sembarangan karena cat memiliki beberapa jenis.
Tips Memilih Cat Mobil Untuk Repaint
Repaint Mobil

Dalam memilih cat mobil untuk repaint ketahui jenis cat tersebut. Ada tiga jenis cat yang bisa dipakai untuk repaint yaitu  Cat Stoving, Cat Lacquer, Cat Urethane. Cat stoving digunakan pada bengkel yang sudah memakai oven. Karena menggunakan oven maka hasilnyapun akan keras dan tahan lama. Untuk itu jika anda memilih untuk repaint total sebaiknya memilih jenis ini meskipun harganya cukup mahal. Jenis yang kedua yaitu Cat Lacquer harganya cukup murah namun tidak begitu tahan lama hanya berkisar 1-2 tahun. Anda bisa memilih jenis ini jika hanya repaint sebagian saja/ tidak seluruh bagian mobil. Untuk jenis yang ketiga harganya lebih murah dari cat stoving namun tetap tahan lama. Perbedaanya hanya tingkat ketahananya terhadap goresan. Jadi ketika anda mendapatkan tawaran dari bengkel cat dengan harga yang murah, sebaiknya tanya dulu jenis cat yang digunakan.
Tips Memilih Cat Mobil Untuk Repaint

Selain mengetahui jenis cat, komponen lain seperti thiner, hardener serta lapisan anti gores atau clear juga perlu diperhatikan. Sebaiknya anda menggunakan ketiga komponen tersebut yang satu merek dan pilihlah yang berkualitas meski harganya cukup mahal. Jadi agar tidak tertipu oleh bengkel cat dengan iming-iming harga murah, sebaiknya anda membawa sendiri cat dan komponen lainya. Sehingga anda hanya membayar jasa pengecetanya saja.