Rabu, 21 Januari 2015

Pilihan Dan Harga Knalpot Aftermarket Kawasaki Ninja 150 RR Dan Ninja RR

Harga Knalpot Aftermarket Kawasaki Ninja 150 RR - Teknologi mesi 2 tak saat ini sudah mulai ditinggalkan. Kita bisa lihat hampir semua pabrikan otomotif mengeluarkan motor dengan mesin 4 tak. Hal ini lantaran mesin 2 tak memiliki emisi gas buang yang tinggi terutama gas hydro carbon. Namun demikian masih ada beberapa motor 2 tak yang masih di pasarkan di Indonesia salah satunya adalah Kawasaki Ninja 150R dan Ninja RR. Masih banyak pecinta otomotif yang tergila-gila oleh akselerasinya. Tak heran beberapa toko aksesoris motor masih menyediakan part aftermarketnya salah satunya adalah knalpot. Yaps, dengan menggunakan knalpot yang tepat, maka performa yang dihasilkan akan naik meski tidak siginifikan. Nah berikut ini beberapa knalpot ninja 150 RR aftermarket yang bisa anda pilih.

Pilihan Dan Harga Knalpot Aftermarket Kawasaki Ninja 150 RR Dan Ninja RR


1. JFK

Merek knalpot ini memang tergolong baru. Bahan yang digunakan adalah pelat galvanis dengan cat clear. Sedangkan untuk silincernya menggunakan bahan alumunium. Harga knalpot nija 150 RR/RR merek JFK ini adalah Rp 1,6 juta.

2. ARM Valencia

Bentuk silincer dari knalpot produk lokal ini cukup unik dengan moncong dari bahan karbon dipadukan dengan tabung alumunium. Pada bagian perut knalpot, menggunakan stainless yang di las model cacing. Harga knalpot ARM Valencia ini adalah Rp 1,1 juta.

3. CLD

Bagi anda yang suka part racing, mungkin sudah tidak asing lagi dengan label yang satu ini. Selain memproduksi racing part, CLD juga memproduksi knalpot berbahan stainless. Untuk harganya ada 2 tipe yakni C1 dengan harga Rp 1,4 juta dan competition dengan harga Rp 1,6 juta.

4. AHM

Produk buatan Malaysia ini cukup banyak penggunanya di Indonesia. Yaps, AHM kerap kali digunakan di ajang balap semacam drag bike. Knalpot berbahan galvanis ini juga bisa diaplikasikan pada Kawasaki Ninja 150 R. harga yang dibanderol sedikit lebih mahal dibanding tiga knalpot sebelumnya yakni Rp 1,7 juta.

5.AHRS

Knalpot merek AHRS ini menggunakan bahan stainless dengan silincer alumunium. Untuk harganya sangat terjangkau. Untuk AHRS tipe Clear dibanderol Rp 430 ribu sedangkan AHRS tipe Rainbow adalah Rp 600 ribu.

6. R9

Jenis knalpot yang satu ini cukup beragam, Salah satunya adalah tipe rainbow yang dibanderol Rp 1,6 juta. Knalpot ini menggunakan bahan stainless, jadi suara yang dihasilkan juga lebih garing.

7. DBS

Knalpot aftermarket ini hanya untuk Ninja 150R di ajang balap drag. Bukanya tanpa alasan, ini dikarenakan perutnya yang terbuat dari stainless tersebut cukup besar. Harganya pun juga besar yakni Rp 3,1 juta.

Itulah tadi beberapa Pilihan Dan Harga Knalpot Aftermarket Kawasaki Ninja 150 RR Dan Ninja RR. Gimana anda tertarik untuk membeli salah satunya?

Rabu, 14 Januari 2015

Penyebab Motor Injeksi Berasap Putih Atau Hitam Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Injeksi Berasap Putih - Saat ini hampir semua motor terbaru sudah menggunakan sistem injeksi. Motor dengan teknologi yang ramah lingkungan ini juga tak lepas dari beberapa masalah. Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah knalpot mengeluarkan asap putih atau bahkan hitam. Jika anda mengalami hal demikian, jangan panik sebaiknya kita cari tahu dulu penyebabnya. Karena beberapa kasus hanya masalah ringan tidak ditimbulkan dari kerusakan pada komponen.
Penyebab Motor Injeksi Berasap Putih Atau Hitam Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Motor Injeksi Berasap Putih 

Penyebab motor berasap hitam pekat dikarenakan pembakaranya yang tidak sempurna. Warna hitam tersebut ditimbulkan karena bahan bakar terlalu banyak. Indikasi lainya adalah asap tersebut memiliki bau menyengat dan jika kelamaan bisa menimbulkan pusing. Ini dikarenakan karena gas hidro carbon yang terlalu banyak. Gas tersebut merupakan gas beracun yang timbul karena banyak bahan bakar yang tidak ikut terbakar. Solusinya yakni dengan melakukan setting ulang CO. Ini bertujuan untuk mengatur atau menyetel campuran antara bahan bakar dan udara. Seperti halnya pada karburator yang bisa dilakukan dengan memutar baut air ratio. Caranya menggunakan alat khusus, jadi sebaiknya bawalah motor anda ke bengkel resmi.

Lain halnya jika motor ngebul atau berasap putih. Hal ini dikarenakan oli pelumas yang ikut terbakar. Jika ini terjadi ada 4 penyebab utamanya yakni ring pisto aus, klep bocor, sil klep keras dan piston baret. Sebenarnya baik motor injeksi maupun yang masih menggunakan karburator, 4 hal tersebut bisa terjadi dan cara mengatasinya pun sama. Berikut ulasan lengkapnya

Penyebab Motor Berasap Putih

1. Ring Piston Aus
Ring piston berfungsi untuk menjaga kerapatan antara piston dan dinding silinder. Karena gesekan yang terjadi secara terus menerus maka lama kelamaan ring pinston menjadi aus. Alhasil oli pelumas yang ada di kalter akan merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Inilah yang membuat asap yang keluar dari knalpot berwarna putih. Cara mengatasinya tentu harus mengganti ring piston dengan yang baru.
2. Piston baret
Saat anda mengganti oli pastikan oli tersebut terhindar dari kotoran dan benar-benar bersih. Jika tidak bisa saja kotoran yang ikut oli membuat piston baret. Jika hal ini terjadi oli dari bak akan merembes lewat baret tersebut dan bercampur dengan bahan bakar di ruang bakar. Jika piston baret solusinya ganti piston dengan baru. Akan tetapi jika dinding ikut baret, maka harus dilakukan boring atau corter dan mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar.
3. Sil Klep Keras
Lama kelamaan sil klep bisa berubah menjadi keras. Jika hal ini terjadi oli pelumas di kepala silinder akan turun ke ruang bakar dan ikut terbakar. Solusinya tentu harus ganti sil klep baru.
4. Klep Bocor
Penyebab klep bocor ini biasanya karena kerak yang sudah menumpuk di bibir klep. atau bisa juga karena klep sudah tidak rata. Solusinya bisa dilakukan dengan melakukan sekor ulang pada klep tersebut. Agar tidak terlalu banyak mengikis, anda bisa menggunakan autosol. Namun jika anda mengganti klep baru bisa menggunakan amrile agar lebih cepat.

Nah itulah tadi beberapa penyebab motor injeksi berasap putih dan hitam. Bagaimana dengan motor anda apakah mengeluarkan asap putih atau hitam? Jika asapnya berwarna hitam mungkin tidak menimbulkan efek yang berbahaya karena hanya campuran bahan bakar dan udara saja yang bermasalah. Namun jika motor anda mengeluarkan asap putih, sebaiknya segeralah bawa ke bengkel karena dipastikan ada komponen yang bermasalah. Jika terus dibiarkan bisa menimbulkan kerusakan lainya.

Rabu, 07 Januari 2015

Penyebab Mobil Susah Hidup Atau Tidak Bisa Distarter Di Pagi Hari

Penyebab Mobil Susah Hidup - Terkadang kita dibuat kesal di pagi hari ketika mobil tidak bisa di starter. Ditambah lagi ketika kita tergesa-gesa akan pergi ke kantor. Masalah ini memang kerap terjadi pada sebagian besar pemilik mobil. Biasanya mobil-mobil yang jarang di servis mengalami hal demikian. Alih-alih ingin berangkat pagi, kita justru terlambat dikarenakan mobil yang kita gunakan untuk alat transportasi susah dihidupkan. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya? perhatikan beberapa hal berikut ini:

Penyebab Mobil Susah Hidup Atau Sulit Di Starter

Umumnya masalah ini terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Namun demikian tak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebabnya.
  1. Tegangan Baterai/ Aki Kurang
    Jika ketika di start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan besar kemungkinan disebabkan oleh tegangan baterai. Untuk mengetahui secara pastinya anda bisa mengukurnya menggunakan volt meter atau multi meter. Biasanya aki atau baterai yang sudah lemah akan mengalami hal demikian. Jika memang benar masalahnya pada baterai, anda masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorongnya.
  2. Busi Bermasalah
    Apabila busi bermasalah seperti kotor atau celahnya terlalu besar atau terlalu rapat bisa juga menybabkan mesin mobil sulit di starter. Cara mengeceknya tentu anda harus melepas busi dan perhatikan apakah busi tersebut kotor. Untuk mengukur celah busi ini bisa menggunakan feller gauge.
  3. Karburator Banjir
    Bagi anda yang memiliki mobil dengan karburator biasanya mesin yang susah hidup juga disebabkan oleh karbuarator yang banjir. Untuk cara mengatasinya anda harus membongkar karburator dan menyetel pelampungnya. Jika kesulitan anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.
  4. WTS bermasalah
    Ini terjadi pada mobil dengan sistem injeksi. WTS merupakan sebuah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Jika ini bermasalah maka akan mempengarui sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil susah hidup.
  5. Pompa Bensin Lemah
    Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki menuju karburator. Jika pompa ini sudah lemah akibatnya aliran bensin tidak lancar sehingga menyebabkan mesin mobil sulit distarter. Jika pompa bensin sudah lemah atau bahkan mati, maka solusinya anda harus menggantinya. Namun ada sebuah trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak pada posisi "on" namun pompa bensin tidak berbunyi berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya pompa bensin akan hidup kembali.
 Itulah tadi beberapa penyebab mobil susah hidup atau tidak bisa di starter. Masalah yang kerap terjadi adalah busi, karburator serta baterai. Maka periksa dulu ketiga komponen tersebut. Air ratio atau setelan udara dan bahan bakar pada karburator juga berpengaruh. 

Kamis, 01 Januari 2015

Cara Mudah Bersihkan Interior Mobil Usai Liburan

Cara Mudah Bersihkan Interior Mobil Usai Liburan - Moment-moment tahun baru seperti saat ini biasanya digunakan untuk liburan, apalagi saat ini sedang liburan sekolah. Berwisata bersama keluarga ke tempat-tempat tertentu menjadi moment yang manis. Biasanya saat sedang berada didalam mobil, menikmati bekal makanan menjadi hal yang dilakukan agar tidak boring. Tak jarang, serpihan makanan dan tumpahan minuman berserakan di kabin mobil. Al hasil interior mobilpun menjadi kotor.
cara membersihkan interior mobil
ilustrasi cara membersihkan interior mobil
Jika interior mobil tidak segera dibersihkan, bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Bisa dibayangkan jika didalam mobil terdapat bau tidak sedap, tentu kita tidak bisa merasa nyaman didalamnya. Padahal sekarang ini mobil seolah sudah menjadi rumah kedua bagi kita. Bahkan bau tersebut menembus sistem AC, apabila itu terjadi maka anda harus membawa mobil ke bengkel untuk servis AC. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut terjadi, maka segeralah membersihkan interior mobil anda. Caranya sebenarnya mudah, andapun bisa melakukanya sendiri.

Cara Membersihkan Interior Mobil Dari Kotoran

  1. Gunakan Vacum Cleaner
    Kabin yang berbahan beludru biasanya akan menjadi sarang kotoran dari serpihan makanan. Cara yang paling ampuh untuk membersihkanya adalah dengan menggunakan vacum cleaner karena kotoran bisa langsung tersedot. 
  2. Gunakan lap Kanebo
    Selain serpihan makanan, terkadang bekal minuman juga ikut tumpah. Untuk membersihkanya anda bisa menggunakan bahan yang menyerap air. Lap kanebo bisa anda gunakan untuk membersihkan tumpahan pada bagian yang tidak menyerap air seperti di trimboard, dan dashboard. Sementara itu jika air tumpah di bagian yang berbahan beludru bisa menggunakan kertas tisu.
Itulah cara mudah membersihkan interior mobil dari kotoran. Setelah hal diatas dilakukan anda bisa menggunakan penyerap bau yang berbahan carbon. Penyerap ini biasa dijual di toko-toko. Yang perlu diperhatikan jangan menggunakan pewangi yang berbentuk cairan karena memang sifatnya tidak menyerap bau. Akibatnya aroma wangi yang ditimbulkan justru bercampur dengan bau yang ada. Alhasil aroma yang ditimbulkan campur aduk dan tidak sedap.