Sabtu, 29 November 2014

Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor

Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor - Setelah harga BBM bersubsidi naik pada bulan November ini, banyak para pengguana sepeda motor yang beralih untuk menggunakan Pertamax. Meski lebih mahal, namun karena selisihnya hanya sedikit sudah bisa mendapatkan bahan bakar yang memiliki kualitas lebih bagus. Harga pertamax saat ini adalah Rp 10.800,- sedangkan premium Rp 8500,-. Itu artinya selisih keduanya hanya Rp 2.300,- saja. Apalagi pada bulan November nanti harga Pertamax turun dibawah Rp 10. 000,-. Hal ini akan berdampak semakin banyak para pengguna motor yang menggunakan Pertamax. Lantas bagaimana efek pertamax jika digunakan untuk sepeda motor?
Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor


Kelebihan Pertamax Di Banding Premium
Pertamax adalah bahan bakar andalan dari Pertamina yang pertama kali diluncurkan tahun 1999 lalu untuk menggantikan Premix 98. Dengan harga yang dibanderol lebih tinggi dibanding premium, tentu saja Pertamax memiliki beberapa kelebihan. Sebelum anda beralih untuk menggunakan Pertamax mungkin sebaiknya ketahui dulu beberapa kelebihan pertamax berikut ini:
  1. Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang didalamnya mengandung zat aditif generasi 5 yang bersifat detergensy. Jadi andai kata didalam bahan bakar terdapat kotoran maka akan dibersihkan dengan zat aditif tersebut. Dengan demikian beberapa komponen seperti injektor dan ruang bakar akan lebih terjaga kebersihanya. Zat ini tidak ada pada bahan bakar bersubsidi atau premium.
  2. Perbedaan pertamax dan premium salah satunya adalah pada nilai oktan. Pertamax memiliki RON (researc oktan number) 92 sedangkan Premium hanya 88. Nilai oktan sendiri merupakan nilai yang menunjukan ketahan bahan bakar terhadap tekanan kompresi. Semakin tinggi nilai oktan maka juga semakin tahan terhadap tekanan kompresi. Dengan demikian sepeda motor yang memiliki kompresi tinggi sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar pertamax. Jika dipaksakan untuk menggunakan premium maka ada kemungkinan menyebabkan knocking atau ngelitik. Knocking ini sagat berpotensi untuk merusak komponen mesin.
  3. Pada motor dengan kompresi tinggi, maka dengan menggunakan bahan bakar pertamax bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna yang berujung pada emisi yang rendah. Dengan demikian Pertamax juga bisa dikatakan lebih ramah lingkungan.
Apa Akibat Mengoplos Pertamax dan premium ?
Mungkin diantara anda pernah mengoplos pertamax dan premium. Jika tujuan anda untuk meningkatkan nilai oktan hal tersebut sah-sah saja dilakukan dan tidak merusak mesin. Mencampur antara pertamax dan premium akan berdampak secara linear terhadap nilai oktan. Misalnya jika anda mengoplos dengan perbandingan 1:1 maka nilai oktan yang didapatkan adalah 90 yakni dari pertamax 92 dan premium 88. Akan tetapi pertamax mengandung zat pembersih sementara premium tidak. Dengan demikian zat aditif pada pertamax tidak berfungsi secara optimal, lantara komposisinya telah berubah.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Pertamax dibanding premium diatas, apakah anda tertarik untuk beralih menggunakanya? Secara garis besar efek memakai pertamax pada sepeda motor berdampak bagus terutama yang memiliki kompresi tinggi. Pembakaran didalam silinder lebih sempurna dan beberapa komponen mesin lebih terjaga kebersihanya. Jika anda berniat untuk mengoplos pertamax dan premiun sah-sah saja dilakukan, hanya saja zat aditif pada pertamax tidak lagi berfungsi optimal.

Selasa, 25 November 2014

Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor Dengan Mudah

Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor - Mungkin kalian pernah mengalami rem depan tidak begitu pakem, padahal kampas rem masih tebal. Hal tersebut disebabakan oleh kondisi minyak rem entah itu memang volumenya sudah berkurang atau tercampur dengan udara. Minyak rem dalam sistem rem cakram berfungsi sebagai media untuk menyalurkan tenaga dari tuas rem ke kaliper rem untuk mendorong kampas rem. Apabila volumenya kurang tentu saja dampaknya kinerja rem tidak optimal. Akan tetapi terkadang meski volume minyak masih banyak tetap saja rem tidak pakem. Nah masalah seperti itu biasanya disebabkan oleh adanya udara palsu yang berada di dalam sistem.

Sifat udara yang kompresibel membuat gaya dari tuas rem tidak diteruskan secara optimal sehingga kampas rem tidak mencengkram secara baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut caranya adalah dengan melakukan bleeding atau mengeluarkan udara dari sistem rem. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  1. Siapkan selang transparan dan pasang pada baut nepel di kaliper.
  2. Tekan tuas rem secara berulang-ulang dan tahan
  3. Kendorkan baut nepel maka minyak rem bersama udara akan keluar.
  4. Kencangkan kembali baut nepel.
  5. Lakukan langkah diatas sampai udara habis.
Cara diatas dilakukan ketika rem anda tidak pakem akan tetapi kampas rem masih tebal. Kembali ke topik yakni mengganti minyak rem pada sepeda motor. Sebenarnya minyak rem bisa bertahan dalam waktu yang lama, sehingga anda tidak perlu melakukan penggantian dalam waktu yang cepat layaknya oli. Penggantian minyak rem sebaiknya dilakukan setiap 20.000 Km. Hanya saja anda perlu mengecek volumenya. Volume minyak rem yang baik adalah berada diantara garis lower dan upper pada master rem. Jika ternyata volume minyak rem dibawah garis lower sebaiknya di isi dengan cara sebagai berikut.

Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor
  1. Buka kedua buah baut pada master rem.
  2. Pasang selang pada baut nepel lalu kendorkan
  3. Biarkan minyak rem mengalir lalu kencangkan kembali bautnya
  4. Tuangkan minyak rem baru pada master rem.
  5. Lakukan proses bleeding seperti yang saya jelaskan diatas.
  6. Pastikan volume minyak rem berada dantara garis lower dan upper
  7. Pasang kembali tutup master dan pasang kedua buah bautnya.

Demikianlah tadi cara mengganti minyak rem sepeda motor. Yang harus diperhatikan, berhati-hatilah saat menuangkan minyak rem jangan sampai mengenai cat motor. Karena jika sampai mengenai cat maka akan merusak cat.

Kamis, 13 November 2014

Waspadai Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis Berikut Ini

Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis - Mungkin diantara pembaca sekalian pernah merasakan kampas rem cakram cepat habis seperti yang dialami oleh Herminanto warga Bantul Yogyakarta ini. " Baru bulan kemarin ganti kampas rem, tapi sekarang sudah habis" keluhnya. Herminanto yang sehari-hari bekerja sebagai buruh pabrik mengeluhkan saat rem motornya yang tidak lagi pakem. Setelah ia periksa ternyata kampas remnya tinggal tipis, padahal baru bulan kemarin ia ganti kampas rem. Setelah saya periksa ternyata penyebabnya adalah piringan atau cakram remnya oleng.
Waspadai Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis Berikut Ini

Penyebab kampas rem cakram cepat habis seperti ini memang kerap dijumpai pada beberapa motor. Salah satu indikasinya adalah saat dipakai untuk ngerem akan terasa "ndut-ndutan". Penyebab utama cakram oleng adalah benturan. Solusinya ya harus ganti cakram yang oleng dengan yang baru. Lantas bagaimana bisa cakram oleng bisa menyebabkan kampas rem cepat habis? Jelas saja cakram oleng bisa menyebabkan kampas rem cepat habis, karena pada saat rem belum difungsikan kampas rem sudah bergesekan dengan bagian cakram yang oleng. Karena hal tersebut terjadi secara terus menerus saat roda berputar, akibatnya kampas rem akan cepat menipis bahkan bisa saja cakram yang ikut aus. 

Indikasi atau tanda cakram oleng ini adalah pada saat mengerem atau menekan tuas rem akan terasa ndut-ndutan. Tuas rem seperti bergerak maju mundur secara kontinyu. Jika tidak begitu terasa, pastikan dengan melihat gerakan cakram dari depan. Putar roda dan lihatlah gerakan cakram dari depan, jika cakram oleng maka akan jelas terlihat. Penyebab lain cakram yang oleng ini adalah sang pemilik motor sering lupa membuka gembok yang biasa dipasang dicakram untuk pengaman. Jika hanya satu atau dua kali mungkin tidak begitu berpengaruh. Akan tetapi jika hal tersebut sering dilakukan pasti akan memicu cakram atau piringan yang oleng. Selain itu umur cakram juga bisa menjadi penyebab cakram oleng yang menyebabkan kampas rem cepat habis. Jika cakram sudah termakan usia biasanya permukaanya akan aus dan menjadi tipis. Karena panas akibat gaya gesek dengan kampas rem, cakram yang tipis lama kelamaan akan melengkung. 

Jadi penyebab utama kampas rem cepat habis adalah kondisi piringan atau cakram. Lakukanlah pengecekan pada cakram terhadap keolengan. Jika cakram atau piringan masih bagus, faktor lain yang menyebabkan kampas rem cepat habis adalah kualitas kampas rem itu sendiri. Jadi sebaiknya belilah kampas rem yang memiliki kualitas bagus meski harganya sedikit lebih mahal.

Rabu, 05 November 2014

Ragam Dan Harga Sock Upside Down Untuk Vixion, CB 150R dan Motor Sport Lainya

Sock Upside Down merupakan salah satu komponen yang biasa diaplikasikan pada motor-motor modifikasi. Selain body sektor kaki-kaki merupakan sektor yang tak luput dari modifikasi. Agar tampilanya lebih macho, biasanya para modifikator mengganti sock depan bawaan pabrik dengan sock upside down pada motor mereka. Untuk motor sport seperti berkapasitas 150 sampai 250 cc seperti vixion atau CB 150R saat ini banyak pilihan produk aftermarket yang bisa anda pilih. Dulu modifikasi di sektor kaki biar terlihat lebih kekar dilakukan dengan transplantasi, maksutnya mengaplikasikan sock bekas moge. Namun selain harganya yang mahal juga nyarinya susah. Di zaman serba instan ini, untuk mengubah tampilan motor sport anda kini semakin mudah. Anda tinggal datang ke toko aksesori, pilih model sock tipe upside down tersebut dan langsung plug and play.
sock upside down cb 150R
sock upside down cb 150R

Pilihan Sock Upside Down untuk vixion atau motor lainya sangat beragam. Anda tinggal menyesuaikan dengan model, warna dan tentunya budget yang dimiliki. Untuk dimensi atau ukuranya sama dengan sock asli/ Contohnya untuk motor dengan kapasitas mesin dibawah 250 cc ada beberapa merk seperti Zox, Nui Racing, Two Brother, MGV sampai produk-produk tanpa merk yang diimpor dari negara tetangga, Thailand. Menariknya lagi kini terdapat banyak varian warna seperti silver, hitam hingga sentuhan warna gold. Produk-produk sock upside down tersebut umumnya diperuntukan motor-motor seperti Vixion, Tiger, Honda CB 150R, Yamaha Byson dan motor lainya. 

Harga Sock Upside Down ini bervariasi dan lebih terjangkau dibanding dengan sock limbah moge. Harga Sock Upside Down untuk Vixion dan Byson misalnya dibanderol Rp 2,3 juta hingga Rp 2,5 juta. Sock tersebut sudah dilengkapi dengan adjuster dan memiliki panjang seperti sock original. Sementara untuk Honda Tiger rata-rata dibanderol antara Rp 2,2 juta sampai Rp 3 juta. Sedangkan untuk trail seperti Kawasaki KLX harganya juga bervariasi antara Rp 1,7 juta sampai Rp 3 juta.

Kelebihan suspensi sock upside down yang memiliki ciri khas "terbalik" ini selain tampilanya yang lebih sangtar juga pemasanganya yang tidak ribet. Asalkan produk yang anda beli memang diperuntukan pada motor anda pemasanganya tinggal plug and play. Akan tetapi jika anda memaksakan model lain atau milik motor lain tentunya harus melakukan beberapa penyesuaian.