Kamis, 29 Mei 2014

Inilah Penyebab Suspensi Mobil Keras atau Rusak

Faktor kenyamanan dalam sebuah mobil tentu menjadi factor yang tidak bisa ditinggalkan. Banyak aspek yang mendukung kenyamanan mobil ini salah satunya adalah kondisi suspensi. Apa jadinya jika suspensi ini telah rusak atau ayunanya terlau keras. Imbasnya tentu kenyamanan dalam berkendara akan berkurang. Terlebih lagi saat bermanuver di tikungan, mobilpun akan menjadi tidak stabil. Lalu apa penyebab rusaknya suspensi ini?

Penyebab Suspensi Mobil Keras adalah bocornya oli pada sock absorber, sehingga gerakan kembali dari suspensi akan berlangsung secara cepat yang mengakibatkan suspensi terasa keras. Habit mengendara juga berperan pada bocornya oli tersebut. Gaya mengemudi yang menyebabkan suspensi cepat rusak seperti saat melibas lubang dengan kecepatan tinggi, atau justru mengerem saat melalui jalan berlubang. Saat di rem maka beban kendaraan akan bertumpu di depan, dengan demikian suspensi bekerja lebih ekstra. Nah selain itu ada beberapa penyebab suspensi mobil keras diantaranya adah sebagai berikut:

  1. Pemasangan Upper Mounting Tidak tepat
    Apabila bearing upper mounting meleset maka akibatnya suspensi atau sockbreker tidak bisa duduk dengan benar. Akibatnya suspensi bekerja melebihi batas. Oleh karena itu dalam pemasangan suspensi harus diperhatikan betul jangan sampai meleset.
  2. Sering Berkendara di Jalan Berlubang
    Jika anda sering mengendarai mobil di jalan yang berlubang tentu dampaknya akan mempercepat usia pakai suspensi. Hal ini karena suspensi bekerja lebih berat dan melampaui batasnya. Apalagi mobil anda adalah jenis hatchback atau sedan.
  3. Usia pakai
    Hal ini memang tidak bisa dihindari, jika usia pakai suspensi sudah lama maka bisa jadi oli didalamnya bocor sehingga suspensi mobil terasa keras. Bocornya oli ini sebenarnya bisa diamati secara visual. Jika terlihat oli di badan suspensi bisa jadi oli suspensi telah bocor. Indikasi lain bisa dilihat adanya debu yang menempel tebal di bagian tententu. 

Jika oli sockbrecker sudah bocor sebenarnya ada beberapa bengkel yang bisa memperbaikinya. Biasanya disebabkan oleh silnya yang sudah rusak. Namun jika mau tak ambil resiko ya ganti dengan yang baru. Demikianlah ulasan mengenai suspensi mobil yang keras. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk anda…

Senin, 26 Mei 2014

Cara merawat Aki Basah, Agar Tetap Awet

Penggunaan aki basah baik pada sepeda motor maupun pada mobil masih banyak. Berbeda dengan aki kering yang tanpa perlu melakukan perawatan rutin, pada aki basah ini diperlukan perawatan yang sebaiknya dilakukan secara berkala. Pasalnya pada aki basah ini menggunkan cairan elektrolit dan jumlahnya akan berkurang seiring lamanya waktu pemakaian. Jika sebelumnya saya telah membahas tips cara memperbaiki aki kering, maka pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat aki basah agar tetap awet.
Cara merawat Aki Basah, Agar Tetap Awet
Aki Basah,

Jika tidak dilakukan perawatan aki basah, selain usia pakai yang berkurang juga berakibat aki tekor. Seperti yang kita ketahui, aki adalah sumber listrik yang akan digunakan untuk menyuplay daya ke beberapa sistem kelistrikan pada kendaraan. Oleh karena itu indikasi aki yang sudah tekor salah satunya bisa ditandai dengan starter yang tidak nyala atau putaranya lambat sehingga tidak bisa menyalakan kendaraan. Penyebab dari aki tekor ini banyak seperti cairan elektrolit yang habis atau arus pengisian yang kecil. Nah agar tidak terjadi hal demikian perlu dilakukan perawatan pada aki basah seperti berikut ini:

Cara Merawat Aki Basah

  1. Lakukan pemeriksaan secara visual, apakah ada keretaan pada aki tersebut.
  2. Periksa volume cairan elektrolit, pastikan bahwa cairan elektrolit berada diantara garis lower dan upper.
  3. Jika ternyata dibawah garis lower, isi segera cairan elektrolit yang banyak dijual dipasaran. Namun yang perlu diingat, dalam pengisian ini jangan sampai melebihi garis upper.
  4. Jika anda mempunyai hydrometer, lakukan pemeriksaan terhadap berat jenis pada masing-masing sel.
  5. Periksa kedua terminal baterai. Jika terdapat karat atau kotoran bersihkan menggunakan sikat kawat atau amplas. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan tahanan berlebih, sehingga akan mengurangi tegangan baterai.
  6. Dengan menggunakan baterai tester atau multimeter, pastikan bahwa tegangan baterai berada diantara 12-13 volt.
Dengan melakukan perawatan aki basah seperti diatas, maka aki basah pada kendaraan anda akan awet. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan, semoga semakin menambah wawasan anda terutama dalam merawat aki basah.

Minggu, 25 Mei 2014

Baru Proses Produksi, Paket Bore Up Yamaha R15 Sudah Beredar

Sudah kita ketahui bersama pada quartal pertama tahun 2014 ini Yamaha telah memperkenalkan motor terbarunya yang diberi nama Yamaha YZF-R15. Motor R series berkapasitas 150 Cc ini diprediksi akan laku keras di pasaran mengingat harganya yang hanya Rp 28 juta. Yamaha R15 adalah sebuah motor untuk anda yang menginginkan motor sport dengan desain R-series namun dengan harga yang terjangkau. Produk-produk Yamaha berlabel R-series memiliki 5 hal pokok yang tetap dipertahankan yakni aerodynamic body (bodi yang aerodinamis), Dual Furious Headlamp (headlamp ganda), Mass Forward (distribusi berat ke depan), Muscular Look (tampilan yang kokoh), serta Sharp and Hightail ( Body belakang runcing dan tinggi). 
Paket Bore Up Yamaha R15 Sudah Beredar

Meski Yamaha YZF-R15 ini masih dalam tahap produksi, namun sudah banyak ditemui paket bore up Yamaha R15 dipasaran. Basis mesin dari Yamaha R-15 ini serupa dengan Yamaha Vixion baik yang versi lama atau baru. Maka tak heran saat ini telah beredar paket penambah stamina untuk Yamaha R15 tersebut. Nah hal ini tentunya sangat cocok untuk anda yang suka utak-atik jeroan demi tampil lebih garang. Dari berbagai sumber yang kami dapatkan, berikut beberapa produk paket Bore Up Yamaha YZF- R15.

Paket Bore Up Yamaha YZF- R15

  1. SRP
    Produk asal Taiwan ini bisa ditebus dengan uang senilai Rp 1,2 juta. Bahan yang digunakan untuk blok silinder adalah nicasil. Tersedia 2 pilihan untuk diameter piston yakni 65 mm dan 66 mm. Jika anda mau mengaplikasikan paket bore up Yamaha R15 yang satu ini, maka kapasitas silinder dipastikan akan melonjak menjadi 195 cc dan 200 cc.
  2. X1R
    Hampi mirip dengan SRP, produk ini juga berasal dari Taiwan dan juga terbuat dari nilcasil untuk silindernya dan telah menggunakan forged piston. Hanya saja ukuran yang disediakan hanya 62 mm sehingga bisa membuat kapasitasnya menjadi 178 cc. Untuk harga memang lebih murah yakni Rp 900 ribu. 
  3. KTC
    Harga paket bore up Yamaha R15 berlabel KTC ini sama dengan produk X1R yakni Rp 900 ribu untuk yang diameter 62 mm. Sedangkan untuk diameter 66 mm dibanderol lebih mahal yakni Rp 1,35 juta. Anda akan mendapatkan blok silinder berbahan keramik dan Forged Piston.
  4. Y&B
    Untuk produk yang satu ini memiliki harga yang jauh lebih murah dari ketiga paket bore Yamaha R15 diatas. Produk yang juga berasal dari Taiwan ini dipatok Rp 500 ribu saja. Hanya saja bahan yang digunakan bukan dari keramik dan piston yang digunakan non-forged. Untuk diameter hanya tersedia ukuran 60 mm saja.
Demikianlah paket bore up Yamaha R15 yang bisa kami sajikan. Tertarik untuk mengaplikasinya pada Yamaha R15 milik anda agar performanya lebih garang? Hmm selamat mencoba…

Jumat, 23 Mei 2014

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Meskipun kedengaranya mudah, namun ternyata masih banyak kalangan yang mempertanyakan bagaimana cara mengendarai motor kopling. Pada dasarnya semua sepeda motor memiliki kopling hanya saja jenisnya berbeda-beda. Kopling inikan sebuah perangkat didalam sepeda motor maupun mobil yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi. Nah yang dimaksud motor kopling disini adalah motor yang menggunakan kopling manual (ada handle kopling di setang kemudi). Kebanyakan kopling manual ini diaplikasikan pada motor sport seperti Yamaha vixion, Honda CBR, Kawasaki Ninja RR mono, dll.

Jika pada motor bebek anda tinggal injak tuas transmisi saja ketika akan berpindah gigi, hal ini karena adanya kopling otomatis. Namun kelemahanya banyak tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut. Nah maka dari itu semua motor sport menggunakan kopling manual sebagai alat pemindah daya. Jika anda akan berpindah gigi maka harus memainkan tuas kopling yang ada di setang kemudi. Selain itu perbedaan lainya adalah pola pemindahan gigi. Pada umumnya sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Nah untuk pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk berpindah ke gigi 2 hingga 5 gerakan ke belakang. Berikut kami sajikan cara mengendarai motor kopling dengan mudah:

  1. Putar kunci kontak pada posisi “ON”
  2. Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya lampu indicator (biasanya berwarna hijau) kemudian tekanlah tombol starter. Yang perlu diperhatikan dalam menekan tombol starter ini jangan terlalu lama, maksimal 3 detik. Karena jika terlalu lama bisa menyebabkan aki tekor.
  3. Untuk menjalankan motor masukan gigi transmisi ke posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, baru injak tuas transmisi kearah depan. 
  4. Inilah yang kebanyakan orang yang baru belajar mengendarai motor kopling kesulitan. Saat akan berjalan biasanya melepaskan tuas kopling secara mendadak, akibatnya motor langsung mati. Untuk itu lepaskanlah tuas kopling secara perlahan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan.
  5. Jika kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan adalah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.
  6. Nah jika ingin berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi menekan tuas rem.
  7. Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.
  8. Setelah gigi transmisi ke posisi netral, anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “off”

Itulah langkah-langkah dalam mengendarai motor kopling. Dengan latihan secara terus menerus, anda pasti bisa mengendarai motor kopling dengan benar. Selamat Mencoba..

Kamis, 22 Mei 2014

Cara mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula

Cara mengemudi Mobil Matic -Mobil dengan transmisi otomatis atau yang dikenal dengan mobil matic memang banyak diminati. Pasalnya dalam mengendari mobil matic ini tidak ribet karena hanya memainkan pedal gas dan rem. Selain itu mobil matic bisa membuat lebih sabar bagi para pengendaranya dalam menghadapi tekanan psikologis akibat kemacetan yang terjadi. Kendati demikian ternyata masih banyak orang yang masih belum paham dalam mengendarai mobil matic. 
Cara mengemudi Mobil Matic

Cara mengemudi Mobil Matic yang benar harus dipahami betul oleh setiap pemiliknya agar didapatkan kinerja dan kenyamanan yang optimal. Untuk itu pahamilah fungsi dari moda pengoperasian pada mobil matic yakni P, R, N , D, D-3, D-2, dan L. Berikut adalah fungsi ketujuh moda pengoperasian pada mobil matic:

  1. P (parkir)
    Pada saat tuas transmisi berada pada posisi P, maka mesin mobil bisa hidup namun mobil tidak akan berjalan meski pedal gas ditekan. Hal ini dikarenakan tekanan oli di transmisi akan di alirkan kembali ke bak penampungan, sehingga penggerak transmisi belum bekerja. Bayangkan saja jika tidak ada moda parkir, ketika berada di tempat parkir yang dipenuhi kendaraan tanpa sengaja anda menginjak pedal gas tentunya akan sangat beresiko. Jadi ketika anda sedang berada diparkiran pastikan tuas transimi berada pada posisi P.
  2. R (reserve)
    Ketika anda menggeser tuas transmisi ke posisi R, maka memungkinkan kendaraan akan berjalan mundur. 
  3. N (neutral)
    Sama seperti posisi P, saat tuas transmisi berada di posisi N mesin mobil tetap hidup namun kendaraan tidak berjalan. Posisi N dipilih saat sedang berhenti sejenak seperti saat lampu merah.
  4. D (drive)
    Ketika anda akan menjalankan mobil maka pilihlah pada posisi D. Tidak seperti pada transmisi manual, pada mobil matic ini perpindahan percepatan berlangsung secara otomatis. Jadi anda tinggal menekan pedal gas, maka perpindahan percepatan percepatan akan terjadi secara otomatis seiring kecepatan mobil. Saat anda ingin mendahului kendaraan lain, lakukanlah akselerasi maka saat itu TPS (sensor bukaan throttle) akan mengirim sinyal ke ECU agar posisi gear lebih rendah.
  5. D-3 / OD
    Banyak yang masih bingung cara mengemudi mobil matic pada posisi D-3 ini. Padahal fungsinya cukup sederhana yakni membatasi percepatan mobil pada gear 3rd. Pada moda D-3 ini akan sangat membantu ketika akan berakselerasi tanpa harus menekan pedal gas lebih dalam. 
  6. D-2 (intermediate)
    Funsinya hampir sama dengan D-3 yakni membatasi percepatan transmisi pada gear 2st. Dengan memilih posisi 2st ini juga akan membantu pada saat melaju di turunan karena terjadi engine breaking.
  7. L (low)
    Posisi L ini sangat membantu ketika anda sedang melintasi jalanan yang menanjak. Fungsinya adalah membatasi percepatan transmisi pada gear 1st saja.
Memahami cara mengemudi mobil matic dengan memahami fungsi setiap posisi transmisi diatas akan sangat membantu anda dalam mengemudikan mobil matic. Dengan demikian perjalanan anda dengan mobil matic akan lebih nyaman dan aman. Selamat mencoba.

Yamaha Vixion Pakai Premium Atau Pertamax?

Yamaha Vixion adalah sepeda motor besutan produsen berlogo garputala Yamaha yang berkapasitas 150 Cc. Tidak bisa dipungkiri lagi Yamaha Vixion adalah raja di kelas motor sport 150 cc. Meskipun banyak produsen lain yang mencoba menggoyahkan Yamaha vixion dari singgah sana, tetap saja penjualanya tinggi di Indonesia. Dengan sistem bahan bakar yang memakai injeksi motor sport ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Ngomong-ngomong masalah bahan bakar, bahan bakar apasih yang paling cocok untuk Yamaha Vixion.

Yamaha Vixion pakai  premium atau pertamax, mungkin itu pertanyaan yang kerap muncul dari kalangan pengguna vixion. Nah sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita bahas dulu mengenai perbedaan dari pertamax dan premium. Hal yang membedakan dari kedua jenis bahan bakar tersebut adalah nilai oktanya. Apasih nilai oktan? Nilai oktan adalah nilai yang menunjukan tingkat ketahanan k bahan bakar terhadap suhu dan tekanan. Jadi semakin tinggi nilai oktan maka bahan bakar tersebut memiliki ketahaanan terhadap suhu dan tekanan yang semakin tinggi juga. Pertamax mempunyai niai oktan 92, pertamax plus mempunyai nilai oktan 95 sedangkan premium hanya 88. 

Setiap sepeda motor mempunyai perbandingan kompresi sendiri-sendiri. Perbandingan kompresi adalah perbandingan antara volume silinder (saat piston berada di TMB) dan volume ruang bakar (saat piston berada di TMA). Nah perbandingan kompresi ini sangat berpengaruh pada jenis bahan bakar yang digunakan. Semakin tinggi perbandingan kompresi maka juga dibutuhkan bahan bakar yang mempunyai nilai oktan yang semakin tinggi pula. Pada sepeda motor vixion mempunyai perbandingan kompresi 10, 4 : 1. Lalu bahan bakar apa yang cocok untuk Yamaha Vixion? Lihat listnya berikut ini:
  • Premium (oktan 88) = perbandingan kompresi 7:1 hingga 9:1
  • Pertamax (oktan 92) = Perbandingan kompresi 9:1 hingga 10:1
  • Pertamax Plus (oktan 95) = Perbandingan kompresi 10:1 hingga 11:1
Nah kini sudah jelaskan bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Vixion? Namun sebenarnya pakai pertamax juga hasil pembakaranya sudah bagus. Untuk sepeda motor lain silahkan disesuaikan sendiri antara perbandingan kompresinya dan nilai oktan tersebut.

Lalu apa dampaknya jika sepeda motor dengan perbandingan kompresi tinggi tapi diisi bahan bakar dengan nilai oktan rendah? Ambil saja kasusnya misal Vixion pakai premium. Tentunya karena kompresi tinggi tapi diisi bahan bakar dengan nilai oktan rendah maka bahan bakar tersebut akan terbakar lebih awal karena tidak mampu menahan tekanan kompresi atau yang dikenal dengan pre ignition. Nah pre ignition ini akan menimbulkan knocking yang berpotensi merusak beberapa komponen. Jadi mulailah bijak dalam memilih bahan bakar untuk sepeda motor anda. Lebih baik mahal dikit tapi mendapatkan hasil yang lebih optimal dan komponen-komponen mesin lebih awet.

Rabu, 21 Mei 2014

Sepeda Motor Susah Hidup? Perhatikan Hal Berikut

Sepeda motor susah hidup disebabkan oleh beberapa hal. Namun rata-rata sepeda motor yang susah hidup ini terjadi pada motor yang kurang perawatan. Oleh karena itu setiap pemilik kendaraan bermotor seharusnya sadar akan pentingnya perawatan pada tungganganya. Bayangkan saja ketika anda akan berangkat bekerja, tapi tiba-tiba sepeda motor susah hidup. Bagi anda yang bisa menganalisa penyebabnya dan kemudian memperbaikinya mungkin tidaklah menjadi masalah. Namun gimana untuk mereka yang tidak tau menau masalah mesin?

Sepeda motor susah hidup dikarenakan tidak terbakarnya bahan bakar didalam silinder. Ada 3 faktor utama dalam proses pembakaran yakni udara, bahan bakar dan pengapian. Jika ketiganya bertemu diwaktu yang pas tentunya sepeda motor akan hidup karena terjadi pembakaran. Namun masalahnya meskipun ketiga komponen tersebut sudah ada, tidak berada pada timing dan komposisi yang pas. Misalnya campuran antara bahan bakar dan udara yang masuk ke silinder tidak sesuai (14,7:1) maka campuran bahan bakar tersebut sulit untuk terbakar. Jadi ada beberapa penyebab yang membuat sepeda motor susah hidup diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Sepeda Motor Susah Hidup

  1. Campuran bahan bakar tidak pas
    Pada sistem karburator campuran ini dapat distel melalui sebuah baut. Jika campuran bahan bakar dan udara tidak pas (terlalu gemuk / kurus) maka tentunya motor jadi susah hidup. Untuk itu lakukanlah penyetelan yang pas. Caranya adalah dengan memutar baut ini sampai mentok dan kemudian balikan lagi kira-kira satu setengah putaran. 
  2. Pengapian
    Timing pengapian memang sangat berpengaruh dalam pembakaran didalam silinder. Namun pada umumnya timing pengapian ini tidak akan berubah karena sudah di set mati. Kemungkinan yang menyebabkan motor susah dihidupkan adala api busi kecil . Hal ini bisa disebabkan busi kotor, atau memang sudah mau mati. Selain itu bisa juga disebabkan oleh komponen pengapian lainya seperi CDI atau koil pengapian yang sudah uzur.
  3. Vakum Bensin Rusak
    Pada sebagian sepeda motor dilengkapi dengan vakum bensin. Jika vakum bensin ini rusak maka akibatnya aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat. 
  4. Celah katup tidak tepat
    Hal ini memang jarang terjadi, namun jika setelan katup tidak pas maka proses pemasukan bahan bakar tidak tepat sehingga motor sulit hidup bahkan tidak bisa dihidupkan.
  5. Bahan Bakar tercampur dengan air
    Kebiasaan anak muda yang sering melepas filter udara juga bisa membuat air masuk dan bercampur dengan bensin, akibatnya motor susah hidup.
Nah saya rasa itu tadilah penyebab sepeda motor susah hidup. Hal yang sering terjadi yang membuat motor susah hidup adalah pada pengapian dan juga campuran bakar.

Senin, 19 Mei 2014

Cara membuat sepeda motor irit bahan bakar

Mempunyai kendaraan sepeda motor yang irit dan memiliki performa yang mumpuni mungkin menjadi keinginan setiap orang. Apalagi orang-orang yang setiap harinya menggunakan sepeda motor ini untuk aktifitas jarak jauh. Bayangkan saja berapa ongkos yang harus dikeluarkan untuk membeli bensin jika kendaraan yang ditungganginya memiliki konsumsi bahan bakar yang boros. Bisa-bisa anda tidak memiliki sisa dari gaji bulanan anda karena habis untuk membeli bensin. Oleh karena itu disini saya akan berikan sedikti tips agar sepeda motor anda irit bahan bakar.

Teknologi memang turut andil dalam menentukan konsumsi bahan bakar pada sebuah kendaraan. Namun itu justru bukanlah yang utama, 60 % dari konsumsi bahan bakar sepeda motor ditentukan oleh habit mengendara. Jadi agar sepeda motor anda irit bahan bakar selain memilih sepeda motor yang menggunakan teknologi terkini ( efi misalnya) mulailah untuk mengubah cara berkendara anda. Pada sepeda motor yang telah menerapkan sistem injeksi, durasi injeksi terlama adalah pada saat akselerasi dan durasi injeksi terpendek adalah saat deselerasi. Pada sistem karburator justru sebaliknya, karena pemasukan bahan bakar ke silinder berdasarkan kevakuman maka jumlah bahan bakar yang terhisap paling banyak adalah saat terjadi kevakuman paling tinggi. Kevakuman tertinggi pada saat deselerasi karena saat itu putaran mesin masih tinggi sedangkan thtottle menutup penuh. Meskipun kedua sistem tersebut berbeda namun dapat disimpulkan bahwa mengendarai kendaraan dengan tidak tetap (sering melakukan akselerasi ataupun deselarasi) akan membuat sepeda motor anda boros bahan bakar.

Jadi agar sepeda motor irit bahan bakar, mulailah mengemudi secara stabil atau dalam kecepatan konstan. Selain itu setiap sepeda motor memiliki tenaga maksimum dan torsi maksimum sendiri-sendiri. Honda Vario 125 misalnya memiliki tenaga maksimum 11,3 ps pada putaran 8500. Maka biasakanlah mengemudi pada range tersebut. Dengan demikian mesin selalu bekerja dalam kondisi yang optimal. Selain membuat sepeda motor irit bahan bakar juga akan membuat komponen-komponen engine awet. Nah jadi kesimpulanya cara membuat sepeda motor irit bahan bakar adalah dengan cara mengubah habit atau kebiasaan mengemudi anda.

Minggu, 18 Mei 2014

Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara Mengatasi Karburator Banjir -Meskipun pada saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem injeksi, namun pengguna sepeda motor yang menggunakan karburator masih jauh lebih banyak. Karburator pada sepeda motor berfungsi untuk mengkabutkan bahan bakar dalam hal ini adalah bensin ke dalam silinder. Jika usia pemakainya sudah lama, sering kali timbul beberapa masalah pada karburator. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah karburator banjir atau bensin yang ada didalamnya meluap. Lalu apa penyebab karburator banjir ini? Simak ulasanya berikut
Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir
Cara Mengatasi Karburator Banjir

Penyebab Karburator banjir adalah needle valve yang tidak menutup secara sempurna. Di bagian bawah karburator terdapat sebuah ruang pelampung yang digunakan untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve ini berfungsi sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi penuh oleh bensin, maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup secara sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang dikenal dengan karburator banjir.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir
needle valve
Cara mengatasi karburator banjir sebenarnya cukup mudah. Pertama-tama lepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya diikuti melepas kabel gas dan kabel cuk. Namun sebelum itu jika anda masih menggunakan filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut agar memudahkan dalam melepas karburator. Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan cara melepas keempat baut yang ada dibagian bawah. Jika sudah buka ruang pelampung maka akan terlihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastic. Lepaskan pelampung tersebut dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama needle valve. Selanjutnya adalah melakukan penyetelan dengan cara membengkokan keatas (sedikit saja) logam yang digunakan untuk dudukan needle valve. Jika sudah pasanglah kembali pelampung beserta needle valvenya dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk (yang berhubungan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang.

Cukup mudah bukan Cara Mengatasi Karburator Banjir ini? Nah sebelum dipasang kembali lakukan pembersihan terutama pada spuyernya. Dalam membersihkanya anda bisa menggunakan karburator cleaner kemudian di semprot dengan udara bertekanan.

Sabtu, 17 Mei 2014

Cara Merawat Motor Injeksi Mudah dan Murah

Cara Merawat Motor Injeksi -Teknologi injeksi merupakan teknologi revolusioner yang mampu memberikan pembakaran yang lebih efektif sehingga menyebabkan emisi gas buang rendah. Oleh karena itu teknologi injeksi lebih ramah lingkungan. Pengabutan bahan bakar yang sebelumnya menggunakan karburator kini lebih disempurnakan dengan injector yang mampu menyemprotkan partikel bahan bakar lebih lembut. Karena partikel yang disemprotkan ke ruang bakar lebih kecil, maka proses pembakaran lebih cepat. Di tahun 2014 ini hampir semua keluaran motor terbaru sudah menggunakan sistem injeksi sebagai pemasok bahan bakar. Namun sering kali para konsumen justru malah enggan memilih sepeda motor dengan sistem injeksi dengan alasan perawatanya yang rumit. Padahal jika dibandingkan dengan sistem karburator perawatan sepeda motor injeksi jauh lebih simple.
Cara Merawat Motor Injeksi
Motor Injeksi

Cara merawat  motor injeksi sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Jika pada sistem karburator harus bongkar karburator kemudian membersihkan slow jet maupun main jet nya, maka hal tersebut tidak diperlukan lagi pada sistem injeksi. Pada sepeda motor dengan sistem injeksi pemasukan bahan bakar dikontrol oleh Electronic Control Unit atau yang dikenal dengan ECU. Piranti ini bekerja berdasarkan input dari sensor-sensor yang ada di kendaraan. Sensor ini bertugas untuk mengirimkan sinyal ke ECU sesuai dengan kondisi mesin. Bagi para pemilik kendaraan berteknologi injeksi mungkin pernah mengalami gejala mbrebet. Nah hal ini bisa saja disebabkan oleh salah satu sensor yang ada di sepeda motor. Namun kejadian ini jarang ditemukan, karena sensor-sensor ini sudah didesain agar tahan terhadap segala kondisi. Jadi jika terjadi gejala mesin mbrebet pada motor injeksi besar kemungkinan disebabkan oleh kotornya komponen sistem bahan bakar akibat bahan bakar yang kotor. Kotoran ini bisa saja berada di injector, atau jika sudah lama akan mengerak di ruang bakar. 

Untuk membersihkan kotoran tersebut sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan cairan khusus pembersih karbon. Pabrikan Yamaha sebenarnya sudah menyediakan cairan tersebut yang diberi nama Yamalube Carbon Cleaner. Cara menggunakannya sangat mudah yakni dengan mencampurnya pada ruang bakar. Jadi pada waktu pembakaran karbon yang mengerak di silinder akan ikut terbakar dan kemudian hilang bersama gas buang. Cairan pembersih karbon ini seharusnya digunakan secara berkala untuk perawatan motor injeksi. Dengan demikian kinerja motor injeksi anda tetap optimal.

Kamis, 15 Mei 2014

Cara Membersihkan AC Mobil Avanza

Di daerah tropis seperti di Indonesia, kebutuhan Air Conditioning atau yang lebih dikenal AC sangat diperlukan dalam sebuah kendaraan. Apalagi didaerah yang sering terjadi kemacetan, tanpa adanya AC bisa-bisa tubuh serasa didalam oven. Karena AC ini dipakai secara terus menerus tentunya harus dilakukan perawatan agar kerjanya tetap optimal. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan di sistem AC adalah filter AC. Di beberapa mobil seperti di mobil Avanza komponen ini berada di dashboard sebelah kiri. Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran. Nah jika kotoran di filter AC ini telah menumpuk maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti hembusan AC kurang kencang, AC kurang dingin, timbul bau tak sedap hingga menyebabkan penyakit seperti ISPA. Oleh karena itu filter AC perlu dibersihkan secara berkala.
Cara Membersihkan AC
filter AC

Cara membersihkan filter AC ini sebenarnya cukup mudah. Bentuknya menyerupai filter udara yang berada di engine. Untuk membersihkanya tentu harus dilepas terlebih dahulu dengan membuka laci yang ada di dashboard samping kiri. Cara melepasnya cukup menekan klip yang berada di sebelah kanan cover. Jika kotoran yang menempel di filter AC belum terlalu banyak masih bisa dibersihkan menggunakan udara bertekanan dalam hal ini adalah kompresor. Namun jika kondisinya sudah terlalu kotor yang ditandai dengan warnanya yang menjadi hitam pekat, maka sebaiknya dilakukan penggantian pada filter AC. BIasanya untuk penggantian filter AC dilakukan setiap 50 ribu Km. Dalam membersihkan filter AC lakukanlah secara hati-hati, karena jika dilakukan secara asal bisa merusak piranti penyaring kotoran ini. 
Cara Membersihkan AC
Cara Membersihkan filter AC

Jika sudah maka pasanglah kembali filter AC ke tempar semula. Nah dengan membersihkan atau menganti filter AC, maka masalah-masalah seperti bau tak sedap, AC tidak dingin bisa sedikit teratasi. Selain itu anda juga terhindar dari penyakit ISPA yang disebabkan oleh kotornya filter AC. Anda bisa menghirup udara yang dihembuskan oleh blower dalam keadaan bersih, karena kondisi filter AC bersih alias tidak lagi tersumbat oleh kotoran.

Rabu, 14 Mei 2014

Stabilkan Pengisian Jika Ingin Aki Motor Anda Awet

Usia pakai dari sebuah aki pada sepeda motor maupun di mobil tidak hanya pada pemakaian dan perawatan saja, akan tetapi sistem pengisian juga turut ambil bagian. Sistem kelistrikan pada sebuah kendaraan ditopang oleh suplay daya dari baterai atau aki. Karena dibutuhkan secara terus menerus maka tentunya listrik yang ada di aki akan berkurang dan habis maka dibutuhkanlah sistem pengisian. Pada saat mesin hidup maka generator atau yang lebih dikenal dengan spul akan ikut berputar sehingga menghasilkan listrik. Listrik inilah yang kemudian digunakan untuk mengisi aki. Nah karena besarnya tegangan listrik dari generator tersebut dipengarui oleh putaran mesin maka digunakanlah regulator atau yang biasa disebut kiprok agar listrik yang dihasilkan stabil. Jika kiprok ini rusak tentu akan berakibat pada  tegangan pengisian sehingga menyebabkan aki cepat tekor atau bahkan rusak.
Stabilkan Pengisian Jika Ingin Aki Motor Anda Awet
Stabilkan Pengisian Jika Ingin Aki Motor Anda Awet

Apabila tegangan pengisian terlalu rendah maka imbasnya listrik di aki akan habis atau tekor. Sebaliknya jika tegangan pengisian terlalu besar maka aki akan cepat rusak karena kelebihan tekanan. Jika diibaratkan aki ini seperti bak mandi. Jika ada orang yang sedang mandi namun air di bak mandi sedikit sedangkan air yang mengalir dari kran juga sedikit maka air di bak mandi tersebut akan cepat habis. Begitu pula jika air mengalir terlalu deras maka air di dalam bak mandi tersebut akan meluap. 

Untuk memastikan tegangan pengisian yang sesuai bisa menggunakan multimeter yang bisa anda dapatkan di took elektronik. Putarlah selector pada DC 50 kemudian cek tegangan di aki atau baterai. Saat mesin mati maka seharusnya multimeter menunjukan 12,3- 12, 6 volt, sedangkan saat mesin hidup maksimal tegangan di aki adalah 14,2 v. Jika anda mendapatkan lebih dari angka tersebut maka lakukanlan pengecekan pada sistem pengisian. Jika dibiarkan maka akan memperpendek usia aki karena tegangan pengisian berlebihan. Ketika terjadi pembebanan misalnya menyalakan klakson atau lampu, tegangan pengisian yang baik adalah 12,3 v. Satu lagi jika aki anda sudah rusak sebelum 1 tahun pemakaian, maka sebelum dilakukan penggantian dengan aki baru lakukanlah pemeriksaan terlebih dahulu pada sistem pengisian.

Sabtu, 10 Mei 2014

Cara Melepas Stiker Motor Dengan Mudah

Striping atau stiker pada sepeda motor memang menambah sisi estestika tampilan sepeda motor, apalagi desain striping yang lebih futuristik. Akan tetapi ada juga sebagian pemilik sepeda motor yang justru memilih tampilan sepeda motornya terlihat polos atau tanpa striping. Untuk membuat tampilan sepeda motor jadi polos, kalau tidak diblock dengan skrolet ya striping tersebut dilepas dengan cara dikelupas. Yang perlu diperhatikan adalah saat melepas perlu menggunakan teknik supaya cat yang terdapat di body motor tidak ikut terkelupas .
Cara Melepas Stiker Motor
Cara Melepas Stiker Motor 

Pada dasarnya Cara melepas stiker dan melepas striping yang tertempel pada sepeda motor atau mobil adalah sama. Kalau untuk stiker yang masih baru biasanya akan mudah untuk dikelupas namun jika stiker tersebut sudah menempel keras maka jika dipaksakan bisa-bisa akan merusak cat. Beda jika stikernya hanya menempel kaca mobil, karena melepasnya cukup mudah. Hanya dengan membasahi bagian disekitar stiker menggunakan air sabun dan bantuan cutter stiker akan mudah untuk dilepaskan. Meskipun demikian tetap jangan dilakukan secara asal, karena posisi cutter yang salah akan menimbulkan baret pada kaca. Posisi cutter yang benar adalah jangan menyudut tetapi menempel pada kaca. Lalu bagaimana jika melepas stiker atau striping pada body kendaraan? Disini saya akan berikan tips sederhana bagaimana cara melepas stiker atau striping baik yang menempel di mobil atau sepeda motor.

Cara Melepas Stiker Bawaan Motor 

  1. Panaskan striping atau stiker yang akan dilepas
    Dengan bantuan menggunakan korek atau hair dryer maka stiker maupun striping akan mudah terlepas. Jika menggunakan korek api, nyalakanlah korek tersebut dan gerakan kekiri dan kekanan untuk memanasi stiker. Jika anda mempunyai hair dryer, alat pemanas tersebut bisa digunakan untuk memanasi stiker atau striping. Yang harus diperhatikan adalah suhunya jangan terlalu panas karena akan merusak cat. 
  2. Lepaskan stiker atau striping dari body
    Dengan perlahan-lahan tariklah ujung stiker atau striping hingga semuanya terlepas.
  3. Hilangkan Bekas Perekat
    Setelah striping atau stiker sudah terlepas , biasanya pada permukaan body akan tertinggal sisa-sisa lem perekat. Cara menghilangkanya cukup mudah yakni dengan menggunakan bensin. Oleskanlah bensin tersebut dan gosoklah menggunakan kain lap halus. Tunggu hingga kering baru kemudian oleskan pemoles yang mengandung compound pada bekas stiker tersebut.
Cukup dengan 3 langkah tersebut, striping atau stiker yang tertempel pada kendaraan anda sudah terkelupas tanpa menimbulkan kerusakan pada cat. Mudah bukan?

Rabu, 07 Mei 2014

Begini Cara Membedakan Knalpot Sakura Yang Asli dan Palsu

PT. Sakura Java Indonesia selama ini dikenal sebagai produsen knalpot yang menyulai knalpot standar untuk sepeda motor Yamaha. Namun selain itu kini Produsen knalpot asal Indonesia ini juga merambah pasar knalpot atau muffler after market. Setidaknya ada tiga knalpot aftermarket yang diproduksi PT. sakura Java Indonesia yakni knalpot untuk Jupiter Z1, Vixion dan Yamaha R6. Namun yang tersedia saat ini hanya knalpot sakura untuk vixion.
Cara Membedakan Knalpot Sakura Yang Asli dan Palsu
Knalpot Sakura

Di era saat ini, dimana pengangguran semakin banyak sementara lapangan kerja terbatas maka tak heran tindak kejahatan semakin meningkat. Sering kita temukan beberapa barang yang ternyata tidak orisinal alias palsu. Hal tersebut bisa juga kita temui pada knalpot sakura ini. Untuk itu ada tips untuk membedakan mana Knalpot sakura yang asli dan palsu.

Untuk membedakan knalpot sakura yang asli atau palsu bisa dilihat pada nomor produksinya. Setiap knalpot sakura yang diproduksi mempunyai nomor khusus seperti tanggal, tahun dan nomor urut pembuatan. Selain itu nomor yang terpampang pada knalpot sakura tersebut didesain sedemikian rupa agar tidak bisa dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi pada knalpot sakura yang palsu tidak ada nomor lotnya.Jadi sebelum anda membeli knalpot sakura perhatikan baik-baik apakah ada nomor lot yang tertera pada knalpot sakura yang akan anda beli tersebut. Memang saat ini baru tersedia hanya untuk vixion saja namun kedepanya knalpot sakura ini akan jauh lebih banyak, bahkan untuk kelas matic juga. So kalau anda pemilik matic, sabar saja menunggu hingga knalpot sakura untuk matic diproduksi

Penyebab Indikator Bensin Mobil Ngaco Atau Tidak Berfungsi

Banyak para pengendara mobil yang kesal akibat Indikator bensin Mobil yang ngaco alias tidak berfungsi. Bagaimana tidak disaat kita merasa tenang-tenang saja karena jarum indikatornya masih menunjukan pada huruf F, eh tiba-tiba mobil macet. Bukan karena mesinya akan tetapi karena kehabisan bensin. Atau bisa kejadianya malah sebaliknya, disaat kita mau mengisi bahan bakar di SPBU karena indicator bensinya sudah menunjuk ke huruf E, ternyata bensin yang ada di tangki bahan bakar masih penuh.
Penyebab Indikator Bensin Mobil Ngaco Atau Tidak Berfungsi
Indikator Bensin Mobil

Indikator Bensin mobil yang ngaco tidak hanya terjadi pada jenis analog saja, pada jenis digital pun sering terjadi. Lalu apa yang menyebabkan indicator bensin mobil tersebut ngaco? Nah disini saya akan sedikit memberikan penjelasanya. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat indicator bensin pada mobil ngaco, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Pelampung
    Pelampung yang ada didalam tangki memiliki kumparan. Jika usia mobil sudah diatas 5 tahun, kumparan tersebut biasanya sudah mulai melemah. Karena kumparan tersebut digunakan untuk mengirim sinyal indicator yang ada di dashboard maka dampaknya tentu membuat sinyal yang dikirimkan tidak akurat.
  2. Kumparan pada indicator
    Selain di pelampung, di indikatornya sendiri juga memiliki sebuah kumparan. Jika kondisinya sudah lemah tentu jarum yang bergerak tidak akurat atau tidak sesuai dengan sinyal dari pelampung. Bahkan sering juga ditemui kumparan ini putus, akibatnya jarum sama sekali tidak bergerak.
  3. Parkir dalam kondisi menanjak
    Jika kondisi pelampung didalam tangki masih normal, ini tentu tidak menjadi masalah. Namun jika kondisinya sudah agak uzur, maka ketika parkir dalam kondisi menanjak kerap pelampung tidak kembali ke posisi semula. Akibatnya jarum indicator kalau tidak berada di huruf F ya berada di huruf E atau tidak bergerak. Pada jenis digital juga sering terjadi demikian namun kasusnya berbeda. Kalau jenis digital hal tersebut sudah biasa dan tentunya bukan masalah pelampungnya. Sistem digital kurang responsive, adi ketika mobil sudah berjalan beberapa meter maka jarum indicator akan kembali seperti semula.
Nah demikian tadilah beberapa penyebab indicator bensi mobil sering ngaco atau tidak berfungsi. Jadi sebaiknya anda jangan memarkirkan kendaraan anda di tempat yang menanjak agar jarum indicator bensin tetap akurat.

Senin, 05 Mei 2014

Cara Mudah Upgrade Honda Vario 110 Fi

Upgrade Honda Vario 110 Fi -Beberapa waktu lalu Honda memperkenalkan motor teranyarnya. Adalah vario 110 Fi sebuah motor matic berkapasitas 110 cc dan telah menggunakan sistem injeksi. Beberapa fitur terbarupun disematkan ke dalam Vario 110 Fi, salah satunya adalah ABS atau Answer Back System. Dengan fitur ini pemilik kendaraan tinggal memencet tombol pada remote untuk mencari motornya di areal yang luas seperti di tempat parkir. Dengan sekali pencet maka Honda Vario 110 Fi akan menjawab dengan nada khusus dan kedipan lampu sein.
Cara Mudah Upgrade Honda Vario 110 Fi
Honda Vario 110 Fi

Bagi anda pemiliki Honda Vario 110 Fi tentunya yang suka otak-atik motor, mungkin sudah gatel untuk mengupgrade Honda Vario 110 Fi. Disini saya mempunyai trik mudah agar tenaga Honda Vario 110 Fi bisa terdongkrak. Jika dilihat dari basis mesinya, Honda Vario 110 Fi ini hampir sama dengan saudaranya yakni Honda BeAt Fi. Oleh karena itu part pendukungnyapun tak jauh beda. Cara mudah untuk upgrade Honda Vario110 Fi ini adalah dengan mengganti 3 komponen. Apasajakah 3 komponen yang bisa mendongkrak tenaga Honda 110 Fi tersebut? Berikut ini adalah penjelasanya:

Knalpot R9
Agar proses pembuangan bisa berjalan optimal diperlukan sebuah knalpot freeflow. Untuk itu saya menyarankan menggunakan knalpot freeflow merk R9 yang bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 800 ribu. Knalpot ini berbahan full stainless steel dengan silencer yang berwarna pelangi. Pemasanganya sangat mudah karena tidak perlu mengubah apapun.

ECU aRacer
Sepeda motor dengan sistem injeksi, suplay bahan bakar sepenuhnya diatur oleh ECU. Oleh karena itu jika anda mempunyai budget lebih bisa mengganti ECU standar dengan ECU Aftermarket. Anda bisa mencoba ECU aRacer Mini yang dibanderol Rp 2,6 juta. Pemasanganya tinggal cabut ECU asli dan langsung colokan ke ECU yang baru. Keunggulan dari ECU ini ada map adjusternya sehingga bisa distel sesuai keinginan, ada 8 map yang bisa anda stel.

Koil Protec 
Pembakaran yang sempurna juga tidak bisa dilepaskan dari sistem pengapian. Agar sistem pengapian lebih optimal bisa dilakukan dengan mengganti koil berlabel Protec. Piranti yang satu ini sudah mengusung sistem TCI, sehingga bisa diaplikasikan pada motor-motor berteknologi injeksi. Harganya berkisar Rp 190 ribuan. Pemasanganya tinggal menggantikan koil standarnya yang berada di bodi kanan dekat dengan rangka.

Nah Upgrade Honda Vario 110 Fi dengan cara mengganti 3 komponen diatas sudah didapatkan kenaikan tenaga dan torsi. Kalau tidak percaya anda bisa mengetesnya menggunakan Dynometer. Tenaga maksimal Honda Vario 110 Fi adalah 7,457 dk pada 7.600 rpm kemudian naik menjadi 8,035 dk pada 7.100 rpm. Sedangkan torsinya meningkat dari 7,638 Nm pada 6.000 rpm menjadi 8,976 Nm pada 6.400 rpm. Memang untuk mengganti 3 komponen diatas tidak dibutuhkan biaya yang sedikit, namun bagi anda yang berdompet tebal tentu bukan menjadi masalah demi mengupgrade Honda Vario 110 Fi.

Minggu, 04 Mei 2014

Tips Merawat Pelek Mobil Agar Tetap Kinclong

Merawat pelek mobil sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Hanya bagi sebagian pemilik mobil males untuk melakukanya atau memang tidak mempunyai waktu luang untuk sekedar membersihkan pelek mobil. Anda tak perlu mengeluarkan kocek terlalu besar dengan membawanya ke bengkel karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Pelek yang terlihat kusam atau tidak kinclong disebabkan oleh kotoran yang menempel pada pelek tersebut. Noda kotor ini biasanya berasal dari sisi dalam pelek. Karena roda berputar dan terkena oleh air biasanya pada permukaan pelek jadi kotor. Untuk membersihkanya supaya optimal tidak cukup hanya dengan menggunakan air dan sabun biasa.
Tips Merawat Pelek Mobil Agar Tetap Kinclong
Merawat Pelek Mobil Agar Tetap Kinclong

Untuk merawat pelek mobil anda supaya terlihat lebih kinclong bisa menggunakan sabun khusus untuk pelek. Ada beberapa produk pembersih pelek salah satunya adalah Pro Clean. Untuk cara menggunakanya cukup mudah, berikut langkah-langkah dalam merawat pelek mobil.
Tips Merawat Pelek Mobil Agar Tetap Kinclong
sabun khusus Pelek Mobil

Cara Membersihkan Pelek Mobil

  1. Tuangkan produk pembersih pelek ini pada sebuah wadah.
  2. Campurlah dengan sabun colek sebanyak satu sendok makan.
  3. Jika sudah tercampur secara merata oleskanlah larutan ini pada pelek menggunakan bantuan kain halus. Bisa juga dengan menggunakan kuas.
  4. Setelah semua bagian pelek terolesi dengan larutan yang telah dibuat tadi diamkan sejenak dan usaplah dengan kain bersih.
  5. Terakhir siramlah dengan menggunakan air bersih maka pelek akan terlihat kinclong. Waktu menyiram dengan air ini anda tidak perlu menggosoknya lagi.

Dengan melakukan perawatan pada pelek ini secara rutin maka pelek pada mobil anda terlihat lebih kinclong setiap saat.

Jumat, 02 Mei 2014

Cara Merawat Radiator Mobil

Cara Merawat Radiator-Bagi pemilik kendaraan khususnya mobil tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini. Radiator komponen sistem pendingin yang berbentuk kotak dan bersirip-sirip ini berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin mesin dengan melepas panas keudara menggunakan bantuan kipas. Sirip-sirip yang ada pada radiator berfungsi untuk memperluas permukaan sehingga akan mempercepat proses pelepasan panas ke udara. Seiiring berjalanya waktu dan intensitas pemakaian yang tinggi maka perlu dilakukanya perawatan agar kerja dari radiator tetap optimal.
Cara Merawat Radiator Mobil
Merawat Radiator Mobil

Sayangnya Cara Merawat Radiator sering kali hanya dilakukan pengecekan kebocoran dan volume cairan pendingin. Padahal karena lamanya pemakaian didalam sistem pendinginan bisa saja timbul karat atau kotoran yang mengendap. Jika hal ini terjadi maka sedikit banyak akan berpengaruh pada proses pendinginan itu sendiri. Proses pendinginan yang tidak optimal akan berimbas pada kerja mesin, salah satunya mesin bisa overheating. Dampak terburuk dari gejala overheating ini kepala silinder bisa mengalami kebengkokan, akibatnya kompresi bocor dan tenaga drop. Jika sudah terjadi demikian maka anda hanya memiliki dua pilihan yakni mengganti dengan kepala silinder baru atau membawanya ke tukang bubut. Untuk itu dari pada mengalami hal yang demikian, tadi maka lebih baik mencegahnya bukan. Perawatan pada radiator idealnya setiap 20 ribu kilometer dilakukan pembilasan atau flushing.
Perawatan radiator dengan melakukan pembilasan bertujuan untuk menghilangkan karat atau kerak yang ada didalam sistem pendinginan. Andapun bisa melakukanya dirumah karena prosesnya cukup mudah. Sebelum melakukan pembilasan radiator persiapkan terlebih dahulu alat dan bahanya yakni obeng dan radiator flusher. Untuk langkah melakukan pembilasan radiator adalah sebagai berikut:
Cara Merawat Radiator Mobil
Radiator flush
  1. Hidupkan mesin antara 2-3 menit agar kotoran yang mengerak bisa sedikit terangkat. Bila mesin menyala terlalu lama maka suhu air dan tekanan didalam sistem akan meningkat, sehingga cukup membahayakan.
  2. Bukalah tutup radiator. Untuk menjaga keselamatan kerja maka gunakanlah handuk basah untuk melepas tutup radiator tersebut.
  3. Bukalah sumbat yang ada di bagian bawah radiator dengan bantuan obeng untuk menguras cairan pendingin.
  4. Setelah cairan pendingin terkuras semua tutup kembali sumbat dan tuangkan radiator flusher.
  5. Pasang tutup radiator dan nyalakan mesin antara 2-3 menit.
  6. Lakukan proses 2-5 namun kali dengan menggunakan air, tujuanya adalah untuk membilas radiator flusher beserta kotoran yang ada.
  7. Yang terakhir kuras air didalam sistem dan tuangkan water coolant yang baru.

Cara merawat radiator dengan melakukan flushing atau pembilasan diatas diharapkan kotoran baik yang ada di radiator maupun di komponen lainya bisa hilang sehingga akan memperlancar proses pendinginan.